KEHAMILAN
3 Juli 2019

Luar Biasa, Ini Manfaat Mengelus Perut saat Hamil

Wah deretan manfaatnya baik untuk janin!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat hamil ada banyak hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah mengelus perut. Ibu yang sedang hamil tentu menjadikan sentuhan sebagai ungkapan kasih sayang.

Tapi, tahukah Moms ternyata ada banyak manfaat mengelus perut saat hamil? Kira-kira apa saja ya manfaat mengelus perut saat hamil? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Respons Baik dari Janin ketika Mengelus Perut saat Hamil

Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Jika Rutin Mengusap Perut Saat Hamil 01.jpg

foto: mnn.com

Pada 2015, para peneliti di Universitas Dundee di Skotlandia memeriksa 23 ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga saat mereka melakukan tiga kegiatan, yakni berbicara, membelai perut mereka, dan berbaring diam dengan tangan di samping.

Dengan menggunakan sonogram dan melacak pergerakan bayi di dalam rahim, para peneliti tidak hanya menemukan bahwa bayi bergerak paling banyak selama aktivitas menyentuh, tetapi juga bahwa mereka merespons sentuhan pada keadaan kehamilan yang jauh lebih awal daripada yang sebelumnya telah didokumentasikan.

Berdasarkan penelitian ini, studi baru memeriksa 28 ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga untuk melihat apakah bayi menanggapi sentuhan perut ibu mereka, dan apakah tanggapan mereka berbeda ketika disentuh oleh ibu mereka, ayah mereka dan orang asing acak. .

Hasilnya janin memberikan reaksi ketika disentuh! Maka, reaksi janin tersebut adalah manfaat mengelus perut saat hamil. Cara ini adalah stimulasi hebat dan cara mudah untuk membuat calon janin bergerak di dalam janin.

Baca Juga: Alasan Penting Mengapa Calon Ayah Harus Rajin Mengusap Perut Ibu Hamil

Meningkatkan Bonding dengan Janin dengan Mengelus Perut saat Hamil

Ternyata Ini Manfaat Luar Biasa Jika Rutin Mengusap Perut Saat Hamil 02.jpg

foto: She Knows

Studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, menguji berbagai pendekatan untuk menghubungkan dengan bayi yang belum lahir. Penelitian tersebut membentuk tiga kelompok ibu dalam trimester kedua dan ketiga kehamilan mereka dan menginstruksikan satu kelompok untuk membaca cerita anak-anak klasik kepada bayi mereka, satu untuk mengelus perut dan satu untuk tidak melakukan apa pun.

Sementara ibu hamil melakukan ini, para peneliti melacak pergerakan bayi di dalam rahim menggunakan sonogram. Dan yang mengejutkan, bayi-bayi dari para ibu yang mengelus perut mereka yang paling banyak bergerak pada lengan, kepala, dan mulut mereka selama penelitian.

Menurut para peneliti, janin dalam kandungan akan mengenal ibu dan ayahnya serta orang di sekitarnya sebelum lahir dengan sentuhan. Reaksi janin tersebut dianggap tanda bahwa janin memahami ada orang di luar sana yang memberikan perhatian.

Teruslah untuk mengelus perut saat hamil, Moms! Selain itu, semakin Moms dan pasangan berinteraksi dengan janin dalam kandungan, Moms dan pasangan akan semakin akrab dengan Si Kecil dalam kandungan.

Maka, cara sederhana ini adalah cara yang ampuh untuk menjalin ikatan dengannya, terutama selama bulan-bulan kehamilan yang panjang ketika Moms sangat ingin bertemu dengan Si Kecil.

Manfaat Dads Mengelus Perut saat Hamil

mengelus perut saat hamil.jpg

Foto: Pond5.com

Para ayah juga perlu ikut merasakan momen ini. Sebab, ada banyak manfaat pula jika para ayah ikut mengelus perut ibu hamil. Nicole Letourneau, seorang professor di Faculties of Nursing and Medicine University of Calgary mengatakan masih ada banyak hal baik bahkan tidak hanya pada saat masa tumbuh kembang bayi.

“Banyak studi yang menunjukkan ada hubungannya dengan kecerdasan emosi dan tumbuh kembang anak di masa depan,” tambahnya. Ikatan emosional yang kuat antara Si Kecil serta ayah dan ibu dapat menjadi stimulus yang tepat untuk perkembangan otak anak di kemudian hari.

Baca Juga: Begini Bentuk Perut Ibu yang Hamil Kembar Tiga, Mengagumkan!

Nah, apakah Moms termasuk orang yang rutin mengelus perut saat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait