KESEHATAN
10 Februari 2018

Lapar di Malam Hari? Ini Makanan yang Sebaiknya Kita Konsumsi

Jangan sampai gemuk karena salah makan di malam hari!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Apakah makan di malam hari dapat memengaruhi kesehatan tubuh? Dan baiknya di malam hari makanan apa saja yang dapat dikonsumsi oleh tubuh?

Jawab:

Tentu saja makan di malam hari dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, tergantung dari seberapa banyak dan jenis makanan apa yang dimakan. Secara umum, panduan untuk memilih jenis makanan di malam hari adalah makanan yang rendah kalori serta mudah untuk dicerna.

Pada malam hari kebutuhan kalori kita rendah akibat aktivitas kita pada malam hari lebih rendah pada siang hari. Makanan yang mudah dicerna adalah makanan yang tidak terlalu tinggi kadar lemak dan karbohidratnya. Dengan demikian proses pencernaan tidak mengganggu proses tidur kita.

Makanlah banyak sayuran serta buah-buahan pada malam hari. Selain itu makanan ringan yang akan probiotik dan serat seperti yoghurt dan agar-agar juga dapat kita konsumsi pada malam hari.

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa orang yang makan dalam porsi yang relatif kecil di malam hari cenderung memakan total kalori harian yang lebih rendah daripada yang tidak makan sama sekali atau makan dalam porsi biasa atau berlebihan pada malam hari.

Selain sayur-mayur, buah, yoghurt dan agar-agar atau jelly, Anda juga dapat menambah teh hijau dan kopi untuk tambahan diet anda pada malam hari. Tentunya semua makanan tersebut juga harus di cek kadar gula atau glukosanya agar tetap rendah kalori.

Dijawab oleh dr. Janfrional

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait