TREN
8 Juli 2019

Selain Sate Padang dan Rendang, Ini 5 Kuliner Khas Sumatra Barat Lainnya

Mulai dari makanan pedas hingga manis semuanya ada
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Indonesia selain kaya akan wisata alamnya yang indah, juga memiliki beraneka ragam kuliner lezat untuk memanjakan lidah, salah satunya adalah Sumatra Barat. Selain terkenal dengan Jam Gadangnya, Sumatra Barat juga memiliki kuliner-kuliner khas yang harus dicicipi lho.

Jika Moms dan keluarga yang berniat untuk berlibur di Sumatra Barat, selain sate padang, ada lagi beberapa makanan yang wajib untuk dicobai. Apa saja kuliner khas Sumatra Barat tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Sejarah Unik Rendang Asli Minang

1. Gulai Gajeboh

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: archipelagos.id

Kuliner khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan pertama adalah gulai gajeboh. Padang tidak hanya terkenal dengan hidangan rendangnya saja. Ada juga olahan lain yang wajib dicicipi yaitu gulai gajeboh atau dikenal dengan sandung lamur.

Hidangan ini terbuat dari daging sapi bagian punuk yang biasanya memiliki banyak gajih (lemak). Sesuai namanya, olahan makanan ini dilengkapi dengan kuah gulai pada umumnya. Campuran rasa asam pareh dan santan berpadu menjadi satu.

Selain rasa gurih dari lemak pada daging, ada sedikit rasa pedas yang dihasilkan dari kuah ini, sehingga terasa lebih nikmat. Namun masakan ini tidak disarankan bagi Moms yang menderita kolesterol tinggi ya.

2. Rendang Paru

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: citarasaindonesia.co.id

Kuliner khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah rendang paru. Nampaknya Sumatra Barat terkenal dengan makanan rendang-rendangan ya.

Setelah rendang daging sapi, kini ada rendang paru. Olahan daging ini terbuat dari paru-paru sapi yang lebih lunak dan basah dibandingkan dengan daging sapi.

Berbeda dengan rendang sapi, makanan khas Sumatra Barat satu ini menggunakan bumbu seperti bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan dedaunan.

Untuk memasak rendang paru, diperlukan takaran santan yang lebih banyak dibandingkan denga daging rendang normal. Penasaran ingin coba Moms?

Baca Juga: Resep: Ayam Bakar Padang

3. Kacimuih

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: makananoleholeh.com

Kuliner khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah kacimuih. Namanya memang asing di telinga. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan manis yang cocok dijadikan sebagai camilan sore saat berkumpul bersama keluarga.

Kacimuih terbuat dari singkong yang diparut dan dicampurkan dengan kelapa muda parut serta diberi gula merah sehingga memberikan rasa yang manis. Jadi Sumatra Barat tidak hanya bisa mencoba makanan yang pedas saja, yang manis juga bisa kok.

4. Lompong Sagu

makanan khas sumbar

Foto: raunsumatra.com

Kuliner khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah lompong sagu. Lompong sagu terbuat dari tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan yang berasal dari Minang ini memiliki rasa dominan manis dan aroma khas pemanggangan.

Bentuknya juga unik lho, jika sudah matang, makanan ini akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan dengan taburan kelapa di atasnya.

Baca Juga: Tak Kalah dari Rendang, Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Belahan Dunia

5. Galamai

makanan khas sumatera barat, makanan khas sumbar

Foto: makananoleholeh.com

Kuliner khas Sumatra Barat yang tidak boleh terlewatkan selanjutnya adalah galamai. Makanan ini sangat populer di Sumatra Barat. Galamai mirip dengan dodol atau jenang, sehingga bahan-bahan yang digunakan pun hampir mirip, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah.

Bedanya ada pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, yang menciptakan cita rasa baru dan berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa tersebut.

Ada lagikah kuliner khas Sumatra Barat yang mungkin Moms ketahui dan ingin mencobanya?

Artikel Terkait