3-5 TAHUN
26 Mei 2020

5 Rekomendasi Mainan untuk Anak 4 Tahun, Bikin Anak Makin Kreatif!

Dapat membantu tumbuh kembang anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Usia 4 tahun, merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke usia sekolah. Saat menjejaki umur ini, berarti juga Si Kecil akan mulai masuk dalam dunia pendidikan.

Namun untuk bisa masuk sekolah, Moms harus membekali anak dengan beberapa kemampuan terlebih dahulu, misalnya daya pikir atau cara membaca. Untuk melakukannya, Moms perlu menstimulasi otak anak dengan mainan edukasi.

Dilansir dari jurnal artikel yang diterbitkan oleh National Association for the Education of Young Children, mainan yang berbeda memengaruhi perilaku anak dengan cara yang berbeda juga.

Mainan untuk Anak 4 Tahun

Nah, untuk Si Kecil yang sudah berusia 4 tahun ini, mainan apa sih yang cocok untuk dimainkan? Lihat daftar mainan untuk anak 4 tahun di bawah ini ya Moms.

Baca Juga: Seberapa Banyak Mainan yang Boleh Dimiliki Anak?

1. Paket Mainan Edukasi - E-Book + LED E-Book (Rp195.000)

mainan anak

Paket Mainan Edukasi anak ini terdiri dari e-book dan LED e-book. Produk ini cocok dijadikan sebagai mainan untuk anak 4 tahun, karena berisi buku elektronik yang dapat mengajarkan Si Kecil tentang huruf, angka, kata, nama bentuk, benda, sampai lagu-lagu dengan cara yang tentunya menyenangkan.

Bahkan ada dua pilihan bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dengan begitu akan meningkatkan penguasaan bahasa anak, peniruan verbal, menstimulasi pendengaran, serta kemampuan mengeksplorasi hal-hal baru pada Si Kecil.

Dengan desainnya yang penuh warna dan menarik, buah hati Moms pasti akan bersemangat memainkan mainan ini.

BELI PAKET MAINAN EDUKASI E-BOOK + LED E-BOOK

2. Wuden Toys Pasak Kepik Daun (Rp70.000)

mainan anak

Sesuai namanya, Wuden Toys Pasak Kepik Daun ini terbuat dari kayu, yang cara mainnya mirip dengan puzzle, di mana Si Kecil harus menyusun balok-balok kepik sesuai dengan jumlah lubangnya.

Jenis mainan ini bermanfaat untuk melatih ketrampilan dan ketangkasan anak, melatih koordinasi antara indera penglihatan dan motorik halusnya, serta membantu melatih kreativitas dan pemecahan masalah anak.

Terlebih lagi mainan ini juga aman dimainkan, karena bebas BPA dan menggunakan cat non-toxic waterbase.

BELI WOODEN TOYS PASAK KEPIK DAUN

Baca Juga: Bukan Sekadar Mainan, Slime, Squishy, dan Fidget Spinner Punya Manfaat Tak Terduga untuk Anak

3. IBuilder Train Station Set (Rp579.900)

mainan anak

Mainan untuk anak 4 tahun lainnya adalah IBuilder Train Station Set. Mainan berupa kereta-keretaan atau mobil-mobilan, merupakan salah satu jenis permainan yang memang disukai anak-anak.

Nah, dalam permainan satu ini, akan sedikit berbeda, karena Si Kecil dituntut untuk membangun sebuah stasiun kereta, lengkap dengan kereta dan pernak-pernik lainnya.

IBuilder train station set ini akan melatih imajinasi dan kreatvitas Si Kecil dalam membuat sebuah bentuk bangunan. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, mainan ini aman dan mudah untuk dimainkan.

BELI IBUILDER TRAIN STATION SET

4. Mega Bloks Animal Families (Rp280.000)

mainan anak

Mainan untuk anak 4 tahun lainnya adalah Mega Bloks Animal Families.

Di usia anak yang menginjak 4 tahun, alangkah baiknya jika Moms memberikannya mainan yang dapat melatih imajinasi Si Kecil untuk membangun konstruksi dasar.

Mainan balok yang ditumpuk dan disusun ini juga dilengkapi dengan gambar binatang yang akan disukai oleh anak-anak.

Bahkan mainan ini tidak hanya membentuk sebuah konstruksi, namun dapat membentuk gambar hewan setelah ditumpuk. Dengan bermain permainan ini, juga akan melatih koordinasi tangan dan mata anak.

BELI MEGA BLOKS ANIMAL FAMILIES

Baca Juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak

5. Melissa & Doug Model And Mold (Rp209.000)

mainan anak

Satu lagi mainan untuk anak 4 tahun yang bisa Moms pertimbangkan adalah Melissa & Doug Model And Mold.

Mainan edukasi ini memiliki warna yang cerah, serta terbuat dari material aman dan tidak berbahaya bagi kulit Si Kecil. Selain itu juga teruji bebas BPA serta bebas racun.

Dalam satu paket mainan ini, anak akan mendapatkan 5 buah dadu kayu, 3 buah rolling pins, 4 buah tubs of modeling dough, serta 1 buah patterned wheel press.

Dengan memberikan anak mainan ini, Moms sudah membantunya untuk melatih sistem keseimbangan otak dan koordinasi antara otak dengan mata Si Kecil.

BELI MELISSA & DOUG MODEL AND MOLD

Itu dia Moms beberapa rekomendasi mainan untuk anak 4 tahun. Semuanya seru kan Moms? Tunggu apa lagi? Yuk ajak Si Kecil bermain!

Artikel Terkait