FASHION & BEAUTY
28 Februari 2020

Kulit Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Katanya, memiliki wajah berminyak dapat memperhambat penuaan dini. Mitos atau fakta, sih?
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang kering, berminyak, dan kombinasi dari keduanya.

Bagi pemilik kulit berminyak, mungkin sering mendapatkan banyak permasalahan kulit, seperti pori-pori wajah terlihat membesar, mudah muncul komedo dan jerawat, serta wajah yang mudah kusam.

Belum lagi ketika kulit berminyak sulit ditangani, maka berbagai produk perawatan yang dipakai rasanya tidak berguna. Risikonya, kulit menjadi iritasi dan muncul bekas jerawat. Serba salah, ya!

Sebenarnya, ada manfaat dari kulit berminyak yang akan Moms dapatkan. Apakah salah satunya adalah mencegah munculnya kerutan? Ini ulasannya.

Baca Juga: Kulit Kepala Berminyak, Ini Perawatan Rambut yang Tepat

Manfaat Kulit Berminyak, Mencegah Munculnya Kerutan?

Wajah Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta-1.jpg

Foto: proactiv.com

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kulit berminyak, salah satunya adalah mencegah kerutan. Hal ini diungkapkan dalam Journal of Investigative Dermatology.

Selama bertahun-tahun, lewat penelitian di dalam jurnal, dokter memerhatikan bahwa pemilik kulit berminyak cenderung memiliki kerutan yang lebih sedikit seiring bertambahnya usia. Sayangnya, alasan pasti belum dapat ditemukan.

Lain lagi dengan penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Anatomy. Studi tersebut mengungkapkan, garis-garis halus wajah terutama di sekitar mata akan tetap dapat muncul, apa pun jenis kulit Moms.

Namun, pemilik kulit berminyak dapat memiliki lebih sedikit kerutan di area dahi.

Alasannya, mereka memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous yang dikaitkan dengan dermis yang lebih tebal, sehingga membantu mencegah garis-garis halus pada wajah.

Dua penelitian ini membuktikan, memang ada pengaruh memiliki kulit berminyak dengan awet muda. Namun, pada dasarnya kulit akan tetap menua seiring pertambahan usia.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memerhatikan perawatan kulit yang dipakai agar kulit tetap sehat dan mampu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Manfaat Kulit Berminyak Lainnya

Fakta mengungkapkan memang ada pengaruh kulit berminyak dengan pencegahan penuaan dini atau membuat awet muda.

Namun ternyata, masih banyak lagi manfaat kulit berminyak lainnya yang perlu Moms tahu, yaitu:

1. Menghidrasi Kulit dengan Baik

Wajah Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta-2.jpg

Foto: oprah.com

Beruntung jika Moms memiliki kulit berminyak. Jurnal Royal Society of Medicine mengungkapkan, sebum alami pada kulit berminyak dapat membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Hanya saja, tetap rawat kulit dengan memakai pelembap agar kesehatannya tetap terjaga.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang berminyak karena justru memicu tersumbatnya noda pada pori-pori, yang hasilkan jerawat dan komedo.

2. Terlihat Lebih Glowing

Wajah Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta-3.jpg

Foto: independent.co.uk

Setiap wanita pasti ingin kulit menjadi glowing dan sehat. Kenyataannya, pemilik kulit berminyak dapat memiliki kulit yang glowing dengan perawatan yang tepat.

Terutama ketika Moms sudah berusia lebih dari 30 tahun, pakai produk perawatan yang menunjang kelembapan kulit agar hasilnya glowing, lembut, dan sehat.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kulit Berminyak Saat Hamil dengan Aman

3. Kulit Jarang Meradang

Wajah Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta-4.jpg

Foto: nbcnews.com

Pemilik kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous alami yang membuat kulit menjadi jarang meradang. Namun, sebaiknya berhati-hati saat mencuci wajahnya.

Umumnya, pemilik kulit berminyak terlalu mencuci wajah atau menggunakan scrub terlalu keras. Hal ini dapat membuat pori-pori tersumbat dan kulit semakin berminyak.

“Gunakan pembersih wajah berbusa lembut dengan pH seimbang, serta toner yang mengandung salicylic acid, yang dapat mengangkat kotoran secara mendalam tanpa harus mengelupas kulit,” ungkap Dr. Jeannette Graf, dokter kulit dari New York.

Itulah manfaat kulit berminyak yang bisa Moms dapatkan. Kesimpulannya, cara menjaga kulit tetap sehat dan awet muda, dibutuhkan pengenalan mendalam tentang jenis kulit masing-masing. Selain itu, pilih produk perawatan yang tepat sesuai jenis kulit, ya!

Artikel Terkait