KESEHATAN
19 September 2019

Kutu Rambut Hilang dengan 6 Bahan Alami Ini!

Menghilangkan kutu rambut tidak harus dengan obat-obatan kimia, tapi juga bisa dengan bahan-bahan alami
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan sekitar 6-12 juta anak-anak di Amerika Serikat terkena kutu rambut di usia 3-11 tahun.

Hal ini berarti sangat wajar apabila Si Kecil pun mendapatkan kutu rambut di usia anak-anak.

Meskipun kutu rambut menular, nyatanya kutu rambut tidak membawa penyakit apapun sehingga Moms tidak perlu khawatir adanya penyakit berbahaya menular yang dibawa kutu.

Apabila kutu rambut baru saja menular, Moms bisa menghilangkannya dengan menyisir rambut menggunakan nit comb atau sisir nit setiap pagi dan sore selama tiga minggu.

Moms juga bisa menggabungkannya dengan beberapa bahan alami agar menghindari penggunaan obat-obatan berbahan kimia.

Kebanyakan bahan-bahan alami ini bekerja dengan mencekik kutu hingga mati. Tapi tidak usah khawatir, karena Moms bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut, lho.

"Aturan praktis (menghilangkan kutu) yang baik adalah ini: Jika tidak ada serangga yang hidup merangkak terlihat tiga minggu setelah perawatan, aman untuk berasumsi bahwa Anda sudah terbebas dari kutu," kata dr. Bernard Cohen, spesialis kulit anak di Johns Hopkins Medicine.

Lalu, apa saja bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut?

1. Menyisir dengan Sisir Basah

feature beauty cara bersihin sisir

Menyisir dengan sisir basah adalah cara tradisional untuk menghilangkan kutu dari rambut.

Menurut British Medical Journal, metode ini memiliki manfaat seperti membuat kutu lebih terlihat, membedakan mereka dari ketombe, dan harganya pun terjangkau.

Caranya, semprotkan kondisioner pada helai rambut basah, lalu sisir dengan sisir bergigi halus (sisir nit).

Dalam beberapa kasus, dibutuhkan kaca pembesar untuk memeriksa setiap helai rambut dengan jelas dan menghilangkan kutu satu per satu.

Meskipun metode ini cukup efektif, tapi metode ini pun memakan banyak waktu dan butuh kesabaran ekstra.

Apabila Moms mau mencobanya pada Si Kecil, berikan waktu yang lama dan pertimbangkan beberapa hiburan yang bisa menemaninya selama Moms menyisir rambutnya.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Komedo

2. Minyak Adas Manis

bahan alami penghilang kutu rambut.jpg

Minyak adas manis bisa menutup dan mencekik kutu. Sebuah studi dari Ankara Yildirim Beyazit University, Turki tentang obat alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah satu obat alami paling efektif.

Menggunakan minyak adas manis bisa menghilangkan kutu secara permanen. Sementara biasanya obat herbal lain membutuhkan perawatan beberapa kali agar kutu bisa hilang sepenuhnya.

3. Minyak Zaitun

Obat kolesterol alami tradiional - minyak zaitun.jpg

Tentu Moms tahu kan bahwa minyak zaitun punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat minyak zaitun misalnya mencerahkan wajah, menyehatkan rambut, menurunkan kadar kolesterol, bahkan bisa menghilangkan kutu rambut secara permanen.

Serupa dengan minyak adas manis, minyak zaitun pun berpotensi membuat kutu mati lemas dan mencegahnya kembali. Minyak zaitun termasuk dalam salah satu solusi paling efektif, sesuai dengan penelitian yang sama di atas.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

4. Minyak Kelapa

obat gatal alami untuk selangkangan - minyak kelapa.jpg

Minyak kelapa adalah perawatan populer untuk kulit dan rambut kering. Penelitian pada tahun 2010 di Brazil mengeksplorasi efek dari beberapa obat kutu alami dan membandingkan hasilnya dengan obat kutu yang dijual bebas.

Dari berbagai obat yang diuji, tim peneliti menemukan bahwa minyak kelapa murni adalah satu-satunya pengobatan yang efektif.

Bayangkan Moms, dalam waktu 4 jam setelah mengaplikasikan minyak, rata-rata 80% kutu sudah mati.

5. Minyak Tea Tree

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat 6 teatree plantshospital com.jpg

Minyak tea tree atau minyak pohon teh adalah bahan alami yang populer untuk banyak kondisi kulit karena sifat antimikroba yang dimilikinya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perawatan kutu rambut dengan minyak tea tree memberikan hasil efektif untuk menghilangkan kutu rambut.

Namun, kadang-kadang minyak ini bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam atau gatal jika dipakai berlebihan.

6. Minyak Esensial

Ini 5 Fakta Tentang Essential Oils yang Harus Moms Tahu -5.jpg

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif dalam menghilangkan kutu, dibarengi dengan menyisirnya.

Sebelum menggunakan minyak esensial pada Si Kecil, coba aplikasikan dulu sedikit ke bagian belakang tangannya.

Jika tidak ada reaksi, tandanya minyak esensial aman digunakan. Hanya untuk berjaga-jaga saja, Moms, karena walau jarang, ternyata ada juga beberapa anak yang punya reaksi alergi terhadap minyak esensial.

Baca Juga: 5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Tomat

Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan efektif menghilangkan kutu rambut adalah:

  • Tea tree
  • Lavender
  • Neem
  • Cengkeh
  • Kayu putih
  • Adas manis
  • Daun kayu manis
  • Thyme merah
  • Peppermint
  • Pala

Caranya, campurkan sekitar 60 ml minyak zaitun dengan 15-20 tetes minyak esensial.

Lalu, oleskan campuran ini ke kulit kepala dengan kapas. Biarkan campuran ini di kepala semalaman atau 12 jam. Setelah itu, sisir rambut, bilas dengan keramas, dan ulangi.

Moms, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Apabila kutu rambut tidak kunjung hilang dan mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya.

(SR/ERW)

Artikel Terkait