PROGRAM HAMIL
18 Juni 2019

Waspada! Lemak Trans Dapat Meningkatkan Risiko Infertilitas Pada Perempuan

Moms, segera hindari jenis makanan yang mengandung lemak trans!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Trans fat atau lemak trans adalah zat yang terbentuk saat cairan minyak berubah menjadi lemak padat. Lemak trans yang terdapat dalam makanan bisa bersifat alami maupun buatan.

Mengonsumsi banyak lemak trans dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol buruk di tubuh dan menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik. Dikutip dari situs WebMD, salah satu dampak yang dikhawatirkan dari konsumsi lemak trans adalah munculnya penyakit jantung.

Lemak trans buatan umumnya terdapat pada makanan yang digoreng dan makanan kemasan. Produsen makanan menggunakan lemak trans untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan memperpanjang usia makanan kemasan.

Sejumlah penelitian terbaru menemukan konsumsi lemak trans ternyata juga berdampak negatif terhadap kesuburan perempuan.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Menjalani Program Hamil

Dampak Lemak Trans Pada Kesuburan Perempuan

Lemak Trans Pada Kesuburan Perempuan

Dikutip dari situs web Reuters, tingginya konsumsi lemak trans sebabkan infertilitas. Makin banyak Moms mengonsumsi lemak trans, makin besar kemungkinan Moms mengalami infertilitas. Temuan tersebut disampaikan oleh Dr. Jorge E. Chavarro dari Harvard School of Public Health di Boston.

Chavarro bersama timnya melakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana konsumsi lemak trans sebabkan infertilitas.

Para peneliti menganalisis data dari 18.555 perempuan sehat yang berpartisipasi dalam Nurses’ Health Study. Seluruh perempuan tersebut berstatus menikah dan saat mengikuti studi tersebut sedang berusaha untuk hamil (antara 1991 dan 1999).

Dari studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa untuk setiap 2 persen kenaikan kalori yang didapat seorang perempuan dari lemak trans alih-alih dari karbohidrat, risikonya terhadap infertilitas meningkat hingga 73 persen.

Dan, untuk setiap 2 persen kalori yang berasal dari lemak trans alih-alih dari lemak tak jenuh tunggal, risiko atas infertilitas meningkat hingga lebih dari dua kali lipat.

Lemak Trans Pada Kesuburan Perempuan

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

Chavarro menjelaskan, bila seorang perempuan mengonsumsi 1.800 kalori per hari, 2 persen asupan energi dari lemak trans jumlahnya sekitar 4 gram.

“Mengonsumsi lemak trans sebanyak 4 gram sehari tidak terlalu terasa. Dalam studi yang kami lakukan, kami meneliti pengaruh lemak trans dalam jumlah sedikit yang ternyata mempunyai dampak signifikan terhadap infertilitas.”

Temuan Chavarro dan timnya telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Temuan tersebut memastikan bahwa lemak trans dapat mengganggu aktivitas reseptor sel yang terlibat dalam peradangan, metabolisme glukosa, dan sensitivitas insulin.

Obat yang mengaktifkan reseptor telah terbukti meningkatkan kesuburan pada perempuan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS).

Baca Juga: Begini 7 Cara Alami Cepat Hamil Jika Menderita PCOS

Lemak Trans Pada Kesuburan Perempuan

Di beberapa negara maju, produsen makanan telah dilarang menggunakan lemak trans sebagai salah satu bahan bakunya.

Moms dapat mengetahui suatu produk makanan kemasan mengandung lemak trans atau tidak dengan mengecek daftar nutrisi pada label kemasannya. Selain tertulis “lemak trans”, terkadang kandungan lemak trans juga dicantumkan dengan nama lain, yaitu “partially hydrogenated oils”.

Pada dasarnya lemak trans memang tidak menyehatkan. “Orang-orang yang tidak sedang berusaha untuk hamil pun sebaiknya menghindari mengonsumsi lemak trans,” anjur Chavarro.

(AN)

Artikel Terkait