BAYI
16 September 2020

Ini 3 Manfaat Memberikan Mainan Kerincing pada Bayi

Selain memberikan hiburan, mainan kerincing juga memiliki manfaat untuk bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bayi mulai belajar bahkan sejak dilahirkan. Si Kecil mengamati pemandangan dan suara dunia di sekitarnya. Sebagian besar pembelajaran terjadi melalui permainan, dan memiliki mainan yang sesuai usia adalah bagian penting dari perkembangannya.

Biasanya, mainan kerincing akan menjadi mainan pertama untuk bayi. Selain mudah digenggam, biasanya mainan kerincing juga membuat bayi tertarik dengan suaranya.

Manfaat Mainan Kerincing untuk Bayi

Bayi akan mendapat banyak manfaat lain saat bermain dengan mainan kerincing, berapapun usianya. Apa saja manfaat lainnya?

1. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Ini 3 Manfaat Memberikan Mainan Kerincing (Bersuara) pada Bayi -1.jpg

Foto: verywellfamily.com/ Gettyimages

Mainan kerincing akan membantu perkembangan kognitif bayi. Mainan sederhana ini memiliki manfaat besar untuk pembelajaran bayi. Kerincing bisa terbuat dibuat dari kayu, plastik atau kain.

Beberapa berwarna cerah, sementara yang lain mungkin berwarna merah, putih dan hitam. Kerincing juga bisa berbentuk binatang, kunci, bunga, atau alat musik.

“Selama beberapa bulan pertama kehidupan, bayi Anda akan mulai belajar melacak objek dengan matanya saat bergerak melintasi bidang penglihatannya. Mainan kerincing dapat menjadi alat yang membantu dalam mempelajari keterampilan ini,” kata Stacey Chaloux, seorang pendidik yang telah mengajar di kelas anak usia dini pendidikan reguler dan khusus, yang memiliki gelar Bachelor of Science dalam bidang pendidikan dari University of Missouri dan gelar Master of Education dari Graceland University.

Baca Juga: 5 Inspirasi Mainan untuk Bayi Baru Lahir

2. Mengajarkan Sebab-Akibat

Ini 3 Manfaat Memberikan Mainan Kerincing (Bersuara) pada Bayi -2.jpg

Foto: shopcalypse.com

Mainan kerincing untuk bayi akan bersuara ketika diguncang. Suara-suara ini dapat terdengar seperti suara gemerincing, suara khas dari mainan kerincingan kayu untuk jingling atau suara jenis lonceng dari kerincingan logam.

Beberapa mainan kerincing untuk bayi juga memiliki baterai dan lampu layar, atau dapat memainkan lagu pengantar tidur ketika tombol ditekan.

Kerincing yang memiliki lampu dan musik yang diaktifkan melalui penekanan tombol memiliki manfaat mengajarkan bayi tentang sebab dan akibat.

Bayi akan belajar bahwa menekan tombol dapat mengaktifkan mainan, dan ini akan membantunya meningkatkan rasa ingin tahunya, menurut American Physiological Association (APA)

Mainan kerincing bukan hanya sumber hiburan bagi bayi, tapi juga bermanfaat untuk membantu mengajarkan bayi banyak keterampilan baru, dilansir Consumer Product Safety Commision (CPSC). Ketika Moms memegang kerincingan, bayi mungkin pertama kali melihat mainan dengan matanya.

Jika kerincing digerakkan dari satu sisi ke sisi lain, bayi belajar melacak secara visual, atau belajar mengoordinasikan mata untuk mengikuti mainan yang bergerak.

Manfaat lain dari mainan kerincing untuk bayi adalah meningkatkan kewaspadaan. Jika bayi mendengar suara mainan, Si Kecil akan menoleh ke arah suara itu.

Pada awalnya, bayi akan memegang mainan kerincing dengan refleks pegang yang kuat. Ketika keterampilan motorik halusnya berkembang, bayi akan belajar memegang dan menggoyang mainan dengan tangannya, menurut Department of Health Government of Western Australia.

Bayi juga belajar memegang mainan di satu tangan lalu mentransfer mainan ke tangan lain, dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

“Sekitar usia 4 bulan, bayi Anda akan menemukan konsep sebab dan akibat. Ini biasanya terjadi secara tidak sengaja ketika dia mengguncang mainannya dan menemukan bahwa itu membuat suara yang menarik.

Pada usia ini, ingatannya meningkat sehingga dia akan ingat bahwa dia adalah penyebab reaksi itu, dan dia akan bereksperimen dengan cara-cara untuk melakukannya lagi,” tambah dia.

Baca Juga: Bayi Takut Pada Mainan Tertentu, Bagaimana Mengatasinya?

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Ini 3 Manfaat Memberikan Mainan Kerincing (Bersuara) pada Bayi -3.jpg

Foto: 3benefitsof.com

Banyak mainan kerincing untuk bayi yang juga memiliki bagian-bagian bergerak yang dapat diputar dan dipintal, yang dapat membantu mengembangkan rentang perhatian bayi dan keterampilan motorik halusnya.

Namun, jangan heran jika Moms menemukan bahwa tidak setiap bayi menyukai mainan yang sama dan hal yang sama berlaku untuk mainan kerincing untuk bayi.

Beberapa bayi menjadi takut ketika mendengar suara tiba-tiba dari kerincingan. Namun bayi lain mungkin merasa suaranya menenangkan.

Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui mainan favorit yang sering dimainkan oleh Si Kecil. Ini akan membantu bayi termotivasi untuk mempelajari keterampilan lain yang lebih menantang.

Seperti saat tummy time. Bayi perlu belajar untuk merasa nyaman saat berbaring di atas perutnya, agar mampu mengangkat kepala untuk mengembangkan kontrol kepala dan leher.

Dengan menempatkan mainan favorit di depannya, bayi mungkin lebih termotivasi untuk mengangkat kepala, belajar berguling untuk mendapat mainan atau menggeliat di lantai untuk mulai merangkan, menurut UNICEF.

“Pada awalnya Anda akan melihat bahwa dia mungkin kehilangan fokus saat bergerak. Namun, menurut American Academy of Pediatrics, pada usia 2 bulan mata bayi lebih terkoordinasi dan dapat bekerja sama untuk bergerak dan fokus. Ini membantunya untuk menyaksikan suatu objek bergerak melintasi seluruh setengah lingkaran di depan,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Bola Untuk Membantu Perkembangan Bayi

Karena banyaknya manfaat mainan kerincing untuk bayi, mainan ini juga cocok dijadikan kado Moms.

Artikel Terkait