NEWBORN
14 Mei 2020

Lidah Bayi Putih, Apakah Berbahaya?

Coba perhatikan lidah Si Kecil, apakah berwarna putih?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Ingin menjadi orang tua yang terbaik untuk Si Kecil, Moms tentunya selalu memperhatikan segala sesuatu untuk bayi.

Selain memperhatikan asupan dan kebutuhan tumbuh kembangnya, Moms juga selalu memeriksa setiap inci tubuh Si Kecil untuk melihat jika ada tanda-tanda yang tidak biasa.

Dan kemudian Moms menyadari satu hal. Alih-alih terlihat merah muda sempurna, lidah buah hati malah terlihat seperti memiliki lapisan putih di atasnya. Mengapa bisa begitu?

Penyebab Lidah Bayi Putih

Jangan dulu khawatir Moms. Banyak hal yang menjadi alasan lidah bayi putih. Lapisan ini bisa muncul entah dari mana.

Tapi biasanya disebabkan oleh pertumbuhan berlebih pada gigi atau gusi, atau oleh sesuatu yang sederhana seperti residu susu.

1. Sariawan

lidah bayi putih

Foto: istockphoto.com

Sariawan adalah infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Candida, sejenis jamur yang juga menyebabkan infeksi pada vagina dan ruam popok.

Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan dalam kasus kandidiasis mulut, infeksi terjadi pada bagian mulut yang terlibat dalam aktivitas menghisap. Ini termasuk bibir, lidah, dan pipi bayi.

Sariawan dapat juga dapat menyebar ke objek mengisap bayi melalui puting payudara. Jadi sebaiknya, Moms memperhatikan kebersihan puting payudara agar sariawan pada lidah bayi tidak terus menyebar.

Dr. Mary Varughese, seorang konsultan di Divisi Rumah Sakit Umum Ambulatory Pediatrik dan Pengobatan Remaja Rumah Sakit National University, mencatat bahwa tidak seperti residu, sariawan tidak begitu mudah dibersihkan.

“Ketika Anda melakukannya, permukaan lidah bayi mungkin tampak merah dan kadang-kadang bahkan berdarah,” ujarnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar?

2. Residu Susu

lidah bayi putih

Foto: madeformums.com

Biasanya jika Moms melihat lidah bayi putih, Moms akan menganggapnya sariawan dan segera menghubungi dokter.

Tidak perlu terburu-buru Moms, bisa jadi lidah putih bayi hanya karena residu susu.

Membedakan antara keduanya biasanya sulit, karena memiliki penampakan yang mirip.

Salah satu cara termudah untuk mengetahui perbedaannya adalah dengan mencoba menyeka residu putih tersebut dengan kain hangat yang lembap. Jika residu terlepas atau menipis, berarti bukan sariawan.

Perlu diingat bahwa residu susu lebih terlihat setelah menyusui dan hanya muncul di lidah. Penyebab sederhananya adalah kurangnya air liur.

Mencegah Lidah Bayi Putih

lidah bayi putih

Foto: healthline.com

Menyeka atau menyikat lidah bayi dengan lembut setelah menyusui dapat membantu mencegah lidah putih yang disebabkan oleh residu susu.

Selain itu, sterilkan semua peralatan menyusui seperti botol dan pompa payudara. Moms juga bisa mensterilkan dot dan mainan apa pun yang dimasukkan bayi ke dalam mulut mereka.

Cegah infeksi berulang dengan sering mengganti breast pad dan cuci bra menyusui dengan air panas.

“Jika ibu menyusui mengalami sakit pada puting, terasa terbakar, gatal dan putingnya merah, pecah, dan bersisik, itu akan memerlukan perawatan. Kebersihan tangan yang baik sangat penting selama periode ini untuk mencegah penyebaran,” tambah Dr. Mary.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Tumbuh Gigi Pada Bayi, Moms Sudah Tahu?

Kapan Harus Menemui Dokter?

lidah bayi putih

Foto: standardmedia.co.ke

Meski sariawan sering terjadi pada bayi, bukan berarti Moms harus menyepelekannya.

Sariawan yang tidak diobati dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada Si Kecil. Akhirnya, bayi akan menjadi lebih rewel dari biasanya.

Jika bayi menderita sariawan, temui dokter jika puting atau payudara Moms juga ikut terasa sakit. Bagi sebagian besar ibu dan bayi yang sehat, komplikasi sariawan jarang terjadi.

Hal ini penting diantisipasi agar tidak terjadi penyebaran infeksi, atau lebih dikenal dengan sebutan oral thrush. Oral thrush dapat terjadi pada buah hati dan salah satu gejalanya adalah lidah yang putih.

Dilansir dari Seattle Children’s Hospital, oral thrush merupakan infeksi jamur di mulut bayi. Bedanya dengan lidah putih biasa adalah oral thrush tidak bisa dibersihkan begitu saja, serta menyebabkan nyeri pada mulut, sehingga membuat Si Kecil tidak mau menyusui. Segera hubungi dokter bila hal ini terjadi ya, Moms.

Baca Juga: 5 Penyebab Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap

Menjaga kebersihan memang menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah lidah bayi putih, Moms.

Tetap pantau perkembangan lidah bayi, dan segera temui dokter jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait