SELEBRITI
2 September 2020

Luna Maya Alami Cedera Patah Tulang Metatarsal, Kondisi Apa Itu?

Kabar ini diketahui dari unggahan penyanyi Ari Lasso
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kabar tak menyenangkan datang dari artis Luna Maya. Dikabarkan, Luna Maya mengalami cedera patah tulang metatarsal.

Informasi tersebut diketahui setelah penyanyi Ari Lasso mengunggah foto dirinya bersama Luna Maya dengan menuliskan sebuah caption yang menjelaskan kondisi sang selebriti tersebut.

"GWS Kaka @lunamaya yang lagi cedera metatarsal fracture, dikarenakan kisah dan kejadian yang kurang keren...LOL. Speedy recovery biar bisa ngebut n ngakak lagi #arilasso #gwsLunaMaya" tulisnya.

Sementara itu, dalam Instagram Story-nya, Luna Maya membagikan momen saat sedang menjalani perawatan di sebuah klinik dan pergelangan kaki kanan Luna terlihat berbalut perban.

Diperkirakan penyebab patah tulang tersebut ialah hobi baru Luna Maya yang kini sedang menekuni bersepeda. Meski begitu, belum diketahui lebih lanjut penyebab patah tulang yang dideritanya.

Baca Juga: Patah Tulang Berobat ke Tempat Alternatif, Bolehkah?

Pengertian Patah Tulang Metatarsal

Cedera Patah Tulang Metatarsal yang dialami Luna Maya, Kondisi Apa Itu?

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Medline Plus, tulang metatarsal merupakan tulang panjang yang menghubungkan pergelangan kaki ke jari kaki. Pada kaki manusia, terdapat lima tulang metatarsal. Tulang ini berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh saat berdiri maupun berjalan.

Hantaman, pukulan, pergerakan yang berlebihan bisa menyebabkan cedera patah tulang metatarsal.

Dari kelima tulang metatarsal tersebut tulang ke-5 yang menjadi penghubung tulang luar ke jempol kaki merupakan bagian yang kerap retak atau terjadi patah tulang.

Baca Juga: Penanganan dan Perawatan Patah Tulang pada Balita

Kerap Terjadi pada Anak-anak

patah tulang metatarsal kerap terjadi pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun patah tulang metatarsal bisa dialami oleh siapapun, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Rammelt S, Heineck J, Zwipp H berjudul Metatarsal fractures. Injury 35 (Suppl 2) menjelaskan bahwa cedera patah tulang metatarsal ini paling sering terjadi pada anak-anak.

Tingkat patah tulang tertinggi biasanya terjadi di tulang metatarsal kelima, kemudian disusul tulang metatarsal ketiga dan pertama.

Anak usia di bawah 5 tahun cenderung mengalami patah tulang metatarsal pertama. Sedangkan anak usia lebih dari 5 tahun sering mengalami patah tulang metatarsal kelima

Baca Juga: Bukan Keseleo, Ini Tanda Balita Patah Tulang Setelah Jatuh

Penyebab Patah Tulang Metatarsal

Cedera Patah Tulang Metatarsal yang dialami Luna Maya, Kondisi Apa Itu?

Foto: Orami Photo Stock

Patah tulang metatarsal bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung dengan tingkat cedera yang berbeda-beda. Selain itu, patah tulang metatarsal juga disebabkan oleh beberapa faktor, berikut penjelasannya.

1. Hantaman Benda Keras

Sebagian patah tulang metatarsal disebabkan oleh adanya hantaman benda keras atau benda-benda lain yang menyebabkan tulang tertekan hingga mengakibatkan patah tulang.

2. Terkilir

Selain itu, penyebab paling umum kondisi ini ialah terjatuh saat berdiri atau putaran pergelangan kaki yang tidak sesuai sehingga menyebabkan longitudinal dan torsi merenggang kemudian terkilir terjadi patah tulang.

3. Cedera

Adanya cedera pada kaki sehingga berpengaruh pada avulsi tulang metatarsal ke-5 dan menyebabkan radang sendi.

4. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan juga berpengaruh pada tekanan yang diterima oleh jari kaki sehingga terkadang mengganggu kinerja tulang metatarsal. Biasanya hal ini terjadi akibat aktivitas berlebihan seperti melompat dan berputar.

5. Faktor Lainnya

Selain keempat faktor di atas, patah tulang metatarsal juga bisa disebabkan oleh stres, trauma pada pergelangan kaki, perubahan struktur kaki seperti tumit tidak menyentuh tanah.

Baca Juga: Penanganan dan Perawatan Patah Tulang pada Balita

Penanganan Patah Tulang Metatarsal

Cedera Patah Tulang Metatarsal yang dialami Luna Maya, Kondisi Apa Itu?

Foto: Orami Photo Stock

Perawatan patah tulang metatarsal tergantung kondisi kaki pasien dan tingkat kerusakan yang dialami.

Menurut penelitian berjudul Theoretical model and Rasch analysis to develop a revised Foot Function, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika Moms mengalami patah tulang metatarsal.

1. Istirahat

Terkadang istirahat menjadi satu-satunya cara yang diperlukan untuk mempercepat penyembuhan stres atau patah tulang traumatis di tulang metatarsal.

Selama istirahat, tidak disarankan melakukan aktivitas-aktivitas berat agar kondisi tulang tidak semakin memburuk.

2. Hindari Aktivitas Berlebihan

Karena tulang yang stres diakibatkan oleh tekanan berlebihan secara berulang, maka penting untuk menghindari kegiatan yang menyebabkan tulang tertekan. Menggunakan kruk atau kursi roda bisa jadi solusi terbaik saat mengalami kondisi tersebut.

3. Memakai Gips

Pemakaian gips bisa dilakukan untuk melindungi tulang yang retak saat masa penyembuhan karena patah tulang metatarsal.

4. Operasi

Beberapa kondisi patah tulang memerlukan pembedahan atau operasi. Terlebih jika patah tulang terjadi di bagian-bagian yang rawat.

5. Perawatan Lanjutan

Terapi fisik dan latihan serta rehabilitasi jadi cara ampuh yang bisa dilakukan agar kondisi kaki cepat pulih.

Itulah kabar terbaru dari Luna Maya dan pengertian dari patah tulang metatarsal yang sedang dideritanya. Semoga lekas sembuh Luna Maya!

Artikel Terkait