TRIMESTER 2
12 Januari 2020

Khasiat Linoleic Acid untuk Atasi Jerawat saat Hamil

Dapat ditemukan di sunflower oil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perubahan hormon selama masa kehamilan bisa membuat produksi minyak di kulit meningkat, sehingga jerawat jadi lebih mudah muncul. Tenang saja, Moms, kondisi kulit berjerawat sangat umum dialami oleh ibu hamil, kok.

Namun, Moms tetap ingin mencari cara untuk mengatasinya bukan? Sayangnya, tidak semua skincare anti jerawat aman digunakan saat hamil.

Nah, salah satu bahan skincare yang bisa mengobati jerawat adalah linoleic acid. Asam lemak ini mampu mengatasi jerawat dan tetap aman digunakan oleh ibu hamil.

Baca Juga: Tea Tree Oil untuk Mengatasi Jerawat saat Hamil, Amankah?

Manfaat Linoleic Acid untuk Lapisan Kulit

manfaat linoleic acid.jpg

Foto: wikimedia.org

Linoleic acid adalah asam lemak yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan kulit dan secara efektif mampu menjaga kadar air di kulit.

“Asam lemak linoleic acid sangat signifikan bagi kesehatan kulit. Sebab asam lemak ini dapat membentuk ceramide yang memperbaiki struktur lapisan kulit,” ujar Dr. Alexandra Kendall, PhD, pada jurnal Biochimica et Biophysica Acta.

Dilansir dari Cosmetic Info, kandungan linoleic acid tertinggi terdapat pada minyak safflower, bunga matahari, rosehip, dan evening primrose.

Hal ini diperkuat dengan penelitian berjudul Essential Fatty Acids And Skin Health yang dilakukan oleh Oregon State University, bahwa setelah dua minggu pemakaian sunflower oil, lapisan kulit jadi lebih kuat dan mengurangi kulit yang kasar.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Obat Jerawat Saat Hamil?

Manfaat Linoleic Acid untuk Mengatasi Jerawat

manfaat linoleic acid 2.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Tubuh kita tidak bisa memproduksi linoleic acid secara alami, oleh sebab itu, kita perlu menggunakannya secara topikal atau dari asupan makanan.

Bila dipakai secara topikal, manfaat linoleic acid yang utama adalah mengurangi jerawat dan komedo.

Journal of the American Academy of Dermatology menyatakan bahwa orang yang menderita jerawat memiliki kadar linoleic acid yang rendah pada kulitnya. Mungkin hal ini menjadi salah satu penyebab jerawat yang dialami oleh ibu hamil.

Jadi, Moms bisa menggunakan skincare yang mengandung linoleic acid untuk membantu mengatasi jerawat membandel yang muncul ketika hamil.

Baca Juga: Salicylic Acid untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak ya?

Namun, tetap konsultasikan setiap produk skincare yang Moms pakai pada dokter kandungan ya.

Kita tentunya tidak ingin ada gangguan kesehatan pada Moms dan janin akibat gegabah dalam memakai produk kecantikan saat hamil.

Artikel Terkait