BALITA DAN ANAK
9 Juli 2020

5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 6 Tahun

Berikan mainan edukasi di bawah ini untuk Si Kecil yang berusia 6 tahun agar wawasannya semakin luas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seorang anak akan terus mengalami perkembangan hingga usianya beranjak dewasa. Mereka akan terus memperhatikan sekaligus belajar dari seluruh aktivitas yang dilakukannya sehari-hari.

Nah, agar Si Kecil bisa terus tumbuh dan berkembang dengan baik, sebaiknya berikan ragam mainan edukasi sejak Si Kecil berusia dini ya, Moms.

Dilansir dari NAEYC, mainan edukasi bisa memberikan efek yang positif pada anak. Fakta menyebutkan bahwa dalam kesehariannya, lebih dari 90 persen anak di bawah usia 6 tahun tidak bisa lepas dari mainan.

Oleh karena itu, hal ini bisa jadi kesempatan yang tepat bagi Moms untuk mulai mengganti mainannya dengan ragam mainan edukasi yang bisa lebih mendidik dan bermanfaat bagi perkembangannya.

Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun

Dilansir dari American Psychological Association, ketika Si Kecil sudah memasuki usia 6 tahun, pada saat itulah perkembangan kognitif dan sosialnya sedang mengalami pertumbuhan yang pesat.

Seorang anak akan mampu berkonsentrasi lebih lama dan mempunyai kemampuan pemecahan masalah lebih cepat. Selain itu, Si Kecil pun sudah lebih mengerti tentang hukum moral dan cara untuk berperilaku dengan baik.

Agar perkembangannya bisa terus berlangsung optimal, Moms bisa memberikan mainan edukasi yang tepat untuk Si Kecil. Berikut rekomendasi mainan edukasi terbaik yang cocok untuk anak usia 6 tahun.

1. Redbox Electronic Mixer Playset

mainan edukasi anak 6 tahun 1.jpg

Foto: Orami.co.id

Mainan edukasi anak 6 tahun pertama yang bisa Moms berikan pada Si Kecil adalah mainan peralatan masak. Mainan ini dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba aktivitas baru, yaitu masak-masakan.

Moms juga bisa mengedukasi Si Kecil tentang berbagai fungsi dari masing-masing peralatan masak. Hal ini berguna untuk menimbulkan minat memasak pada anak dan melatih kemampuan memorinya untuk menghafal. Moms dapat membeli mainan ini di Orami, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak

2. Winfun Baby Basketball Play Center

mainan edukasi anak 6 tahun 2.jpg

Foto: Orami.co.id

Mainan edukasi anak 6 tahun berikutnya adalah sebuah ring basket berukuran kecil. Permainan ini bisa memicu minat Si Kecil untuk aktif dan menggerakan seluruh tubuhnya. Sebab, pada usia 6 tahun seorang anak sedang mengalami perkembangan tinggi badan yang sangat pesat.

Nah, salah satu cara terbaik untuk memicu pertumbuhan tinggi badan ialah dengan secara rutin mengajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas fisik dan tidak hanya berdiam diri di dalam kamar saja. Moms dapat membeli mainan ini di Orami.

3. Moody Goat Terrarium Kit

mainan edukasi anak 6 tahun 3.jpeg

Foto: Walmart.com

Mengajak Si Kecil untuk mempelajari tentang alam sejak dini adalah salah satu bentuk edukasi yang baik, lho, Moms. Sambil bermain, Moms bisa sekaligus memberikan edukasi pada anak tentang mengapa alam sangatlah penting untuk dijaga.

Mainan edukasi merawat tanaman seperti ini bisa memunculkan rasa tanggung jawab dan perhatiannya terhadap alam dan makhluk hidup. Apabila Si Kecil menunjukkan minat yang kuat, Moms bisa mulai memperkenalkan jenis tanaman lain kepada Si Kecil.

Baca Juga: Permainan yang Merangsang Calistung pada Anak

4. SmartLab Squishy Human Body for Kids

mainan edukasi anak 6 tahun 4.jpeg

Foto: Walmart.com

Selain tumbuh-tumbuhan, Moms juga bisa mulai memperkenalkan Si Kecil tentang fungsi dari organ tubuh yang ada pada manusia dengan menggunakan permainan edukasi, nih.

Mainan edukasi ini dipercaya dapat memunculkan rasa berani pada Si Kecil dan membuatnya jadi lebih percaya diri. Selain itu, mainan edukasi ini sangat cocok untuk memunculkan minat terhadap ilmu biologi sejak dini.

5. K’NEX 100 Model Imagine Building Set

mainan edukasi anak 6 tahun 5.jpg

Foto: Amazon.com

Rekomendasi mainan edukasi anak 6 tahun berikutnya adalah mainan model kit untuk membuat bermacam-macam benda atau bangunan. Mainan ini bisa memicu kemampuan imajinasi dan daya pikir anak terhadap suatu bentuk.

Moms juga dapat menemani Si Kecil bermain dengan memberikan contoh benda atau bangunan. Selain melatih kemampuan motorik dan memori anak, Moms pun bisa mempererat bonding karena dapat menghabiskan waktu bersama.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Itulah beberapa jenis mainan edukasi anak 6 tahun yang bisa Moms coba. Temani Si Kecil bermain dan berikan penjelasan agar ia lebih cepat mengerti dan wawasannya kian luas. Semoga berhasil ya, Moms.

Artikel Terkait