KEHAMILAN
19 Desember 2019

Licorice Dalam Teh Dapat Menurunkan Kesuburan

Waspadai permen dan teh dapat menurunkan kesuburan jika mengandung licorice
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Permen hingga teh dapat menurunkan kesuburan jika makanan dan minuman tersebut mengandung licorice.

Selain memberi rasa manis alami, licorice sebenarnya dipercaya dapat memberi manfaat pada beberapa masalah kesehatan.

Namun dalam sebuah penelitian terungkap bahwa licorice juga dapat menurunkan kesuburan.

1. Mengenal Licorice

teh dapat menurunkan kesuburan

Foto: pixabay.com

Licorice merupakan tanaman asli dari Eropa dan Asia. Seringkali disebut juga dengan akar manis, karena akarnya mengandung senyawa yang 50 kali lebih manis dari gula.

Licorice lebih banyak ditemui sebagai kandungan permen, obat-obatan herbal, rokok, hingga teh dapat menurunkan kesuburan. Licorice yang mengandung senyawa isoliquiritigenin (atau yang biasa disingkat iso), juga seringkali dipasarkan sebagai obat untuk mengurangi hot flashes (tubuh mendadak terasa panas) atau gejala menopause lainnya.

Dalam beberapa penelitian juga ditemukan bahwa senyawa dalam licorice dapat membantu mengobati batuk pilek, meringankan gangguan pencernaan, hingga mengurangi beberapa risiko kanker (payudara, prostat dan usus).

Baca Juga: 4 Tips Menyimpan Teh Yang Tepat

2. Licorice Menurunkan Kesuburan

teh dapat menurunkan kesuburan

Foto: arcfertility.com

Dalam sebuah penelitian, licorice yang ditemui pada permen hingga teh dapat menurunkan kesuburan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Toxicology ini dilakukan pada tikus betina.

Para peneliti memberikan berbagai konsentrasi iso pada bagian folikel antral yang terletak di ovarium, selama 48-96 jam. Folikel antral juga memengaruhi gen yang terlibat dalam produksi estrogen dan hormon lainnya.

Hasilnya, ketika folikel antral terkena iso tinggi, para peneliti melihat adanya 50% penurunan gen aromatase (enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen).

Jodi Flaws dari University of Illinois dan juga ketua penelitian ini menyebutkan bahwa saat tingkat hormon mengalami penurunan, maka tubuh akan mulai mengalami masalah reproduksi.

Baca Juga: Sering Minum Teh Dalam Kemasan, Hati-Hati Dengan Hal Ini

Selain itu, estrogen sendiri sebenarnya juga penting untuk kesehatan otak, tulang, hingga sistem kardiovaskular. Maka bukan tidak mungkin jika efek licorice dapat memengaruhi masalah kesehatan tersebut.

“Saya bisa katakan, 50% penurunan aromatase pada manusia dapat menjadi masalah serius bagi kesuburan dan hal lainnya,” ungkap Jodi, seperti dikutip dari medicalnewstoday.com.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan mengenai efek licorice pada masalah kesehatan lainnya. Karena dalam penelitian ini lebih menekankan efek licorice pada kesuburan.

3. Batas Aman Licorice

teh dapat menurunkan kesuburan

Foto: organicfacts.net

Selain menemukan kandungan licorice pada permen hingga teh dapat menurunkan kesuburan, para ahli juga menemukan masalah kesehatan lainnya. “Licorice bisa sangat berbahaya.

Senyawa alami yang memberi rasa manis untuk membuat licorice dapat memengaruhi fungsi ginjal,” ungkap Michael Greger M.D. FACLM, seperti dikutip dari nutritionfacts.org.

Di sisi lain, beberapa penelitian memang menemukan bahwa senyawa yang sama cukup efektif membunuh sel kanker prostat pada manusia.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Melati Bagi Kesehatan

Tidak dipungkiri, batas aman konsumsi licorice sangatlah lebar. Namun Michael menyarankan untuk membatasi konsumsi licorice hanya enam gram per hari.

Bagi Moms yang sering mengonsumsi licorice dalam bentuk permen atau teh dapat menurunkan kesuburan, perlu kembali melihat batasan konsumsinya setiap hari. Sehingga konsumsi licorice tidak mengganggu kesuburan dan peluang kehamilan Moms tetap baik.

GS

Artikel Terkait