PROGRAM HAMIL
19 Februari 2019

Anak Putri Titian Diopname, Ini Tips Agar tetap Sehat Menemani Keluarga yang Sakit saat Hamil

Risiko ibu hamil seandainya tertular ataupun terpapar infeksi tentu dapat memengaruhi kehamilan dan atau janin secara langsung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita

Foto: Instagram.com/putrititian

Putra pertama pasangan Putri Titian dan Junior Liem, Theodore Iori Liem sedang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit. Bukan hanya sedih melihat sang anak jatuh sakit, Tian juga tentunya harus mengeluarkan banyak tenaga demi merawat sang anak dalam kondisi hamil.

Dengan kondisi hamil, kekebalan tubuh Tian tentu sedang menurun. Jika tidak hati-hati, Tian akan sangat mudah tertular penyakit mengingat di rumah sakit banyak sekali infeksi yang bertebaran.

Risiko Ibu Hamil Tertular Penyakit

videoblocks pregnant asian woman in rocking chair holding belly hg3v9gzzb thumbnail full06

Foto: Videoblocks.com

Tak hanya ibu hamil, secara umum orang yang tidak sedang hamil sekalipun memiliki kemungkinan untuk tertular penyakit infeksi yang diderita orang yang sedang sakit ataupun dari lingkungan yang telah terpapar banyak infeksi seperti di rumah sakit.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Brawijaya Hospital Depok dr John Arianto Sondakh, SpOG mengatakan bahwa paparan infeksi bisa memengaruhi kehamilan atau janin secara langsung.

Dia mencontohkan infeksi rubella yang diderita ibu hamil bisa meningkatkan risiko cacat bawaan hingga keguguran. Selain pengaruh secara langsung, infeksi juga bisa memengaruhi kehamilan dan janin secara tidak langsung.

"Misalnya infeksi demam berdarah. Infeksi ini meningkatkan risiko komplikasi pendarahan pada ibu hamil," jelas dr John kepada Orami, Selasa (19/2).

Menghindari Risiko Tertular Penyakit

pregnant woman

Foto: Rscbayarea.com

Melihat kemungkinan adanya risiko tersebut maka Moms tentu harus meningkatkan kewaspadaan saat menjaga orang yang sedang sakit. ada beberapa upaya pencegahan awal untuk menghindari tertularnya penyakit saat hamil. Apa saja? Berikut daftarnya!

  • Hindari paparan atau kontak langsung dengan penggunaan masker
  • Mencuci tangan dengan hand-rub atau handscrub
  • Menjaga pola makan teratur
  • Tetap mengupayakan istirahat yang cukup
  • Meminta bantuan dari orang terdekat untuk bergantian

Terkait dengan kapan ibu hamil boleh merawat orang sakit, dr John, tidak ada batasan khusus. Tetapi, pada awal trimester pertama saat memasuki tahap pembentukan organ dan juga trimester ketiga saat mendekati waktu persalinan risiko komplikasinya lebih besar jika Moms tertular infeksi.

Jadi, jika Moms diharuskan untuk tetap menjaga anggota keluarga terutama anak di rumah sakit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan serta dokter yang merawat pasien.

Baca Juga: 9 Sayuran Ini Punya Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil dan Optimalkan Kesehatan Janin

Ketika anak Moms sakit, tentulah akan banyak sekali dilema yang dirasakan. Seorang ibu tentu tak tega melihat anaknya sakit, namun di sisi lain ada kesehatan janin yang harus dijaga. Jika benar-benar harus menghadapi hal tersebut, maka sebaiknya Moms benar-benar lakukan upaya pencegahan agar tidak tertular.

Saat hamil, Moms juga sebaiknya hindari menggendong anak. Bukan hanya karena khawatir tertular infeksi, tapi juga karena menggendong anak bisa membuat perut serta punggung dapat tekanan berat dan keras. Kondisi ini sangat berbahaya untuk plasenta bayi.

(MDP)

 

 

Artikel Terkait