KESEHATAN
13 Juni 2019

Luka Lecet Karena Bra Berkawat, Ini Cara Mengobatinya

Mengganti bra berkawat ke bra yang lebih nyaman
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya :

Dok saya mau tanya, kemarin hari Kamis tanggal 5 Juli 2018 saya ada acara kampus yaitu kunjungan industri ke pabrik selama hampir seharian dan baru sampai rumah sekitar jam 8 malam.

Ketika saya ingin membuka baju dan bra saya lihat ada luka kecil seperti lecet tepatnya ada di bawah puting kira-kira 5 cm tepatnya dari puting dan saya pikir cuma karena terlalu lama memakai bra dan posisinya disitu saya keringatan.

Tapi besok pagi nya luka itu ada nanahnya dan berdarah lalu saya bersihkan, setelah di bersihkan hari itu keesokan harinya seperti itu lagi itu kira-kira kenapa ya dok?

Atau branya terlalu sempit sehingga menyebabkan lecet, dan atau karena ada penyakit lain? Terima kasih sebelumnya dok.

Baca Juga: Kenapa Bekas Luka Terasa Gatal? Pertanda Luka Mau Sembuh?

Jawab :

Luka lecet adalah salah satu dari jenis luka terbuka yang dapat terjadi pada permukaan luar kulit. Pada umumnya, luka lecet terjadi di lapisan kulit terluar.

Luka lecet ini dapat terjadi apabila terjadi gesekan terus menerus pada bagian daerah yang terlibat, seperti pada pengguaan bra besi ini.

Walaupun luka lecet tidak separah luka sayat atau robek, yang dapat menyebabkan perdarahan hebat. Tetapi luka lecet yang dalam dapat meninggalkan bekas atau jaringan parut pada kulit.

Berikut tips yang dapat dilakukan di rumah:

1. Mengganti bra besi ke bra yang lebih nyaman

2. Bersihkan daerah sekitar luka dengan air mengalir

3. Oleskan obat luka

Biasanya luka lecet dapat sembuh sendiri, jika tidak ada faktor lainnya seperti adanya infeksi atau penyakit tertentu yang menyulitkan penyembuhan luka.

Bila luka timbul nanah, berbau, luka semakin membesar, dan tidak kunjung sembuh. Sebaiknya Saudari dapat berkonsultasi ke dokter terkait guna mengevaluasi keadaan luka.

Baca Juga: 7 Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Dijawab oleh : dr. Yohana Margarita

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait