2-3 TAHUN
3 Juni 2019

Latih Balita Tidur Tepat Waktu dengan Cara Ini

Tidur tidak tepat waktu memengaruhi perkembangan emosional Si Kecil lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Membuat balita tidur tepat waktu sangatlah penting. Waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh seorang anak yang masih dalam usia pertumbuhan, terutama balita. Waktu tidur balita itu pun haruslah dipenuhi agar anak dapat memperoleh perkembangan yang ideal.

Meski begitu, masih banyak orang tua di luar sana yang bingung ketika harus menentukan waktu tidur yang tepat. Hal itu pun kerap kali terjadi pada anak yang telah memasuki usia 2 tahun ke atas.

Tidak heran jika misalnya ada balita dengan usia tersebut yang tidur malam di luar jamnya. Dengan demikian, kualitas tidur yang didapatkan pun tidak maksimal lantaran waktu tidur malamnya yang kurang.

Fakta tersebut pun semakin diperkuat dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa 20 persen balita dengan rentang usia 1 hingga 3 tahun sering terbangun secara reguler pada tengah malam.

Direktur Kesehatan Tidur Anak-Anak di Valley Hospital Ridgewood, New Jersey, Amerika Serikat Stephanie Zandieh pun menyatakan bahwa adanya kesalahan waktu tidur menjadi penyebab utama bangunnya balita saat tengah malam.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Menyabotase Waktu Tidur Balita

Pada saat yang bersamaan, orang tua pun harus lebih disiplin membuat balita tidur tepat waktu. Konsultan Tidur dari International Association of Child Sleep Consultants Alanna McGinn mengatakan bahwa kedisipilinan dalam menentukan waktu tidur malam bagi anak memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas tidur Si Kecil.

Disiplin dalam membuat balita tidur tepat waktu di malam hari penting agar tidak ia selalu bangun ketika tengah malam. Lebih lanjut McGinn mengatakan bahwa waktu yang disiplin akan memberikan banyak manfaat untuk anak-anak usia balita, terutama bagi perkembangan emosionalnya.

Adapun waktu tidur yang disarankan McGinn bagi anak-anak usia balita atau 1 hingga 5 tahun adalah sekitar 10 sampai 13 jam dalam sehari. Durasi tersebut haruslah diperhatikan Moms selaku orang tua agar tumbuh kembang Si Kecil bisa tetap berjalan ideal.

Agar balita bisa tidur tepat waktu, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

Baca Juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Balita

1. Kombinasi Tidur Siang dan Tidur Malam

balita tidur tepat waktu

Salah satu cara agar balita tidur tepat waktu adalah dengan mengombinasikan jam tidur siang dan tidur malam. McGinn menyarankan kepada para orang tua jika Si Kecil tidur malam hanya 9 jam, maka sisanya harus dipenuhi dengan tidur siang.

2. Membiarkan Balita Tidur dengan Sendirinya

balita tidur tepat waktu

Cara lain untuk membuat balita tidur tepat waktu adalah dengan membiarkannya tidur dengan sendirinya, tanpa bantuan orang tuanya. Menurut Zandieh, anak pada usia balita sudah seharusnya tidur tanpa digendong atau diberikan botol minum susu oleh orang tuanya.

Baca Juga: Bantu Balita Tidur Nyenyak dengan 4 Camilan Sehat Ini

3. Mendisiplinkan sejak Dini

balita tidur tepat waktu

Jika Si Kecil baru mau tidur dalam gendongan orang tua, maka nantinya hal itu justru akan menjadi bumerang lho buat para Moms. Menurut McGinn, jika orang tua selalu menggendong anak ketika mau tidur maka ada kemungkinan dia akan kembali bangun sewaktu-waktu saat tengah malam dan minta digendong lagi.

Moms tentu tidak mau kan jika setiap malam harus seperti itu? Oleh karenanya mulai sekarang pemberian disiplin balita tidur tepat waktu adalah sebuah keharusan.

Bagi para orang tua, kebutuhan tidur malam anak yang terpenuhi akan menimbulkan suasana hati dan kendali emosional yang normal pada diri Si Kecil. Karena itu, jangan tunda untuk mengajarkan balita tidur tepat waktu ya Moms!

(TPW)

Artikel Terkait