BAYI
9 Maret 2020

Lakukan Ini Agar Bayi Tidak Bingung Puting

Simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seorang bayi memang menggunakan teknik yang berbeda untuk mengeluarkan ASI dari payudara dibandingkan saat mengisap susu dari botol.

Itulah yang membuat beberapa bayi cenderung mengalami bingung puting dan kesulitan ketika harus berganti-ganti menyusu dari payudara dan botol susu.

Pencegahan Agar Bayi Tidak Bingung Puting

Lalu bagaimana agar bayi tidak bingung puting? Dapatkah bingung puting pada bayi dicegah?

1. Tunggu sampai bayi mampu menyusu dengan baik

bayi tidak bingung puting

Foto: thebirthhour.com

Biasanya disarankan untuk menunggu hingga bayi berusia dua atau tiga minggu, sebelum Moms memberikan ASI atau susu formula melalui botol. “Moms harus menunggu sampai menyusui menjadi lebih mudah bagi Moms dan bayi,” kata Alan Greene, MD, seorang dokter anak di Standford University di Palo Alto, California, seperti dikutip dari situs Parenting.com.

“Pada dua hingga tiga minggu pertama kehidupan, tidak ada bayi yang ingin berhenti menyusu, sebelum fase menangis. Sementara pada usia empat sampai enam minggu, memperkenalkan botol mungkin akan menjadi lebih sulit.”

Baca Juga: Bayi Bingung Puting? Jangan Sedih, Ini Cara Mengatasinya

2. Minta orang lain (selain Moms) untuk memberikan botol pada Si Kecil

bayi tidak bingung puting

Foto: babycenter.com

Menurut Standford Childrens, beberapa bayi cenderung tidak mau minum melalui botol jika yang menawarkannya adalah ibunya sendiri. Maka dari itu, disarankan agar Dads atau anggota keluarga lain di rumah mencoba memberikan ASIP atau susu formula melalui botol pada bayi.

Bukan hanya agar bayi tidak bingung puting, cara ini juga akan membantu bayi untuk menyesuaikan diri dengan orang lain selain Moms yang menyusuinya.

3. Tingkatkan produksi atau suplai ASI

bayi tidak bingung puting

Foto: thebump.com

Jika Si Kecil lebih sering minum ASIP atau susu formula melalui botol setelah Moms kembali bekerja dan suplai ASI Moms mulai berkurang, ia mungkin menjadi lebih suka minum dari botol karena memiliki aliran susu yang lebih cepat.

Agar bayi tidak bingung puting karena situasi ini, medelabreastfeedingus.com menyarankan agar Moms mencoba meningkatkan suplai ASI dan berfokus untuk sebisa mungkin lebih sering menyusui.

Baca Juga: Bayi Tidak Mau Minum ASI Langsung? Ini Cara Mengatasi Bingung Puting

4. Tawarkan payudara saat bayi benar-benar tenang

bayi tidak bingung puting

Foto: nordicnaturals.com

Mencoba menyusui saat bayi benar-benar tenang, biasanya di pagi hari atau saat baru bangun tidur siang dapat mencegah bingung puting pada bayi, tulis Dr. Sears melalui askdrsears.com.

Jangan menunggu sampai bayi terlalu lapar karena bisa membuat bayi tidak berminat untuk mencoba sesuatu yang baru atau bahkan menjadi sangat rewel ketika Moms ingin menyusui.

5. Perhatikan pelekatan saat bayi menyusu

bayi tidak bingung puting

Foto: moneycrashers.com

Selain memperhatikan waktu menyusui, Dr Sears juga menyarankan agar Moms memperhatikan pelekatan bayi. Pastikan bayi diposisikan dengan benar di lengan Moms. Tunggu sampai mulut bayi terbuka lebar dan lidahnya turun sebelum melekat ke payudara dan mengisap ASI.

Baca Juga: Cegah Bingung Puting, Berikan ASIP dengan 3 Media ini

6. Cari alternatif pemberian suplemen makanan

bayi tidak bingung puting

Foto: parenting.firstcry.com

Jika bayi memerlukan asupan suplemen, singaporemotherhood.com menyarankan agar Moms mencari metode pemberian makan alternatif seperti dengan menggunakan cangkir atau sendok makan sebagai pengganti botol.

Ketika mendapati bahwa Si Kecil mulai lebih menyukai minum susu dari botol daripadanya payudara, pastikan untuk segera berkonsultasi dan mencari bantuan dari konsultan laktasi agar bayi tidak bingung puting.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar bayi yang bingung puting, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(RGW)

Artikel Terkait