FASHION & BEAUTY
13 Juli 2020

Kulit Kepala Sensitif Bisa Bikin Rambut Rontok?

Jaga kebersihan kulit kepala agar terbebas dari rambut yang rontok
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, sensitivitas kulit kepala seseorang dapat berbeda-beda. Lantas, bagaimana sebenarnya kondisi kulit kepala sensitif?

International Journal of Trichology mengungkapkan, kulit kepala yang sensitif ditandai dengan sensasi tusukan terbakar atau kesemutan pada kulit kepala.

Bisa juga terjadi ketika kulit kepala Moms terasa sangat kering, tidak nyaman, hingga terasa nyeri.

Biasanya, ketika kulit wajah sensitif, maka hal tersebut juga bisa mengenai kulit kepala.

Meskipun sebenarnya, faktor penyebab kulit kepala sensitif itu beragam.

Penyebabnya bisa karena perubahan cuaca, produk perawatan rambut tertentu, dan faktor keturunan.

Lantas, benarnya kulit kepala sensitif bisa menjadi penyebab kerontokan rambut? Ini ulasannya.

Kulit Kepala Sensitif dan Rambut Rontok

kulit kepala sensitif-2.jpg

Foto: freepik.com

Kulit kepala yang sensitif akan terasa lebih kering dan hal ini bisa menimbulkan infeksi.

Menurut American Academy of Dermatology, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan area bersisik dan terkadang meradang pada kulit kepala.

Hal ini akan memunculkan titik-titik hitam kecil di kulit kepala yang sebenarnya adalah potongan rambut. Maka, inilah yang menyebabkan kerontokan rambut.

Masalah kulit kepala sensitif yang juga mungkin dapat terjadi adalah ketombe. Sebenarnya, ketombe memang tidak berdampak langsung pada kerontokan rambut.

Namun, ketika muncul ketombe, kulit kepala menjadi sangat gatal sehingga Moms kerap menggaruknya, maka hal ini yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Tanda Rambut Rontok Sudah Tidak Wajar

Menurut studi dari Clinical and Experimental Dermatology juga menambahkan, ketombe dapat mengganggu siklus rambut rontok yang normal dan mengakibatkan kerapuhan rambut.

Untuk itu, apabila rambut Moms berketombe sebaiknya fokus untuk menghilangkannya karena nantinya juga secara tidak langsung mengurangi kerontokan rambut.

Kerontokan Rambut yang Dianggap Wajar

kulit kepala sensitif-1.jpg

Foto: freepik.com

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengkhawatirkan terutama bagi wanita.

Rambut rontok mampu menurunkan rasa percaya diri. Faktanya, kerontokan rambut pasti pernah dialami oleh siapa saja dan hal ini dianggap wajar terjadi.

American Academy of Dermatology mengungkapkan, rambut yang rontok antara 50 sampai 100 helai rambut per hari adalah hal yang normal terjadi karena tubuh terus menumbuhkan rambut baru dan menumpahkan yang lama.

Namun, kerontokan rambut menjadi tidak wajar ketika Moms mendapati beberapa perubahan signifikan.

“Cara mengetahuinya adalah melihat seberapa banyak rambut yang rontok di sisi atau saluran pembuangan kamar mandi. Selain itu, apabila kuncir kuda terlihat lebih tipis dan bisa melihat lebih banyak kulit kepala, maka disebut kerontokan rambut yang tidak wajar,” ungkap Dr. Francesca Fusco, dokter kulit di Wexler Dermatology.

Baca Juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan: Penyebab dan Cara Mengatasi

Banyak sekali hal yang menjadi faktor penyebab rambut rontok, seperti pertambahan usia, ketidakseimbangan hormon yang terjadi saat hamil dan menyusui, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan kondisi kulit kepala.

Ketika terjadi masalah pada kulit kepala, maka hal ini dapat berdampak pada kerontokan rambut.

Cara Merawat Kulit Kepala yang Sensitif

kulit kepala sensitif-3.jpg

Foto: freepik.com

Kulit kepala sensitif dapat memiliki pengaruh dengan kerontokan rambut. Untuk itu, Moms bisa melakukan beberapa cara ini untuk merawat kulit kepala sensitif, yaitu:

  • Pilih sampo organik yang bebas pewangi dan pewarna, serta ditujukan untuk kulit kepala sensitif. Pastikan juga untuk membilas rambut dengan baik.
  • Batasi pemakaian hair styling rambut seperti alat catokan atau pengeriting rambut.
  • Jika ingin mewarnai rambut, sebaiknya lakukan tes terlebih dulu. Beberapa cat rambut memiliki bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan berbahaya pada kulit kepala sensitif.
  • Apabila cuaca sangat panas, kenakan penutup kepala. Segera keramas ketika kulit kepala sudah terasa berminyak dan kotor.

Baca Juga: 5 Penyakit ini Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala sensitif. Ketika kulit kepala sehat, maka risiko kerontokan rambut juga berkurang.

Artikel Terkait