KESEHATAN
4 Desember 2019

7 Langkah Mudah Mengatasi Kapalan

Coba langkah-langkah ini untuk membuat kulit bebas kapalan Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Kapalan sangat umum terjadi, khususnya untuk wanita yang sering menggunakan high heels, menyapu atau mengepel, serta beberapa aktivitas lainnya yang memungkinkan kulit sering mengalami gesekan.

Kapalan memang tidak berbahaya, dan seringkali tidak terasa sakit. Namun, untuk seorang wanita, Moms tentu ingin setiap jengkal tubuh kita terlihat mulus dan indah bukan?

Cara Mengatasi Kapalan

Untuk mengatasi kapalan, Nada Elbuluk, M.D, FAAD, Asisten Profesor Dermatologi, NYU Langone Medical Center merekomendasikan 7 langkah yang bisa diikuti sebagai berikut:

1. Rendam dalam Air Hangat

listicle 1.png

Rendam kapalan di dalam air hangat, sekitar 5-10 menit atau sampai kulit melunak. Langkah mengatasi kapalan ini penting sebelum melakukan treatment selanjutnya pada kulit kapalan.

Akan lebih maksimal lagi, jika air rendaman diberikan garam khusus seperti garam epsom yang memang biasa digunakan untuk merendam kaki.

Baca Juga: Coba 4 Cara Ini untuk Hilangkan Kapalan di Tangan

2. Gosokan Kapalan dengan Batu Apung

listicle 2 (1).jpg

Pertama rendam batu di air hangat, kemudian gunakan batu dengan cara digosokkan secara perlahan di bagian kapalan. Gunakan gerakan memutar atau satu arah untuk menyingkirkan kulit mati.

3. Jangan Digosok dengan Keras

listicle 3 (1).jpg

Cara selanjutnya untuk mengatasi kapalan adalah dengan menggosok. Tapi perhatikan jangan sampai terlalu banyak menggosok kulit mati ya Moms, atau kulit bisa berdarah dan malah menimbulkan infeksi.

4. Gunakan Lotion atau Cream

listicle 4.jpg

Rutinlah gunakan lotion atau krim di bagian kapalan setiap hari. Terkadang kulit yang mengering akan lebih mudah terkena kapalan.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, cari lotion atau krim yang mengandung salicylic acid, ammonium lactate, atau urea. Bahan-bahan tersebut dapat mengatasi kapalan, sekaligus melembutkan kulit.

Baca Juga: Wajib Tahu 5 Tips Mengatasi Kapalan yang Mengganggu Ini

5. Gunakan Sarung Tangan atau Kaos Kaki Saat Beraktivitas

listicle 5 (1).jpg

Selalu gunakan bantalan untuk melindungi kulit supaya tidak membentuk kapalan lagi.

Misalnya menggunakan sarung tangan jika sedang berkebun, menggunakan pad khusus untuk Moms yang sering menggunakan heels, atau selalu memakai kaos kaki jika ingin memakai sepatu.

Hal itu akan mengurangi risiko gesekan terus menerus yang dapat menyebabkan kapalan.

6. Gunakan Sepatu dengan Ukuran yang Benar

listicle 6.jpg

Kebanyakan kapalan terjadi karena orang menggunakan sepatu tidak sesuai dengan ukuran mereka.

Untuk mengetahui ukuran yang tepat, berbelanjalah di malam hari ketika kaki biasanya lebih besar ukurannya dibanding siang hari.

Minta karyawan toko membantu mengukur kaki Moms supaya menemukan ukuran sepatu yang pas, tidak kebesaran atau kekecilan.

Baca Juga: Bagaimana Mengobati Kulit Kapalan yang Gatal dan Nyeri?

7. Gunting Kuku Kaki Secara Rutin

listicle 7.jpg

Kuku kaki yang terlalu panjang secara otomatis akan menekan jari kaki untuk lebih maju ke arah depan sepatu. Hal ini yang biasanya menyebabkan kapalan terus muncul.

Mengatasi kulit yang kapalan memang sangat mudah, Moms dapat lakukan sendiri di rumah mengikuti langkah-langkah di atas.

“Sebagian besar kapalan dapat berangsur-angsur hilang jika gesekan atau tekanan pada kapalan berhenti,” jelas Dr. Elbuluk.

"Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika kulit kapalan terasa sangat menyakitkan dan meradang, atau jika Anda menderita diabetes dan ingin melakukan treatment seperti di atas, periksakan pada dokter kulit terlebih dahulu,” tambahnya.

(DH)

Artikel Terkait