PERNIKAHAN & SEKS
24 November 2019

LDR Setelah Menikah, Ini 3 Masalah yang Rentan Terjadi

Pernikahan jarak jauh akan menjadi tantangan tersendiri di dalam rumah tangga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernikahan jarak jauh atau pernikahan LDR memang bukan perkara yang mudah, melainkan menjadi tantangan tersendiri di dalam sebuah rumah tangga.

Pasalnya, bertemu setiap hari dan tinggal di rumah yang sama saja bisa terjadi konflik, apalagi jika saling berjauhan, bukan?

Belum lagi jika Moms sudah punya anak, maka ketidakhadiran suami bisa menjadi ketakutan tersendiri.

LDR setelah menikah biasanya harus dilakukan pasangan suami istri karena tuntutan pekerjaan. Ada yang 3 bulan sekali baru bisa bertemu, 6 bulan sekali, atau ada juga yang setahun sekali baru bisa bertemu.

LDR Setelah Menikah

LDR setelah Menikah, Ini 3 Masalah yang Rentan Terjadi-1.jpg

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menjalani LDR setelah menikah, Moms dan pasangan harus mempertimbangkan beberapa masalah yang rentan terjadi. Di antaranya adalah:

1. Masalah Komunikasi

Miskomunikasi, menjadi masalah terbesar dan sering terjadi pada pasangan yang menjalani LDR.

Moms bisa merasa pasangan terlalu jarang menelepon atau pasangan yang terlalu sedikit berbicara saat sedang dihubungi. Perbedaan waktu juga bisa menjadi masalah dalam komunikasi tersebut.

Hal ini bisa menyebabkan konflik yang besar, karena sebenarnya komunikasi seimbang adalah kunci keberhasilan pernikahan jarak jauh.

Lebih parahnya lagi, apabila ada yang disembunyikan dari pasangan dan tidak dikomunikasikan dengan baik.

Masalah komunikasi ini bisa semakin buruk bila Moms dan Dads sedang bertengkar. Silent treatment atau saling berdiam diri tanpa berkomunikasi dapat memperburuk hubungan.

Dilansir dari Psychalive, lawan dari cinta bukanlah kebencian, tapi ketidakpedulian. Saat berkomunikasi dengan suami mengenai sebuah masalah, bicaralah secara jujur dan transparan, jangan hanya tidak peduli dan menghindari masalah yang ada.

Baca Juga: 5 Tips Berhubungan Seks untuk Pasangan LDR

2. Kecemburuan

Cemburu dalam sebuah hubungan mungkin menjadi hal yang wajar terjadi. Namun, pada pasangan LDR, hal ini bisa menjadi sumber konflik yang besar di dalam rumah tangga.

Kecemburuan bisa terjadi karena tidak adanya keterbukaan pada pasangan atau terlalu curigaan kepada pasangan.

3. Kesepian

Akan datang masanya Moms dan pasangan akan merasa kesepian karena LDR. Moms merasa sepi meskipun sibuk mengurus rumah tangga dan anak.

Sebaliknya Dads rentan mengalami sepi karena sibuk oleh pekerjaan sementara jauh dari keluarga.

Hal ini bisa menjadi masalah pada LDR setelah Moms menikah, karena kesepian dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan tidak bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 5 Tips Sexting dengan Pasangan, Berani Coba?

Tips Pernikahan LDR Tetap Langgeng

LDR setelah Menikah, Ini 3 Masalah yang Rentan Terjadi-2.jpg

LDR setelah menikah memang rentan mengalami masalah dan membutuhkan kerja keras, namun tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan tetap langgeng.

“Pernikahan jarak jauh memang membutuhkan usaha yang jauh lebih keras, karena ketidakhadiran pasangan cenderung membuat Moms merasa cemas, tertekan, marah, dan tidak aman. Hal sebenarnya bisa terjadi juga pada pasangan,” ujar Nayamat Bawa, psikolog senior yang berasal dari India.

Nayamat memberikan beberapa saran yang bisa dilakukan Moms dan Dads untuk menjaga kesehatan rumah tangga meskipun sedang berjauhan. Hal paling penting adalah komunikasi dan libatkan pasangan dalam setiap hal rumah tangga.

“Baik dalam mengurus anak, pengeluaran rumah tangga, dan kegiatan masing-masing, sebaiknya pasangan harus tetap tahu agar ia tidak merasa tersisih. Untuk itu, komunikasi yang berkualitas dibutuhkan setiap hari,” ujar psikolog yang aktif juga di ePsyClinic ini.

Selain itu, membekali diri dengan kemandirian dan kepercayaan diri juga diperlukan, lho, Moms saat suami sedang berada jauh dari kita. Jadilah pemecah masalah agar dengan begitu kita tidak merasa ketergantungan pada suami.

Baca Juga: 3 Tips Agar Long Distance Marriage Bisa Berjalan Lancar

Lalu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada anggota keluarga terdekat jika ada suatu masalah, seperti misalkan anak jatuh sakit dan suami masih jauh.

Kesetiaan juga menjadi kunci penting dalam membina pernikahan jarak jauh. Jaga komitmen dengan pasangan agar tidak terjadi kecemburuan satu sama lain.

Percaya deh, rasa rindu yang dipupuk setiap hari akan membuat Moms dan Dads semakin romantis saat akhirnya bertemu secara langsung.

(DG)

Artikel Terkait