3-12 BULAN
20 Juni 2020

4 Sumber Lemak Terbaik untuk MPASI Bayi

Untuk tumbuh kembang Si Kecil yang lebih optimal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Di usia 6 bulan ke atas, kebutuhan nutrisi Si Kecil tidak hanya bersumber dari ASI. Karena itu anak membutuhkan menu MPASI sebagai makanan pelengkap untuk tumbuh kembangnya.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya adalah lemak, terutama asam lemak omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

Berikut ini beberapa rekomendasi lemak untuk MPASI Si Kecil yang bisa menjadi pilihan.

Lemak untuk MPASI Bayi

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, bayi usia 0-6 bulan membutuhkan setidaknya 40–58.5 persen dari total energi, sedangkan bayi 6-12 bulan butuh setidaknya 32–58.5 persen dari total energi.

Ahli diet Erin Coleman, R.D., L.D., menulis rekomendasi sumber lemak untuk MPASI bayi yang sehat dalam situs Healthy Eating SF Gate. Berikut daftarnya.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Kaya Nutrisi untuk Si Kecil

1. Avokad

sumber lemak MPASI bayi-alpukat

Pada usia sekitar enam bulan, Moms dapat memberikan Si Kecil sedikit porsi avokad sebagai lemak untuk MPASI.

Avokad mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, sehingga mengonsumsinya baik untuk memasuki masa kanak-kanak dan dewasa.

Menurut U.S. Department of Agriculture Nutrient Data Laboratory, setengah dari avokad mengandung sekitar 15 gram lemak makanan.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Alpukat

2. Keju dan Yoghurt

sumber lemak MPASI bayi-yogurt

Yoghurt keju dan susu murni adalah makanan tinggi lemak yang sangat baik untuk MPASI bayi yang berusia lebih dari enam bulan. Coba berikan keju dalam potongan kecil atau keju parut pada menu MPASI, tetapi hindari varian keju lembut dan tidak dipasteurisasi.

Menurut USDA (United States Department of Agriculture), satu lapis keju cheddar (21 gram) memberikan asupan lemak sekitar 7 gram.

Selain keju, Moms bisa menyajikan yogurt yang dibuat dari susu murni. Hindari varietas yoghurt dengan klaim rendah lemak untuk Si Kecil.

Baca Juga: Resep MPASI yang Bagus untuk Vitamin Mata

3. Hummus

sumber lemak MPASI bayi-hummus

Hummus adalah saus celup yang terbuat dari buncis yang dimasak, dihaluskan atau kacang jenis lainnya, dicampur dengan tahini, minyak zaitun, jus lemon, garam, dan bawang putih.

Komposisi ini membuat hummus menjadi sumber lemak sehat untuk MPASI bayi. Apalagi dengan teksturnya yang lembut untuk memudahkan bayi memakannya.

Hummus biasanya mengandung sekitar 5 gram lemak di setiap porsinya (2 sendok makan).

4. Olive Oil

sumber lemak MPASI bayi-olive oil

Menurut laman International Foundation for Mother & Children (IFMC), minyak zaitun dapat menjadi sumber nutrisi dan lemak sehat bagi MPASI bayi.

Ini karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kinerja pankreas serta jantung.

Tetapi, minyak zaitun baru boleh dipmasukkan dalam menu MPASI pada bayi lebih dari usia 6 bulan, dengan takaran tidak boleh lebih dari 1/4 sendok teh untuk setiap 2 ons MPASI.

Nah, itu dia Moms rekomendasi sumber lemak untuk MPASI bayi agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Artikel Terkait