BALITA DAN ANAK
6 Juli 2020

6 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 4 Tahun

Sediakan mainan edukasi bermanfaat ini untuk Si Kecil yang berusia 4 tahun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setiap anak pasti hobi bermain ya, Moms. Untuk itu, sejak usia dini sebaiknya Si Kecil sudah mendapatkan mainan yang bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik dan tumbuh kembangnya.

Dilansir dari Tanoto Foundation, stimulasi pada anak usia dini adalah salah satu kegiatan yang dibutuhkan untuk merangsang kemampuan dasar yang dimiliki oleh anak.

Salah satu bentuk stimulasi yang bisa diberikan pada Si Kecil adalah dengan menggunakan alat permainan edukatif.

Moms bisa memanfaatkan mainan edukasi sebagai salah satu media untuk berinteraksi dengan Si Kecil, sekaligus membantunya membangun karakter yang baik di masa mendatang.

Pilihan Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak 4 Tahun

Memasuki usia 4 tahun, anak-anak akan menjadi lebih aktif dan mulai mencari sesuatu yang bisa menarik perhatiannya. Usia ini adalah waktu paling tepat bagi Moms untuk memberikannya berbagai bentuk mainan edukasi yang menarik.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, mainan edukasi yang baik adalah mainan yang membutuhkan imajinasi dan bisa dimainkan dengan berbagai cara yang berbeda.

Nah, di bawah ini adalah beberapa pilihan mainan edukasi yang bisa menjadi pilihan, Moms.

1. Masterkidz Counting Bars Game Board

mainan edukasi anak 4 tahun 1.jpg

Foto: Orami.co.id

Salah satu mainan edukasi anak 4 tahun yang pastinya akan menarik perhatian Si Kecil ialah papan permainan berhitung.

Saat memasuki usia 4 tahun, anak sedang mengalami perkembangan pola pikir dengan pesat.

Memberinya papan permainan berhitung bisa melatih kemampuannya dalam berpikir dan berhitung dengan cara yang menarik. Moms dapat membeli mainan ini di Orami, ya.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Lebih Baik Memberi Mainan Edukasi Berbentuk Fisik

2. Magna-Tiles Magnetic Building Tiles

mainan edukasi anak 4 tahun 2.jpg

Foto: Amazon.com

Mainan edukasi anak 4 tahun selanjutnya adalah permainan yang mengharuskan anak untuk bisa mengembangkan imajinasi dan kreasinya dalam membentuk suatu benda.

Dengan memberinya mainan ini, kemampuan motorik dan sensoriknya dapat berkembang pesat, lho. Anak juga bisa lebih mengeksplor bentuk apa saja yang dibuatnya sendiri dengan menggunakan mainan ini.

3. Guitar Kids Playing Guitar Educational Toy

mainan edukasi anak 4 tahun 3.jpeg

Foto: Walmart.com

Mainan edukasi yang bisa menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil berikutnya ialah mainan alat musik.

Apabila sejak dini seorang anak sudah dikenalkan dengan musik, dipercaya dapat memicu perkembangan pola pikir dengan lebih cepat.

Selain itu, musik juga merangsang otak kanan Si Kecil agar minat seninya meningkat.

Baca Juga: Seberapa Banyak Mainan yang Boleh Dimiliki Anak?

4. Snap Circuit Classics SC-300 Electronics Exploration Kit

mainan edukasi anak 4 tahun 4.jpeg

Foto: Walmart.com

Mengenalkan alat-alat elektronik sejak dini pada anak-anak dipercaya bisa menimbulkan minatnya terhadap alat elektronik di kemudian hari dan membuat ia berani untuk mencoba sesuatu yang baru dan unik.

Dengan mainan ini, Moms bisa turut memberikan edukasi tentang alat-alat kelistrikan di rumah dan membimbing Si Kecil agar lebih berhati-hati.

5. Flybar My First Foam Pogo Jumper

mainan edukasi anak 4 tahun 5.jpg

Foto: Amazon.com

Apabila Moms ingin Si Kecil menjadi lebih aktif, Moms bisa mencoba mainan seperti Flybar My First Foam Pogo Jumper ini. Mainan edukasi ini bisa dimainkan dengan cara melompat-lompat.

Meski terlihat sepele, tetapi sebenarnya mainan edukasi ini dapat merangsang sensor motorik anak untuk berkembang dengan baik dan cepat. Namun, pastikan Si Kecil bermain di tempat aman dan tidak berbahaya ya, Moms.

Baca Juga: Tips Memilih Mainan Anak yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiaknya

6. Giant Alphabet and Numbers Floor Puzzle

mainan edukasi anak 4 tahun 6.jpg

Foto: Alibaba.com

Mainan edukasi anak 4 tahun yang terakhir dan bisa Moms coba adalah sebuah permainan puzzle. Dengan permainan puzzle, anak-anak dapat terlatih daya ingat dan kemampuan kognitifnya untuk mengenal suatu benda.

Puzzle pun melatih Si Kecil untuk menghafal bentuk, serta meningkatkan kemampuan anak untuk bisa tenang dan menilai situasi.

Itulah beberapa mainrekomendasi mainan edukasi anak 4 tahun yang bisa Moms coba berikan pada Si Kecil. Mainan edukasi dipercaya dapat mempercepat perkembangan pola pikir anak-anak.

Untuk itu, tak ada salahnya sediakan beberapa mainan di atas untuk Si Kecil, Moms.

Artikel Terkait