FASHION & BEAUTY
10 Desember 2019

4 Langkah Menghilangkan Stretch Mark Secara Efektif

Gunakan pelembap untuk menjaga kulit terhidrasi dan memudarkan stretch mark
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Stretch mark merupakan kondisi kulit yang umum terjadi pada wanita. Stretch mark terbentuk karenanya adanya peregangan kulit yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti kehamilan atau kenaikan berat badan.

Dilansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), saat trimester ketiga, umumnya ibu hamil mengalami stretch mark pada bagian perut, bokong, payudara, dan paha.

"Stretch mark terbentuk ketika terjadi perubahan di tubuh (seperti kehamilan, penambahan berat badan, atau peningkatan massa otot) yang terjadi cepat dan tiba-tiba meregangkan kulit, dan menyebabkan ikatan kolagen di bawah kulit Anda saling menjauh," jelas dokter kulit asal New York, Dr. Arash Akhavan, MD.

"Kulit itu bisa terlihat berkerut dan berjajar, karena tidak didukung oleh struktur kolagen yang sama di bawahnya," lanjutnya.

Baca Juga: Stretch Mark Setelah Melahirkan? Ini Cara Alami Menghilangkannya

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Meskipun stretch mark umum terjadi pada banyak wanita, Moms mungkin ingin melakukan beberapa cara menghilangkan stretch mark.

1. Gunakan Minyak Vitamin E

vitamin e.jpg

Moms bisa menggunakan minyak vitamin E untuk dapat mengurangi stretch mark.

Cukup oleskan minyak vitamin E murni ke bagian stretch mark agar kulit tetap lembap dan kenyal. Hal ini secara alami membantu mendukung pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan regenerasi sel.

Baca Juga: 8 Vitamin Pra Kehamilan Terbaik Rekomendasi Dokter

2. Eksfoliasi Kulit

3 bodyscrub

Eksfoliasi kulit dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit, menjaga kulit tetap lembut dan halus, serta membantu pembaruan sel.

Selain itu, eksfoliasi kulit juga dapat membantu meratakan warna kulit, sekaligus menghilangkan stretch mark.

Moms bisa membuat produk eksfoliasi kulit sendiri dengan gula tebu murni dan madu, minyak kelapa atau jus lemon untuk mengangkat sel-sel kulit mati di area bekas luka.

3. Melembapkan Kulit

applying hand lotion

Membuat kulit tetap terhidrasi adalah langkah penting, tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, tetapi untuk menjaga kesehatan kulit.

American Academy of Dermatology (AAD) mengingatkan bahwa krim, lotion, atau gel penghilang stretch mark mungkin tidak akan bisa benar-benar melenyapkannya, tapi setidaknya bisa memudarkannya.

AAD mengingatkan beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi penampilan stretch mark di kulit:

  • Gunakan produk pelembap segera setelah stretch mark awal muncul, perawatan akan kurang bekerja bila diaplikasikan pada stretch mark yang sudah lama terjadi.
  • Pijat produk ke kulit yang terdapat stretch mark, jangan hanya dioleskan saja.
  • Aplikasikan lotion setiap hari, karena biasanya perubahan baru terjadi setelah pemakaian selama beberapa minggu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembap Halal di Bawah 50 Ribu

4. Lindungi Kulit dari Paparan Buruk Lingkungan

3 sunscreen mistakes antonioguillem

Tips menghilangkan stretch mark juga termasuk menghindari paparan sinar matahari. Ini dapat mengeringkan kulit dan membuat stretch mark jadi tampak lebih gelap.

Selalu oleskan tabir surya pada daerah stretch mark, terutama bagi Moms yang kerap beraktivitas di luar ruangan.

Artikel Terkait