NEWBORN
25 Februari 2019

Lidah Bayi Putih, Pertanda Sakit?

Jika warna lidah bayi tampak tidak normal.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Melihat lidah bayi putih atau seperti ditempeli oleh lapisan berwarna putih mungkin membuat Moms merasa khawatir.

Tetapi, lidah putih pada bayi tidak selalu berarti kondisi yang berbahaya. Ada beberapa alasan mengapa lidah si kecil berwarna putih, termasuk sariawan dan milk tongue.

Yuk, simak kondisi-kondisi yang sangat mungkin menyebabkan lidah bayi berwarna putih dalam pembahasan yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Bekas atau Sisa Susu (Milk Tongue)

lidah bayi 1

Foto: bundoo.com

Bagi bayi di bawah 6 bulan, lidah putih bisa jadi disebabkan oleh adanya tumpukan bekas atau sisa susu.

Bayi ASI biasanya jarang mengalami hal ini, apalagi jika Moms rutin membersihkan lidah si kecil.

Tetapi, lapisan putih pada lidah bisa sangat mungkin tampak cukup tebal pada bayi yang diberi susu formula.

Lapisan putih bekas susu menumpuk di lidah bayi karena mereka belum mampu menghasilkan air liur yang cukup selama dua hingga tiga bulan pertama setelah lahir.

Baca Juga: 7 Fakta Dibalik Kebiasaan Bayi Memasukkan Tangan ke Mulut

Setelahnya lidah bayi sudah mampu menghasilkan banyak air liur yang akan membersihkan lidah dari sisa susu. Pada beberapa bayi, kondisi ini dapat disebabkan karena tongue tie.

Menurut Department of Health and Social Care Amerika Serikat, Ini merupakan kondisi normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Jika tumpukan susu tampak terlalu tebal di lidah bayi, bersihkan lidah si kecil menggunakan cara yang tepat.

Sariawan

lidahbayi putih 2

Foto: mamanatural.com

Lidah yang tampak putih pada bayi juga dapat disebabkan oleh sariawan.

Sariawan pada bayi adalah infeksi di lidah dan mulut yang biasanya tidak berbahaya serta mudah diobati.

Berbeda dengan milk tongue yang tampak meluas di permukaan lidah, sariawan tampak seperti bintik-bintik putih atau terkadang tampak seperti dadih susu di sekitar mulut bayi.

Selain mulut, biasanya sariawan juga muncul di dalam pipi, langit-langit, gusi, dan lidah bayi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Pada Anak

Sariawan paling sering terjadi pada bayi berusia 10 minggu atau lebih muda, tetapi dapat muncul juga pada bayi yang usianya lebih tua.

Sariawan pada bayi dapat disebabkan oleh jamur ragi yang disebut Candida albicans.

Bayi mengalami peningkatan risiko kandidadis mulut karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang dan kurang mampu untuk menahan infeksi.

Baca Juga: Mengenal Tongue and Lip Tie, Penyebab Kesulitan Menyusu Pada Bayi

Sariawan dapat mempengaruhi bayi jika belum lama ditangani dengan antibiotik. Antibiotik mengurangi tingkat bakteri sehat di dalam mulut bayi yang dapat memungkinkan jumlah jamur mengalami peningkatan.

Dr. Mary Varughese, seorang konsultan di Divisi Pediatri Umum dan Pengobatan Remaja di Universitas Rumah Sakit Nasional, mencatat bahwa tidak seperti milk tongue yang umum terjadi setelah bayi menyusu dan sangat mudah dibersihkan.

Ketika Moms membersihkan lapisan putih di lidah bayi yang ternyata sariawan, maka mungkin akan tampak merah, kasar dan kadang-kadang berdarah.

Itulah Moms kemungkinan penyebab lidah bayi berwarna putih. Segera hubungi dokter jika Moms mendapati si kecil mengalami sariawan. Bersihkan lidah si kecil jika lapisan putih di lidahnya merupakan tumpukan sisa ASI atau susu formula.

(RGW)

Artikel Terkait