KEHAMILAN
28 Mei 2020

5 Fakta Linea Nigra, Garis Hitam Memanjang pada Perut Ibu Hamil

Linea nigra akan hilang secara alami setelah melahirkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perubahan yang terjadi pada perut ketika hamil tidak hanya ukurannya yang semakin besar. Jika Moms perhatikan, ada garis hitam yang membentang secara vertikal, garis hitam tersebut dinamakan linea nigra. Sebanyak 75 persen ibu hamil akan memiliki linea nigra.

American Pregnancy Association menyebutkan linea nigra biasanya berukuran sekitar ¼ hingga ½ inci dan membentang secara vertikal ke bawah perut, dari pubis ke umbilicus.

Fakta Linea Nigra

Garis kehamilan tersebut akan terlihat lebih gelap seiring dengan kehamilan yang semakin membesar. Meskipun bisa terlihat lebih awal, garis kehamilan ini biasanya muncul sekitar bulan ke-5 kehamilan. Yuk Moms, kenali fakta-fakta mengenai linea nigra.

Baca Juga: Adakah Bahayanya Jika Perut Kencang di Akhir Kehamilan?

1. Penyebab Linea Nigra

Fakta Mengenai Linea Nigra yang Perlu Moms Ketahui - 1.jpg

Foto: goodtoknow.co.uk

Linea nigra merupakan bagian alami dari kehamilan. Penyebab linea nigra adalah perubahan atau ketidakseimbangan hormon selama kehamilan.

Hormon-hormon tersebut menyebabkan tubuh memproduksi melanin dalam jumlah yang lebih besar (suatu senyawa yang bertanggung jawab untuk memberikan pigmen kulit) dan pigmentasi ekstra ini muncul sebagai garis kehamilan gelap pada perut.

2. Terlihat pada Trisemester Kedua Kehamilan

Fakta Mengenai Linea Nigra yang Perlu Moms Ketahui - 2.jpeg

Foto: blog.pregistry.com

Menurut dokter kandungan Michelle Tollefson, M.D., asisten profesor di departemen profesi kesehatan, program terapi integratif di Metropolitan State College of Denver, linea nigra sering muncul pada trimester kedua dan semakin terlihat jelas selama kehamilan.

”Garis ini biasanya dimulai pada tulang kemaluan dan berlanjut hingga ke pusar, meskipun dalam beberapa kasus dapat memanjang hingga tepat di bawah payudara,” ungkapnya.

3. Linea Nigra Tidak Berbahaya

Fakta Mengenai Linea Nigra yang Perlu Moms Ketahui - 3.jpg

Foto: momtricks.com

Linea nigra tidak membahayakan ibu dan janin yang sedang tumbuh di dalam perut. Linea Nigra dianggap "kosmetik", satu-satunya masalah negatif memiliki linea nigra pada beberapa wanita adalah menganggap garis tersebut tidak sedap dipandang.

Linea Nigra terbatas pada sel-sel kulit eksternal dan tidak menyebabkan perubahan warna pada rahim atau bayi. "Linea nigra dianggap ‘kosmetik’ dan tidak ada yang mengkhawatirkan," kata Dr. Tollefson.

Baca Juga: Begini Bentuk Perut Ibu yang Hamil Kembar Tiga, Mengagumkan!

4. Linea Nigra Tidak Dapat Dicegah

Fakta Mengenai Linea Nigra yang Perlu Moms Ketahui - 4.jpg

Foto: michderm.com

Moms, linea nigra tidak dapat dicegah atau diminimalisir kemungkinan timbulnya garis kehamilan tersebut. Hal itu terjadi pada semua jenis warna kulit wanita. Baik Moms dengan kulit warna putih ataupun cenderung gelap dapat memiliki linea nigra.

5. Linea Nigra Hilang secara Alami

Fakta Mengenai Linea Nigra yang Perlu Moms Ketahui - 5.jpg

Foto: pregworld.org

Linea nigra biasanya akan hilang secara alami dalam beberapa bulan setelah melahirkan, sehingga banyak ahli menyarankan untuk tidak mengobatinya, terutama selama kehamilan dan menyusui. Penggunaan krim pemutih tidak dianjurkan. Sebab, dalam krim pemutih umumnya terdapat senyawa hydroquinone yang menghambat produksi melanin.

"Jauhi krim pemutih, karena sering mengandung hydroquinone, yang belum terbukti aman digunakan jika bagi ibu hamil atau menyusui," kata Vaneeta Sheth, M.D., seorang dokter asosiasi dan instruktur dermatologi di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Namun, jika Moms benar-benar ingin menghilangkan linea nigra, Dr. Sheth mengatakan, Moms dapat menggunakan krim pemutih setelah melahirkan jika tidak menyusui. Sedangkan untuk cara alami, bisa mencoba oleskan sedikit jus lemon.

"Beberapa wanita mengatakan asam membantu memudarnya hiperpigmentasi," kata Dr. Sheth.

Baca Juga: Alasan Penting Mengapa Calon Ayah Harus Rajin Mengusap Perut Ibu Hamil

Jadi, Moms tidak perlu khawatir terhadap garis hitam yang muncul di perut selama kehamilan. Linea nigra normal serta tidak berdampak apapun untuk ibu dan bayi. Semoga bermanfaat.

(SWN)

Artikel Terkait