RUPA-RUPA
23 Juni 2019

Lakukan Hal Ini Saat Bepergian Jauh bersama Hewan Peliharaan

Nyaman dan Aman mudik dengan hewan peliharaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hewan peliharaan sering dianggap sebagai teman, sahabat, bahkan keluarga sendiri bagi si pemeliharanya. Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli makanan dan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan.

Nah, saat akan bepergian jauh, tentu kita sebagai pemilik hewan peliharaan terkadang selalu cemas memikirkan nasib dan kehidupan peliharaan selama kita pergi. Bahkan ada yang tidak ragu membawa hewan peliharaannya ikutan bepergian bersama kita.

Boleh-boleh saja kok membawa hewan peliharaan ketika bepergian jauh. Agar tidak repot dan ribet, Moms perlu tahu tips aman membawa hewan peliharaan saat bepergian jauh nih. Simak tipsnya di bawah ini yuk.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Titipkan Dulu Hewan Peliharaan Di Sini

1. Bawa Selimut untuk Tempat Tidur Sementara

mudik dengan hewan peliharaan, hewan peliharaan

Selimut diperlukan untuk dijadikan sebagai tempat tidur hewan peliharaan. Jika disiapkan tempat yang nyaman, hewan pasti tidak akan rewel dan anteng. Mereka bisa meringkuk dan tidur dengan nyaman selama perjalanan yang panjang.

Namun jika hewan peliharaan Moms sudah terbiasa tidur di tempat tidur di rumah, pertimbangkan lagi untuk membawa hewan ya.

2. Sebuah Tali Pengikat untuk Keselamatan Tambahan

mudik dengan hewan peliharaan, hewan peliharaan

Jika Moms baru mau mencoba membawa hewan peliharaan bepergian jauh, siapkan tali pengikat tambahan sebagai keamanan. Letakkan hewan di bagian belakang mobil atau di kursi belakang mobil, dan ikat dengan tali pengikatnya.

Hal ini untuk menghindari kalau-kalau hewan sangat aktif di dalam mobil dan mengganggu kita saat mengemudi. Tali pengikat ini juga dapat menjaga hewan peliharaan tetap aman jika kita mengerem tiba-tiba.

Baca Juga: 4 Cara Agar Hewan Peliharaan Bersahabat dengan Bayi

3. Bawa Mainan dan Kebutuhan Hewan Lainnya

mudik dengan hewan peliharaan, hewan peliharaan

Mainan adalah cara terbaik untuk mengalihkan perhatian hewan peliharaan kita dan menjaganya untuk tetap tenang.

Untuk itu, selain mempersiapkan kebutuhan keluarga, Moms juga harus mengemas mainan favorit hewan agar ia memiliki sedikit hiburan selama perjalanan yang panjang.

Oh iya, jangan lupa juga untuk membawa beberapa camilan favoritnya. Bawalah camilan kering seperti biskuit yang tidak akan mengotori kendaraan kita. Jadi saat hewan peliharaan kita lapar, tinggal berikan camilannya agar tetap tenang.

Itu dia Moms beberapa tips nyaman membawa hewan peliharaan saat bepergian jauh. Dengan memperhatikan tips-tips ini, membawa hewan bepergian jauh akan lebih nyaman dan aman diperjalanan.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait