3-12 BULAN
9 Juli 2019

Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI

Bayi mudah bosan, namun banyak cara untuk mensiasatinya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Bayi menolak MPASI yang telah disiapkan, agaknya hal ini banyak dialami oleh sebagian besar Moms. Jika Si Kecil menolak MPASI bayi pertamanya, itu merupakan hal yang wajar. Karena Si Kecil perlu beradaptasi dengan makanan padat pertamanya. Namun jika Si Kecil biasanya menerima MPASI yang diberikan, tapi kali ini menolaknya terus menerus, maka ini yang sering menimbulkan kekhawatiran.

“Sangat penting untuk tetap menghargai keputusan Si Kecil saat menolak makan. Jangan memaksanya untuk makan. Karena memaksa akan merebut kebebasan Si Kecil dalam hal makan dan merusak makna dari makan adalah untuk kesehatan,” ungkap Dokter anak sekaligus pemilik Kindercare Pediatrics di Toronto, Daniel Flanders, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Cek tips berikut untuk membantu Moms mengembalikan nafsu makan dan kapan saatnya perlu khawatir jika bayi menolak MPASI terus-terusan.

1. Beri Jeda Waktu

Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI 01.jpg

Foto: drmikegreeff.co.za

Saat baru pertama kali diperkenalkan dengan MPASI bayi, Moms mungkin sudah melihat tanda-tanda bahwa Si Kecil telah siap dengan makanan padat pertamanya. Namun, jika Si Kecil tetap menolak dan terlihat tidak tertarik mencoba MPASI bayi yang telah disiapkan, maka Moms bisa memberi jeda waktu sekitar seminggu, sebelum kembali mencoba memberikan MPASI bayi. Makan, mengunyah, dan menelan MPASI bayi adalah hal yang tidak bisa dilakukan bayi secara langsung, sehingga Si Kecil perlu belajar dan melatih keterampilan ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil?

2. Mengganti Jenis Makanan

Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI 02.jpg

Foto: todaysparent.com

Di usia tujuh bulan, sebagian besar bayi biasanya sudah bisa diperkenalkan dengan MPASI bayi yang lebih bertekstur, kaya rasa, dan beragam jenis makanan yang lebih luas. Jika Moms terus memberinya puree, tentu Si Kecil akan mudah bosan. Tentu bayi menolak MPASI yang diberikan.

“Bayi dan balita muda mudah penasaran. Mereka ingin mengeksplorasi dan mencoba makanan baru. Menahan mereka ketika telah siap untuk lebih maju dapat menunda kemajuan perkembangan mereka secara keseluruhan, termasuk keterampilan bahasa, kepercayaan diri, dan tentu saja, nutrisi,” ungkap ahli diet dan nutrisi anak asal Connecticut, Jill Castle, MS, RDN, seperti dikutip dari jillcastle.com.

Untuk itu, jangan pernah lelah untuk mencoba beragam resep MPASI bayi dan memperkenalkan bayi dengan ragam tekstur serta rasa untuk MPASI bayi selanjutnya.

Baca Juga: 5 Resep Puree Untuk MPASI Pertama Bayi yang Mudah Dibuat

3. Mencoba Baby Led Weaning

Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI 03.jpg

Foto: makchic.com

Moms sudah biasa menyuapi Si Kecil makan MPASI bayi, namun kali ini bayi menolak MPASI? Mungkin Moms bisa mencoba membiarkannya makan sendiri dengan teknik baby led weaning (BLW). Teknik ini membiarkan bayi untuk mengambil dan menyuapi sendiri makanan yang Moms siapkan di atas piring. Makanan yang disiapkan biasanya berupa potongan (bukan bubur), sehingga lebih mudah digenggam oleh bayi.

Hal ini membuat bayi dapat mengontrol sendiri apa yang ingin dimakan dan seberapa banyak Si Kecil akan makan. Saat melakukan teknik BLW, pastikan Moms tetap mendampingi Si Kecil agar terhindar dari bahaya tersedak.

Baca Juga: MPASI Pertama Si Kecil, Pilih BLW atau Spoon Feeding Ya?

4. Konsultasi Dokter

Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI 04.jpg

Foto: youaremom.com

Saat tetap saja bayi menolak MPASI yang lebih bertektur di usia sembilan bulan, lalu memperlihatkan ketidaktertarikan atau terlihat stres saat makan, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan Dokter. Sehingga Dokter dapat memeriksa lebih lanjut akar permasalahan bayi menolak MPASI dan melihat kemungkinan adanya alergi makanan, masalah pencernaan atau kelainan sensorik.

Nah, itulah 4 hal yang bisa dilakukan saat bayi menolak MPASI. Yuk, selalu kreatif dalam mengakali nafsu makan buah hati tercinta.

(GS)

Artikel Terkait