KEHAMILAN
19 September 2020

Kulit Kering Saat Hamil, Ini 5 Cara Mengatasinya

Gunakan bahan alami untuk mengatasi kulit kering Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Kulit Moms akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Ada stretch mark yang mulai terbentuk di perut kita. Termasuk adanya kulit kering saat hamil.

Tetapi, beberapa ibu mungkin ada yang mengalami kondisi kulit yang berkilau, atau biasa disebut pregnancy glow.

“Terkadang, peningkatan produksi darah juga membuat kulit kita mulai bersinar atau yang dikenal dengan ‘pregnancy glow’,” jelas Dr. dr. Raendi Rayendra, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dalam online Launching Mama’s Choice Glowing Series, pada Senin (07/09/2020).

Tak hanya itu, sekresi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya jerawat juga. Moms mungkin juga mengalami kulit kering.

Ibu hamil biasanya mengalami kulit kering saat hamil. Perubahan hormon menyebabkan kulit kita kehilangan elastisitas dan kelembapan saat meregang dan mengencang untuk mengakomodasi perut yang tumbuh.

Hal ini dapat menyebabkan kulit terkelupas, gatal, atau gejala lain yang sering dikaitkan dengan kulit kering. Sebagian besar wanita mengalami kulit kering dan gatal di area perut.

Namun beberapa ibu hamil juga akan merasakan gatal-gatal di area yang antara lain paha, payudara, dan lengan.

Selama trimester ketiga, beberapa ibu hamil juga mungkin mengalami benjolan merah gatal di perut mereka.

Lalu, apa yang menjadi penyebab kulit kering saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita cari tahu lebih lanjut, Moms.

Baca Juga: Inilah 6 Hormon Kehamilan Utama yang Ibu Hamil Wajib Tahu

Penyebab Kulit Kering saat Hamil

kulit kering saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab utama kulit kering adalah perubahan hormonal. Perubahan hormon selama kehamilan dapat merampas minyak dan elastisitas kulit Moms, sehingga membuatnya menjadi kering.

Tetapi perubahan hormonal saja tidak bertanggung jawab atas kulit kering ya Moms. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit kering selama kehamilan.

Saat hamil, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk mengatasi kebutuhan bayi yang sedang tumbuh dan selalu ada risiko dehidrasi yang bisa memicu kulit kering.

Hormon kehamilan selama hamil dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

“Sering mencuci wajah untuk mengatasi sifat berminyak pada kulit dan jerawat dapat menyebabkan kulit menjadi kering,” tutur dr. Raendi.

Kulit kering saat hamil bisa jadi akibat stres terkait kehamilan. Perubahan pola makan selama kehamilan juga bisa mempengaruhi elastisitas kulit.

Kulit kering lebih cenderung menjadi gatal atau tergores. Menggaruk kulit dapat menyebabkan robekan atau retakan kecil pada kulit, sehingga membuatnya rentan terhadap infeksi dan jaringan parut.

Jika ibu hamil sudah memiliki riwayat eksim, dalam kasus seperti itu, kulit kering juga bisa menyebabkan timbulnya eksim. Kekeringan yang akut dan meluas pada kulit memerlukan evaluasi dan perawatan dokter.

Baca Juga: Mencegah Jerawat Saat Hamil, Lakukan 4 Cara Ini

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

mandi susu untuk kulit kering saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Untuk Moms yang sedang hamil dan tengah berurusan dengan kondisi kulit kering saat hamil, berikut beberapa tips yang bisa Moms coba.

1. Lembapkan Kulit

Beberapa produk skincare yang Moms beli bisa berfungsi ganda sebagai pelembap ekstra. Minyak zaitun dan minyak kelapa memberikan kelembapan yang intens pada kulit dan penuh dengan antioksidan.

Moms hanya perlu beberapa tetes untuk menggosok kulit agar minyak bekerja. Coba aplikasikan pada kulit lembap untuk menghindari rasa berminyak. Shea butter dan cocoa butter juga merupakan alternatif alami yang bagus untuk pelembap.

Menurut dr. Raendi, Moms juga harus bisa memilih kandungan-kandungan yang aman untuk digunakan ibu hamil, misalnya dalam produk pencuci muka.

“Bahan sabun cuci muka yang aman untuk Moms, seperti azelaic acid, hyaluronic acid, lactic acid, vitamin C, sodium cocoyl glycinate, ethyl lauroyl arginate HCI, dan niacinamide,” jelas dr. Raendi dalam Launching Mama’s Choice Glowing Series.

Baca Juga: 4 Alternatif Bahan Skincare Aman untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu?

2. Coba Gunakan Yogurt

Yogurt kaya akan asam laktat dan protein. Mereka membantu mendetoksifikasi dan melembapkan kulit kering ibu hamil.

Mereka juga membantu mengangkat sel kulit mati, mengencangkan pori-pori, dan membuat Moms terlihat lebih muda dengan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Pijat lapisan tipis yogurt tawar ke kulit kita dengan ujung jari dan biarkan selama dua atau tiga menit. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk sebagai cara mengatasi kulit kering saat hamil.

3. Coba Mandi Susu

Mandi susu adalah solusi berbahan dasar susu lain yang dapat menenangkan kulit kering saat hamil. Seperti halnya yogurt, asam laktat alami dalam susu dapat menghilangkan sel kulit mati dan melembapkan kulit.

Untuk membuat rendaman susu buatan sendiri, campurkan 2 cangkir susu bubuk utuh, 1/2 cangkir tepung maizena, dan 1/2 cangkir soda kue. Tuang seluruh campuran ke dalam air mandi. Jika Moms vegan, bisa menggunakan nasi, kedelai, atau santan.

American Pregnancy Association sangat menyarankan bahwa air mandi harus hangat daripada panas, dan wanita hamil membatasi waktu mandi mereka menjadi 10 menit atau kurang.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Yogurt untuk Wajah, Bisa Bikin Kulit Cerah!

4. Batasi Waktu untuk Mandi

Selain itu, menghabiskan terlalu banyak waktu dengan mandi air panas bisa membuat kulit kita menjadi kering. Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit Moms.

Usahakan untuk hanya mandi menggunakan air hangat, dan batasi waktu untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari risiko kulit kering saat hamil.

5. Gunakan Minyak Kelapa

Moms dapat menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi kulit kering saat hamil. Melansir Indian Journal of Dermatology, minyak kelapa memiliki sifat emolien yang membuat permukaan kulit menjadi halus.

Ini karena kandungan asam lemak jenuh pada minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit.

Moms dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh, seperti area di bawah mata dan di sekitar mulut. Minyak kelapa dapat digunakan tanpa perlu mencampurnya dengan minyak apa pun.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit kering saat hamil. Semoga membantu ya!

Artikel Terkait