RESEP
31 Mei 2018

Lebih Sehat Daripada Digoreng, Ikuti Cara Mudah Buat Tim Ikan Ala Tiongkok

Masakan rumahan yang cocok untuk disantap bersama keluarga saat sahur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

foto: kokiku.tv

Mengolah ikan meski terlihat gampang namun pada prakteknya tak selalu mudah. Misalnya, saat membuat ikan goreng. Meskipun sudah dibersihkan dan dibumbui dengan beragam rempah tentu ada kekhawatiran akan gagal saat menggorengnya.

Nah, jika itu masalahnya, coba alternatif cara masak selain menggoreng yaitu diolah menjadi tim ikan. Hidangan tim ikan ini berasal dari Tiongkok dan menjadi salah satu masakan rumah yang kerap disajikan untuk anggota keluarga. 

Bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak. Cara memasaknya juga sangat mudah dan yang jelas lebih sehat, lho, Moms. Mau tahu resep tim ikan? Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

1 Ikan daging putih

4 siung Bawang putih

1 ruas Jahe

4 buah Cabai merah

Daun ketumbar

Daun bawang

Jeruk nipis

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning yang Cocok Dimakan Bersama Nasi

Bahan saus:

Soy sauce

Hoisin/oyster sauce

merica

garam

gula

minyak wijen

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan. Sayat bagian perut. Lumuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan.
  2. Potong tipis bawang putih, jahe, cabai merah, daun ketumbar, dan daun bawang.
  3. Susun bawang ptuih, jahe, dan cabai merah di atas piring tahan panas.
  4. Taruh ikan di atas potongan bumbu yang sudah ditata dalam piring.
  5. Tambahkan soy sauce. Taburi dengan potongan daun ketumbar dan daun bawang. Kukus selama 10 menit.
  6. Sambil mengukus, siapkan saus. Masak soy sauce bersama hoisin/oyster sauce, merica, garam, gula, minyak wijen, dan air.
  7. Setelah 10 menit, buka kukusan ikan. Siram dengan saus. Kukus kembali selama 10 menit.
  8. Tim ikan siap dihidangkan.

Mudah bukan Moms? Jangan lupa sajikan dengan nasi hangat, ya. Selamat mencoba!

Sumber: kokiku.tv

(AND)

Artikel Terkait