BALITA DAN ANAK
26 Maret 2020

Lebih dari Sekadar Bermain Air, Ketahui Manfaat Berenang untuk Anak!

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berenang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, dan juga ada beberapa manfaat kegiatan berenang bagi anak. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga dapat mengajari keamanan ketika berada di air.

Berenang adalah aktivitas air yang sangat menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia, dan anak-anak suka berenang di air dan menikmati diri mereka sendiri bermain air.

American Academy of Pediatrics mendukung pelajaran berenang untuk sebagian besar anak berusia 4 tahun ke atas. Kelas-kelas berenang ini dapat mengurangi risiko tenggelam pada anak-anak yang lebih muda.

Baca Juga: Sejak Umur Berapa Bayi Boleh Belajar Berenang?

Manfaat Berenang untuk Anak

1. Memberikan Keamanan

manfaat berenang pada anak-1

Foto: Orami Stock Photos

Menurut KidsHealth.org, tenggelam adalah penyebab kematian paling umum kedua akibat cedera, pada anak-anak di bawah usia 14 tahun.

Tenggelam dapat terjadi begitu cepat, bahkan kadang-kadang dalam waktu kurang dari 2 menit. Banyak kasus tenggelam dan hampir tenggelam terjadi ketika anak secara tidak sengaja jatuh ke kolam renang.

Dengan mengajari Si Kecil berenang, dapat bermanfaat untuk mencegah anak dari risiko darurat seperti tenggelam, atau terbawa arus di pantai.

Baca Juga: Mengapa Anak Perlu Diajari Berenang Sejak Dini?

2. Kesehatan Fisik

manfaat berenang untuk anak-2

Foto: Orami Stock Photos

Menurut swimming.org, manfaat berenang untuk anak termasuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan stamina, keseimbangan, dan postur tubuh anak.

Berenang, yang merupakan salah satu olahraga berbasis air, dapat membantu penderita penyakit kronis, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Anak Tak Tenggelam Saat Berenang, Catat!

3. Kesehatan Emosional

manfaat berenang untuk anak-3

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat berenang pada anak tidak hanya itu saja, tetapi juga mendukung kesehatan emosional Si Kecil.

Berenang memberikan tantangan dan penghargaan terhadap pencapaian dan prestasi, sehingga membantu anak-anak jadi lebih percaya diri dan percaya pada kemampuan mereka.

Dalam jurnal Paediatrics & Child Health, ada studi yang menunjukkan bahwa pelajaran berenang meningkatkan kemampuan berenang dan perilaku pada anak kecil pada usia 2-4 tahun. Meskipun efek jangka panjangnya belum dilaporkan.

Selain itu, karena kegiatan yang dirasa menyenangkan, berenang juga dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, dan membantu memerangi depresi.

Nah, itu dia Moms manfaat berenang untuk anak, dicoba ya Moms!

Artikel Terkait