KESEHATAN
3 Desember 2019

Likopen Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria. Apakah Benar?

Nutrisi yang banyak terkandung dalam buah tomat ini perlu dimasukkan dalam menu harian guna tingkatkan kesuburan pria maupun wanita
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Likopen merupakan salah satu antioksidan paling kuat sekaligus karotenoid alami. Karotenoid sendiri merupakan antioksidan yang memberikan warna merah, kuning, hingga orange pada buah dan sayuran.

Sebagai antioksidan, salah satu manfaat utama karotenoid adalah melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Termasuk salah satunya adalah dapat meningkatkan kesuburan pria serta wanita.

1. Kesuburan Pria

1 Kesuburan Pria.jpg

Foto: verywellfit.com

Dalam kaitannya dengan meningkatkan kesuburan pria, beberapa penelitian telah menemukan efek menguntungkan dari likopen, yaitu untuk memaksimalkan kesuburan pria.

“Pada bagian ini, kami dapat menyimpulkan bahwa pria yang memiliki sperma berkualitas buruk, dapat memperoleh manfaat dari diet kaya likopen dan harus mempertimbangkan diet seimbang sebagai bagian dari strategi untuk bereproduksi, terutama memasukkan tomat dalam menu makan,” ungkap Dr Narmada Gupta, Kepala Departemen Urologi di All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, India, seperti dikutip dari fit-for-fertility.com.

Baca Juga: Makan Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli!

Tomat memang merupakan salah satu sumber likopen terbesar dalam deretan jenis buah-buahan lainnya. Cara kerja likopen adalah dengan melindungi sperma yang sedang berkembang dari paparan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa antioksidan dapat meningkatkan jumlah, morfologi, motilitas, dan konsentrasi sperma.

2. Kesuburan Wanita

2 Kesuburan Wanita.jpg

Foto: doctoroz.com

Tidak hanya meningkatkan kesuburan pria, likopen juga memberikan pengaruh baik pada kesuburan wanita, karena dapat mengurangi aktivitas sel abnormal penyebab endometriosis.

“Hasil penelitian laboratorium kami menemukan bahwa likopen dapat mengatasi perlengketan yang menjadi penyebab endometriosis. Salah satu komplikasi utama dari endometriosis adalah peradangan yang dapat semakin menginduksi perlengketan,” ungkap Dr. Tarek Dbouk dari Wayne State University, Detroit, Michigan, seperti dikutip dari ivfbabble.com.

Untuk mendapatkan manfaat bagi endometriosis ini, sangat mungkin mendapatkan jumlah likopen hanya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari saja.

Baca Juga: Berikut Cara Menanam Tomat yang Mudah Dilakukan di Rumah

3. Memaksimalkan Kandungan Likopen

3 Memaksimalkan Kandungan Likopen.jpg

Foto: hipnewjersey.com

Tomat merupakan salah satu sumber makanan paling kaya akan likopen. Selanjutnya ada buah aprikot, jambu biji, semangka, dan pepaya yang dapat menjadi pilihan sumber likopen yang berguna untuk meningkatkan kesuburan pria.

Dikutip dari mensjournal.com, sebuah studi menyebutkan bahwa tingkat likopen dalam darah terbukti lebih tinggi saat seseorang mengonsumsi tomat yang dimasak, dibanding orang yang makan tomat mentah atau minum jus tomat.

“Untungnya saat bicara tentang likopen dan tomat, para ahli menyarankan cara yang lebih lezat. Yaitu dengan mengolahnya bersama sejumlah kecil minyak atau lemak, karena cara ini akan meningkatkan jumlah likopen yang diserap oleh usus,” ungkap penulis The Portion Teller dan Asisten Profesor Gizi di New York University, Lisa R. Young, Ph.D., R.D., seperti dikutip dari mensjournal.com.

Untuk itu, disarankan jika tomat diolah menjadi saus tomat dalam pasta atau pizza.

Baca Juga: Apakah Tomat Memiliki Manfaat untuk Ibu Hamil?

Pada dasarnya, likopen bukanlah nutrisi yang paling penting untuk manusia, sehingga penambahan suplemen tidak terlalu dibutuhkan. Cukup mengonsumsi makanan diet seimbang dan menambahkan tomat atau sumber likopen lainnya dalam menu sehari-hari.

Namun, jika tetap ingin menambahkan asupan suplemen, dosis umum yang bisa dikonsumsi berkisar dari dua hingga 30 miligram selama enam bulan. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter sebelum mengonsumsi suplemen likopen tambahan ya untuk meningkatkan kesuburan pria.

Artikel Terkait