PARENTING
24 April 2020

7 Langkah Melatih Anak Berpuasa Menurut Islam, Coba Yuk!

Sebelum usia baligh, anak-anak dapat diajarkan berpuasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Puasa di bulan Ramadhan tidaklah wajib bagi anak-anak, sampai mereka baligh (dewasa). Tapi, mengajarkan anak berpuasa bisa Moms lakukan sejak ia kecil, agar mereka terbiasa untuk melatih dirinya berpuasa.

Biasanya, anak mulai memahami konsep berpuasa saat mereka berusia 3-5 tahun. Pada usia ini, Moms dapat membiasakan anak berpuasa sesuai dengan kemampuannya.

Dikutip dari situs Nahdlatul Ulama, anak-anak perlu diajari mencintai bulan Ramadhan. Sebab, dengan mencintai bulan suci umat Islam itu, mereka akan merasa senang menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan, termasuk berbuka dan sahur.

Kalau sudah suka ikut berbuka, misalnya, maka anak-anak akan bersemangat untuk ikut berpuasa. Hal tersebut dikemukakan Ketua Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien, H. Muhammad Hasin.

Menurut Hasin, jika sejak dini, anak-anak sudah mencintai Ramadhan, maka ia akan selalu merasa rindu datangnya Ramadhan. “Kalau sudah rindu, tanpa disuruh ia akan berpuasa,” jelasnya.

Namun perlu diingat, masing-masing anak memiliki kesiapan yang bervariasi tergantung dengan keadaan fisiknya. Rata-rata, anak berusia 10 tahun secara fisik sudah bisa berpuasa penuh. Mereka pun sudah diwajibkan berpuasa ketika sudah baligh.

Berikut ini beberapa tips mengajarkan anak berpuasa menurut Islam.

Baca Juga: 3 Cara Mengajarkan Konsep Puasa pada Anak

Melatih Anak Berpuasa menurut Islam

mengajarkan anak berpuasa menurut Islam-.jpg

Foto: Shutterstock

Ada beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk melatih anak berpuasa. Berikut ulasannya.

1. Memberi Pemahaman Mengenai Rukun Islam

Hal pertama yang dapat Moms lakukan untuk melatih anak berpuasa adalah memberi tahu mengenai Rukun Islam. Sebab puasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam dalam agama Islam.

Dari Abu Abdirrahman bin Umar bin Khatthab radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata :“Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:

“Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu: Syahadat bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah al Haram”.

Dengan memahami dan mengamalkan Rukun Islam, melatih anak berpuasa akan lebih mudah dilakukan.

2. Memberitahu tentang Keutamaan Berpuasa

mengajarkan anak berpuasa menurut Islam-3.jpg

Foto: Shutterstock

Bagi seorang anak, menahan hawa nafsu untuk makan dan minum mungkin adalah hal yang sulit. Akan tetapi, Moms dapat menjelaskan tentang keutamaan berpuasa, sebagaimana Al-Qur’an menjelaskan tentang hal itu.

Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

Orang yang berpuasa juga melatih dirinya untuk semakin dekat dengan Allah dan mendapatkan pahala dariNya.

3. Memberitahu tentang Larangan Berpuasa

Menjelaskan tentang larangan berpuasa sesuai dengan pemahaman anak. Misalnya menahan diri tidak makan dan minum, tidak boleh berbohong, dan menahan amarah.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Belajar Puasa Agar Tetap Kuat dan Senang

4. Berlatih Puasa secara Bertahap

mengajarkan anak berpuasa menurut Islam-1.jpg

Foto: Shutterstock

Kita tahu kalau kemampuan anak berbeda dengan orang dewasa. Karenanya, Moms bisa mulai melatih Si Kecil berpuasa 3-4 jam saat pertama kali anak akan berpuasa.

Saat akan sudah cukup siap, latih anak untuk menjalankan puasa hingga sore. Beri kelonggaran bila pada jam yang sudah ditentukan ia merasa lapar atau haus. Kemudian, lanjutkan lagi hingga waktu berbuka.

5. Menyediakan Makanan Berbuka Favoritnya

Anak akan senang bila Moms menyediakan makanan favoritnya atau makanan sesuai permintaannya. Tidak perlu banyak atau makanan yang mahal. Setidaknya anak merasa senang dengan sajian yang Moms berikan di waktu berbuka puasa.

6. Berikan Contoh atau Teladan yang Baik

Anak meniru perilaku yang dilakukan orangrua dalam keseharian. Termasuk saat berpuasa. Karena itu, orang tua wajib memberikan teladan yang baik saat berpuasa. Misalnya dengan tidak bermalas-malasan dan menahan amarah saat berpuasa.

Baca Juga: Tak Hanya Dengan Memberikan Hadiah, Moms Juga Bisa Ajari Anak Puasa Dengan 3 Cara Ini

7. Menghargai Usahanya

Jangan lupa untuk menghargai usahanya saat berpuasa. Penghargaan ini juga bisa memberi semangat dan keyakinan padanya, sehingga ia dapat melewatinya dengan baik.

Itulah tujuh hal yang dapat Moms lakukan untuk melatih anak berpuasa menurut Islam. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait