BALITA DAN ANAK
6 September 2020

7+ Cara Membuat Anak Tidur Sendiri, Yuk Coba!

Melatih Si Kecil tidur sendiri mengajarkannya untuk lebih mandiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kapan sih mengajarkan anak tidur sendiri? Moms pasti punya pertanyaan ini dalam benak. Cari jawabannya di sini yuk!

Semakin bertambah umur Si Kecil, semakin banyak hal yang perlu diajarkan kepadanya. Selain mulai diajarkan bertanggung jawab, Si Kecil juga harus mulai diajari memiliki privasi, serta berani untuk anak tidur sendiri.

Mengajarkan Si Kecil untuk tidur sendiri memang bukanlah hal yang mudah. Wajar saja karena kebiasaan yang terbentuk dari Si Kecil lahir hingga di usianya yang balita ini, ia masih menikmati nyamannya tidur bersama orang tua.

Dikutip dari situs Firstcry Parenting disebutkan bahwa melatih anak untuk tidur sendiri di kamarnya merupakan hal baik, dengan pertimbangan bahwa anak harus belajar untuk mandiri.

Anak memang terbiasa terbangun dan meminta ditenangkan oleh orang tuanya, namun hal itu tidak dapat dilakukan terus hingga anak besar. Anak perlu dilatih untuk dapat menenangkan dirinya sendiri jika terbangun di malam hari.

Membuat balita tidur sendiri membutuhkan usaha yang cukup besar. Jika Si Kecil menolak untuk tidur sendiri dan Moms tidak melakukan sedikit pun usaha untuk membiasakan hal tersebut sejak anak kecil, maka bersiaplah untuk menghadapi sifat keras kepala anak nantinya.

Setiap anak memiliki teman untuk tidur. Hal ini bisa berupa selimut, bantal, atau mainan favorit Si Kecil untuk tidur, namun ada juga anak-anak lain yang lebih suka jika orang tua berada di dekat mereka saat tidur.

Namun hal ini bisa menjadi masalah bagi anak saat ia tumbuh dewasa. Si Kecil mungkin akan gagal tidur sendiri atau menjadi rewel saat harus tidur sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajari anak tidur sendiri sejak dini.

Baca Juga: Bayi Ngorok saat Tidur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Moms mungkin bertanya-tanya, kapan sebaiknya mengajari anak? Atau bagaimana caranya mengajarkan anak tidur sendiri? Simak penjelasannya di bawah ini yuk, Moms.

Umur yang Tepat untuk Membiasakan Anak Tidur Sendiri

mengajarkan anak tidur sendiri

Foto: Orami Photo Stock

Berapa umur yang tepat untuk mengajarkan anak tidur sendiri? Meskipun menurut pedoman tidur aman terbaru menyarankan bahwa orang tua harus berbagi kamar dengan anak mereka sampai berusia minimal 6 bulan, sebuah studi baru menemukan bahwa itu mungkin bukan hal terbaik untuk bayi dan orang tua.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), disarankan agar orang tua berbagi kamar tetapi bukan tempat tidur dengan bayi mereka setidaknya selama enam bulan pertama kehidupan dan idealnya satu tahun untuk mengurangi risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Menurut dr. Rosary, Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah, waktu yang tepat anak untuk mulai tidur sendiri ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain budaya, sosial dan ekonomi, kemandirian anak, dan tipe pengasuhan orang tua. Tidak ada jawaban yang pasti untuk usia tepat anak tidur sendiri.

“Di negara Barat pada umumnya orang tua sudah membiasakan anak tidur sendiri sejak kecil, bahkan sejak bayi. Tetapi di negara-negara Asia, seperti Indonesia, anak tidur sendiri pada usia yang lebih besar,” jelas dr. Rosary.

Menurutnya, ada yang menganjurkan anak untuk sudah mulai belajar tidur sendiri pada usia mulai 2-3 tahun.

Namun perlu dipertimbangkan juga bagaimana kesiapan psikologis anak dan kemandirian anak, misalnya anak sudah dapat menenangkan diri sendiri bila takut, anak sudah cukup mandiri, sudah tidak mengompol dan dapat ke kamar mandi sendiri.

Baca Juga: 6 Ide Cat Kamar Keren untuk Anak Laki-Laki

Cara untuk Membuat Anak Tidur Sendiri

Memang tidak mudah, namun Moms bisa melakukan beberapa cara berikut untuk membuat anak tidur sendiri.

1. Mulai Perlahan

Cara membuat anak tidur sendiri yang pertama adalah mulai perlahan. Mulailah secara perlahan dan bertahap. Misalnya anak dibiarkan tidur sendiri 1-2 kali dalam seminggu, atau orang tua hanya menemani saat awal tidur dan lalu ketika anak sudah tertidur dibiarkan dalam kamarnya sendiri, sambil melihat bagaimana respons anak.

2. Lakukan Secara Bertahap

Cara membuat anak tidur sendiri yang selanjutnya adalah lakukan secara bertahap. Bila sulit untuk memulai tidur sendiri, orang tua dapat mencoba tidur di kamar yang sama tetapi di tempat tidur yang berbeda.

Saat anak sudah dapat tidur sendiri tanpa perlu dipeluk, coba temani anak saat ia mulai tidur dengan duduk di kursi, dan secara bertahap jauhkan kursi dari tempat tidur dan lebih mendekat ke pintu.

Ketika anak sudah tidak khawatir, coba tinggalkan ia di kamarnya sendiri dalam waktu sebentar pada awalnya, namun lambat laun semakin lama. Bila responsnya baik, temani anak tidur dengan mengawasi di depan pintu kamarnya saja.

3. Jadwal Teratur

Cara membuat anak tidur sendiri yang selanjutnya adalah tetapkan jadwal teratur. Anak sebaiknya memiliki jadwal tidur baik siang dan malam yang teratur, sehingga ia memiliki ritme tidur yang teratur, dan sudah cukup mengantuk pada jam jadwal tidurnya.

Selain itu, lakukan ritual sebelum tidur (misalnya menggosok gigi, mengganti piyama, membaca buku, meredupkan lampu, atau berdoa), sehingga anak menghubungkan aktivitas tersebut dengan waktu tidur.

4. Buat Kamar Balita Senyaman dan Semenarik Mungkin

kids-rooms-neutral8.png

Foto: freshome.com

Cara membuat anak tidur sendiri yang perlu Moms lakukan adalah membuat kamar Si Kecil senyaman dan semenarik mungkin.

Moms dapat membuat nuansa teduh yang nyaman dengan warna cat yang netral, atau Moms juga dapat menambahkan beberapa hiasan atau properti menarik sesuai dengan keinginan Si Kecil.

Diskusikan dengan balita mengenai kesukaannya dan mau dibuat seperti apa kamarnya kelak. Kegiatan menghias dan menata kamar barunya ini akan membuatnya bersemangat dan menantikan tidur di kamar barunya.

Baca Juga: Bayi Hanya Tertidur Saat Digendong? Lakukan Tips Ini Agar Ia Terbiasa Tidur Sendiri

5. Temani Si Kecil hingga Terlelap

2616942376d41cf567aa59d7e8a8b20f.jpg

Foto: pinimg.com

Cara selanjutnya untuk membuat anak tidur sendiri adalah dengan menemani Si Kecil di sebelahnya hingga balita terlelap.

Buat rutinitas tidur yang menyenangkan sebelum tidur, seperti membaca buku, berbincang-bincang ringan tentang kegiatan hari itu dan rencana besok. Berbincang ringan atau membaca buku bersama dapat membuat balita tenang dan nyaman.

“Siapkan Si Kecil dari psikologisnya dan kurangi kekhawatirannya jelang tidur malam. Mandi air hangat atau membaca buku sebelum tidur dapat menjadi rutinitas baik dan menurunkan tingkat stres balita jelang tidur,” tutur Dr. Judith Owens. M.D., penulis buku “Take Charge of Your Child's Sleep" seperti yg ditulis pada laman Parents.

Teman Si Kecil di kamarnya hingga ia terlelap. Sebelumnya, pastikan Moms memberitahu bahwa Moms hanya akan menemaninya hingga Si Kecil terlelap dan akan kembali ke kamar. Berikan afirmasi positif bahwa balita sudah besar dan bisa tidur sendiri.

Baca Juga: Yuk, Latih Balita Tidur Sendiri Dengan 5 Cara Ini

6. Konsisten pada Rencana

Getty_mother_daughter_bedtime_routine_LARGE_JGI-Jamie-Grill-56a13ebe3df78cf77268bcf6.jpg

Foto: verywellfamily.com.jpg

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan untuk membuat anak tidur sendiri adalah orang tua perlu konsisten dalam menjalankan misi ini.

Berbagai macam cara membuat balita tidur di kamarnya sendiri tidak akan berhasil jika orang tua tidak menerapkan konsistensi di dalam rencana ini.

Di awal-awal proses ini, biasanya Si Kecil akan terbangun dan menangis di malam hari karena mendapati dirinya tidur sendiri di kamar tanpa orang tuanya.

Dikutip dari situs Kidshealth disebutkan bahwa anak mungkin merasa takut atau khawatir jelang tidur karena takut akan gelap atau takut sendirian di malam hari.

Tetap sabar dan pelan-pelan ajak Si Kecil kembali ke kamarnya. Beritahu bahwa Moms akan menemaninya hingga ia tertidur. Terus berikan kalimat positif bahwa balita bisa tidur sendiri di kamarnya tanpa perlu ditemani.

7. Jangan Ada Distraksi

Cara membuat anak tidur sendiri yang selanjutnya adalah jangan ada distraksi. Jangan ada distraksi di kamar dan waktu sebelum tidur, seperti bermain dengan telepon seluler, main games di gawai, atau menonton televisi, karena aktivitas tersebut membuat anak lebih sulit untuk tidur.

Hindarkan juga anak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, seperti permen, cokelat, soda, karena membuat ia menjadi lebih aktif sehingga sulit tidur.

8. Berikan Pujian

Cara membuat anak tidur sendiri yang selanjutnya adalah berikan pujian. Jangan lupa berikan pujian dan apresiasi setiap anak sudah berhasil tidur sendiri. Ini adalah sebuah prestasi lho Moms. Ia akan makin bersemangat jika mendapatkan apresiasi yang tulus dari Moms.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri

Itulah beberapa cara membuat anak tidur sendiri yang bisa Moms coba. Ini mungkin memerlukan beberapa hari atau minggu hingga Si Kecil terbiasa dan tidak lagi menangis di malam hari.

Moms dapat memberikan boneka pada balita dan yakinkan bahwa semua akan baik-baik saja. Jadikan boneka sebagai pengganti Moms untuk menemani tidur malam Si Kecil.

Memang akan melelahkan dan membuat Moms kurang tidur, namun pastikan Moms menjaga mood dan tidak memarahi balita dalam proses ini ya.

Artikel Terkait