KESEHATAN
25 Juli 2020

5 Langkah Skincare untuk Kulit Sensitif, Perawatan Jadi Optimal!

Tahapan skincare sensitif harus disesuaikan dengan kondisi kulit, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap orang mempunyai jenis kulitnya masing-masing. Pemilik wajah berminyak membutuhkan perawatan yang berbeda dengan pemilik wajah yang kering.

Jika salah menggunakan produk skincare, biasanya hasilnya menjadi tidak maksimal ya, Moms. Karena itu, Moms perlu tahu seperti apa langkah menggunakan skincare untuk kulit sensitif.

Nah, apakah Moms termasuk pemilik jenis kulit sensitif? Menurut jurnal Brazilian Society of Dermatology, kulit sensitif ditandai dengan sensasi menyengat, terbakar, dan bahkan muncul rasa gatal.

Pemilik kulit sensitif harus teliti dalam memakai produk skincare. Jika Moms punya kulit sensitif, utamakan perawatan wajah yang menghidrasi kulit yang gunanya untuk melindungi kulit.

Selain itu, produk skincare yang digunakan sebaiknya tanpa parfum atau zat lainnya yang bisa mengiritasi kulit.

Tahapan Skincare untuk Kulit Sensitif

Pemilihan produk skincare yang aman untuk kulit itu sangat penting dilakukan. Selain itu, perhatikan beberapa tahapan atau langkah skincare untuk pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Sensitif Ibu Hamil

1. Membersihkan Makeup

skincare untuk kulit sensitif-1.jpg

Foto: freepik.com

Tahapan ini dilakukan setelah Moms beraktivitas seharian. Debu, kotoran, dan bekas makeup tidak hanya cukup dibersihkan dengan sabun cuci muka saja. Moms perlu menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak (cleansing oil) untuk membersihkan secara mendalam.

Sebaiknya gunakan produk pembersih wajah yang bebas dari paraben, pewangi, silikon, alkohol, dan sulfat. Kulit sensitif membutuhkan pembersih yang aman dan ringan di kulit untuk menjaga agar kulit tetap lembut.

2. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Lembut

skincare untuk kulit sensitif-2.jpg

Foto: freepik.com

Gunakan sabun cuci muka yang lembut pada pagi dan malam hari. Pastikan produk tersebut dapat menjaga keseimbangan pH di kulit, sehingga mencegah iritasi dan kemerahan di kulit sebagai produk skincare untuk kulit sensitif.

"Sabun cuci muka yang lembut dan baik untuk kulit yaitu tidak memiliki banyak busa. Sebenarnya, semakin banyak busa, maka akan semakin besar risiko kulit menjadi kering. Untuk itu, pilih sabun yang lembut agar wajah tetap lembap," ungkap Renee Rouleau, ahli kecantikan dan perawatan kulit dari Austin, Texas, mengutip Today.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Sensitif

3. Gunakan Toner

skincare untuk kulit sensitif-3.jpg

Foto: freepik.com

Setelah memakai sabun cuci muka, gunakan toner sebagai langkah akhir dari proses pembersihan wajah sebagai skincare untuk kulit sensitif Moms.

Produk toner berguna untuk menghilangkan lapisan terakhir dari kotoran, residu minyak atau makeup, dan faktor lainnya dari permukaan kulit. Toner juga berguna untuk mengembalikan keseimbang pH kulit ke tingkat normal.

4. Pilih Serum Sesuai Kebutuhan

skincare untuk kulit sensitif-4.jpg

Foto: freepik.com

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka salah satu perawatan yang penting dilakukan yaitu memakai serum. Serum adalah cara terbaik untuk melindungi dari radikal bebas.

Cara mencari produk serum yang tepat dalam rejimen skincare untuk kulit sensitif adalah memastikan produk yang digunakan memang diformulasikan untuk kulit sensitif dan mencegah iritasi.

Baca Juga: Alergi Tabir Surya, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

5. Pelembap dan Tabir Surya

skincare untuk kulit sensitif-5.jpg

Foto: freepik.com

Hal yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya adalah memakai pelembap dan juga sunscreen.

Pelembap berguna untuk menjaga kulit agar terhidrasi sepanjang hari. Sementara sunscreen, dengan SPF minimal 30 atau lebih berguna untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV.

"Bagi pemilik kulit sensitif, pilih physical atau mineral sunscreen. Kandungan seperti zinc oxide dan titanium oxide mampu melindungi kulit dan membuat kulit menjadi terasa seperti tersengat," ungkap Dr. Emily Smith, dokter kulit di University of Missouri Health Care.

Itulah beberapa tahapan skincare untuk pemilik kulit sensitif. Ingat, Moms, hindari kebanyakan memakai produk skincare.

Menurut American Academy of Dermatology, menggunakan terlalu banyak produk skincare dapat dengan mudah mengiritasi kulit dan justru membuat penuaan lebih cepat terjadi pada kulit. Jadi, tetap sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing, ya!

Artikel Terkait