BAYI
18 November 2019

Kulit Bayi Sensitif? Simak 3 Tips Mencuci Pakaian Ini

Butuh perawatan ekstra agar Si Kecil tetap nyaman berpakaian
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kondisi kulit bayi memang berbeda-beda. Namun, mereka cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif daripada orang dewasa.

Moms harus ekstra hati-hati saat merawat kulit bayi sensitif. Ini juga untuk menghindari kulit kering atau bahkan iritasi pada kulit karena kulit bayi sensitif.

Moms dapat mengantisipasi kulit bayi sensitif dengan banyak hal. Misalnya dengan menjaga kulit terhidrasi dengan baik dengan menggunakan pelembab, tidak mandi terlalu lama karena akan mengganggu kelembapan kulit, dan lebih berhati-hati dengan produk yang memiliki wangi tajam.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 3 Cara Memilih Pakaian Bayi Berkualitas

Yang terakhir dan yang paling penting adalah merawat pakaian Si Kecil. Selain memilih bahan, perawatan pembersihannya pun harus mendapatkan perhatian ekstra. Kami memiliki tips mencuci pakaian bagi Moms yang memiliki kulit bayi sensitif. Baca sampai habis ya Moms.

1. Bahan Pakaian Apa yang Terbaik untuk Kulit Bayi Sensitif?

Bayi Memiliki Kulit Sensitif Gunakan 3 Tips Mencuci Pakaian Ini -1.jpg

Pict: Amazon.com

Memilih bahan yang tepat akan sangat berguna bagi Moms yang memiliki kulit bayi sensitif. Ini karena pakaian akan selalu menempel dengan kulit Si Kecil sepanjang waktu.

Pilih pakaian yang terbuat dari katun dan serat alami. Pakaian ini akan membuat kulit bernafas dan tidak akan membuatnya kepanasan dan merasa tidak nyaman. Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau pas. Ini malah membuat kulit bayi sensitif semakin teriritasi.

Baca Juga: Jangan Asal Cuci Gosok, Ketahui Cara Merawat Berbagai Bahan Pakaian Ini!

2. Bagaimana Cara Mencuci Pakaian untuk Kulit Bayi Sensitif?

Bayi Memiliki Kulit Sensitif Gunakan 3 Tips Mencuci Pakaian Ini -2.jpg

Pict: Momlovebest.com

Setelah memisahkan baju sesuai dengan warna dan ukurannya, Moms dapat mencuci pakaian seperti biasa. Yang penting adalah Moms harus tepat memilih detergent pencuci pakaian. Memilih detergent dengan bentuk cair akan lebih baik, karena mereka akan sedikit meninggalkan residu setelah proses pencucian.

Cara terbaik adalah memilih detergent yang minim pewangi, bebas pewarna, dan ramah untuk kulit. Biasanya, jenis detergent ini tidak menghasilkan banyak busa saat proses mencuci. "Saat mencoba produk detergent yang baru, cuci hanya beberapa item terlebih dahulu untuk memastikan kulit bayi sensitif tidak bereaksi," kata Katherine Eve, Spesialis Perawatan Kulit.

Jauhi aroma yang menyengat, dan pilih detergent dengan aroma yang ringan. Dan hindari menggunakan pemutih karena dapat lebih mengiritasi kulit Si Kecil. Hal serupa juga berlaku saat memilih pelembut pakaian.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Deterjen Tepat Untuk Baju Bayi?

Produk pelembut pakaian akan membuat serat kain menjadi lembut, membantu serat pakaian tetap teratur dan halus serta menjaga elastisitas alami pakaian. Ini juga membuat pakaian Si Kecil terlihat selalu baru dalam waktu yang lama. Gunakan pelembut secara rutin akan membuat kondisi pakaian tetap nyaman.

Tips lain adalah dengan memberikan bilasan ekstra pada pakaian agar lebih sedikit residu detergent dan kotoran. Jangan lupa untuk mencuci dahulu saat memiliki barang baru, seperti pakaian, sprei, serbet kain, atau slabber sebelum digunakan.Moms, jangan pakai terlalu banyak sabun. Hanya gunakan jumlah deterjen yang disarankan pada label.3

3. Bagaimana Saat Mengeringkan Pakaian untuk Kulit Bayi Sensitif?

Bayi Memiliki Kulit Sensitif Gunakan 3 Tips Mencuci Pakaian Ini -3.jpg

Pict: Trustedclothes.com

Mengeringkan pakaian akan menjadi hal yang penting saat kulit bayi sensitif. Salah mengeringkan hasilnya akan membuat pakaian keras dan tidak lembut, ini akan sangat mengganggu bagi Si Kecil.

Meski begitu, tidak ada yang salah dengan mengeringkan pakaian bayi Moms di pengering. Memilih mengeringkan secara alami atau langsung di bawah sinar matahari bukan masalah, selama Anda memiliki lingkungan rumah yang bersih.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Baju Bayi yang Aman dan Nyaman? Simak 6 Tips Ini

"Anda tentu saja dapat menggantungnya di bawah sinar matahari, tetapi pengeringan menggunakan pengering mesin cuci akan membantu menghindari pakaian menangkap alergen di udara yang dapat mengiritasi kulit sensitif,” tambah Katherine.

Jadi, cara apa yang telah Moms pakai untuk mencuci pakaian agar menghindari iriasi di kulit bayi kering? Tak ada salahnya untuk mencoba beberapa merek detergent, yang paling penting tidak ada lagi bekas iritasi saat Si Kecil menggunakannya. (FAR)

Artikel Terkait