DI ATAS 5 TAHUN
10 Agustus 2019

Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Bersikap Kurang Ajar Pada Orang Lain

Segera atasi sebelum jadi karakter buruk
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Moms, intervensi dini saat anak bersikap kurang ajar mutlak diperlukan agar tidak berkembang menjadi karakter buruk yang terbawa hingga dia dewasa nanti. Jangan mengabaikannya dengan pembenaran “namanya juga masih anak-anak.”

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Virginia menyatakan bahwa anak yang bersikap kurang ajar cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang kasar, tidak bisa menghargai orang lain, dan kurang tata krama.

Sikap anak yang kurang ajar sebenarnya menjadi tanda kalau dia butuh perhatian serta bantuan untuk mengendalikan amarah, menghadapi rasa frustasi, serta berkomunikasi dengan cara yang dapat diterima dengan baik secara sosial.

Baca Juga : Pentingnya Komunikasi Nonverbal Saat Berinteraksi dengan Balita

Nah, ini yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi sikap kurang ajar anak.

1. Meminta Maaf

anak bersikap kurang ajar pada orang lain coba lakukan ini, moms 1

Foto : Parents.com

Begitu Moms melihat anak bersikap kurang ajar pada orang lain, segera minta maaf pada yang bersangkutan dan dorong Si Kecil untuk melakukan hal yang sama.

Selain untuk mencegah situasi menjadi tidak terkendali, langkah pertama ini akan menunjukkan bahwa Moms menyadari kalau apa yang dilakukan anak adalah salah.

Setelah meminta maaf, ajak anak menepi dan katakan dengan sikap tegas tapi kalem bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik. Jangan lupa berikan juga kesempatan bagi anak untuk menjelaskan alasan dibalik sikap kurang ajarnya tadi.

2. Hadapi dengan Kalem

anak bersikap kurang ajar pada orang lain coba lakukan ini, moms 2

Foto : Scarymommy.com

Moms, emosi dan perdebatan sengit bukanlah cara yang efektif untuk mengatasi sikap kurang ajar anak.

Menurut psikolog anak, cara terbaik untuk meredakan emosi sekaligus menghindari perdebatan adalah menyatakan dengan tegas kalau sikap kurang ajar anak itu tidak baik, lalu menatap mata anak selama beberapa detik tanpa mengatakan apapun.

3. Diskusi tentang Perasaan

anak bersikap kurang ajar pada orang lain coba lakukan ini, moms 3

Foto : Telemundo.com

Anak usia sekolah sudah cukup pandai untuk memahami bagaimana rasanya sakit hati, kecewa, atau tersinggung.

Jelaskan bahwa sikap kurang ajarnya bukan hanya akan menyakiti perasaan satu orang saja, tapi juga membuat suasana menjadi tidak nyaman bagi banyak orang lain yang ada di sekitar.

Kemudian lanjutkan dengan diskusi tentang cara yang baik dan sehat untuk meminta perhatian, mengungkapkan rasa tidak senang, meredakan amarah, atau meluapkan rasa frustasi.

Baca Juga : Ternyata Ini 5 Penyebab Anak Suka Mencuri

4. Berikan Konsekuensi

anak bersikap kurang ajar pada orang lain coba lakukan ini, moms 4

Foto : Raisingchildren.net.au

Setelah menjelaskan alasan tidak boleh bersikap kurang ajar dan Si Kecil sudah minta maaf serta berjanji tidak mengulangi perilakunya, Moms tetap harus memberikan konsekuensi untuk menegaskan “pelajaran” yang diterimanya saat itu.

Tentu saja bukan dipukul ya, Moms. Ada beberapa alternatif konsekuensi yang bisa Moms berikan, seperti time out, mengurangi waktu bermain, tidak membelikan es krim seperti saudaranya yang lain, dan lainnya yang sesuai dengan usia anak.

Jelaskan pula bahwa bersikap kurang ajar itu dapat merugikan dirinya sendiri. Selain akan sulit mendapatkan teman, mereka juga bisa kehilangan banyak kesempatan baik di masa depan.

5. Tegas dan Konsisten

shutterstock 351644279

Foto : shutterstock.com

Kunci rahasia mengatasi sikap kurang ajar anak adalah selalu tegas dan konsisten dalam menerapkan aturan serta tata krama yang berlaku di rumah.

Tidak hanya secara lisan, tapi juga dengan contoh perbuatan dalam keseharian. Moms bisa contohkan cara menghadapi perbedaan pendapat dengan tenang dan bijak, menunggu waktu yang tepat untuk meminta perhatian, dan sebagainya.

Semakin lama Moms membiarkan anak bersikap kurang ajar, maka akan semakin sulit untuk mengoreksi perilakunya. Jadi demi kebaikan buah hati, lebih baik atasi sikap anak dari sekarang.

Apa Moms tahu, hal apa saja yang biasanya membuat anak bersikap kurang ajar?

(WA)

Artikel Terkait