KESEHATAN
12 Agustus 2019

Makan Granola untuk Kesehatan Tubuh? Ini Faktanya!

Benarkah granola buruk untuk kesehatan?
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Beberapa waktu lalu, makanan yang satu ini sempat booming di kalangan masyarakat. Granola, namanya.

Granola digadang-gadang sebagai makanan sehat dan baik untuk diet. Sehingga, tak heran banyak orang yang mencari makanan yang satu ini.

Granola sendiri merupakan sereal sarapan yang dibuat dari gandum murni, beberapa kacang atau biji dan buah kering.

Namun, muncul sebuah isu bahwa granola kurang baik bagi kesehatan tubuh. Benarkah demikian?

Baca Juga: Yuk Berkreasi Membuat MPASI Sereal dan Buah Untuk Si Kecil!

Benarkah Granola Buruk untuk Kesehatan?

Makan Granola untuk Kesehatan Tubuh Ini Faktanya!

Foto: thepioneerwoman.com

Granola yang terbuat dari gandum murni, beberapa kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering.

Menurut Nancy Clark, seorang penasihat nutrisi olahraga dan ahli diet yang berbasis di Boston, granola baik untuk kesehatan.

Oats dipenuhi dengan serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol, sementara kacang-kacangan memberikan lemak sehat dan buah-buahan kering mengandung kalium, elektrolit yang penting untuk proses tubuh termasuk fungsi sel dan kontraksi otot.

Granola juga dikemas dengan karbohidrat. "Untuk orang yang aktif, granola terkenal karena menjadi sumber karbohidrat untuk bahan bakar otot dan memberikan energi untuk hari yang sibuk," kata Nancy Clark, "Biji-bijian sangat baik bagi orang-orang atletik untuk menggerakkan otot."

Namun, yang perlu diperhatikan adalah gula atau pemanis yang lengket yang biasa "merekatkan" granola.

"Namun seringkali, bahan-bahan seperti gandum dan kacang-kacangan diikat oleh pemanis lengket," ujar Cynthia Sass, ahli diet yang berbasis di New York dan Los Angeles.

Gula adalah salah satu hal yang harus dihindari.

Tak cuma itu, jika kita membeli produk granola, pastikan produk granola tersebut tidak mengandung lemak trans dan rendah dari lemak jenuh.

Banyak varietas granola mencantumkan minyak sawit dan minyak terhidrogenasi pada daftar bahannya.

Bahkan, menurut American Heart Association, minyak dalam granola juga akan meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL sehingga membahakan kesehatan jantung kita.

Baca Juga: Oat, Gandum, dan Granola, Apa Sih Bedanya?

Apa Cara Tersehat untuk Makan Granola?

Makan Granola untuk Kesehatan Tubuh Ini Faktanya!

Foto: hellofresh.com

Alih-alih menambahkan gula atau memakan produk granola dengan pemanis buatan yang tinggi, kita bisa menambahkan bahan makanan sehat lainnya.

Menambahkan susu atau yogurt alami dan buah segar akan membantu membuat sarapan lebih seimbang, dan akan menambah kalsium, protein, vitamin dan mineral.

Kita juga dapat mencoba menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis untuk menambah rasa.

Cynthia Sass juga merekomendasikan granola ditambah buah segar dengan yogurt atau telur organik untuk menjadi camilan sehat.

Seorang ahli gizi, Nicola Shubrook memberikan tips untuk siapapun yang ingin mencoba granola, yakni cobalah untuk memilih produk dengan kadar gula yang rendah dan selalu baca label nutrisi jika ingin membuat pilihan yang lebih sehat.

"Carilah merek yang memiliki kandungan gandum, kacang-kacangan dan biji yang lebih tinggi karena mereka biasanya lebih tinggi dalam mengisi protein dan serat dan lebih rendah gula dan garam," ujar Nicola.

Baca Juga: 3 Resep Sarapan Balita dari Oatmeal, Enak dan Praktis!

(SA)

Artikel Terkait