KEHAMILAN
9 Juni 2020

Makan Makanan Pedas saat Hamil, Amankah?

Mengidam makanan pedas adalah hal yang umum bagi ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika hamil, Moms akan mengalami ngidam makanan tertentu, salah satunya makanan pedas. Moms mungkin bertanya-tanya, bila makan makanan pedas saat hamil bisa memiliki dampak terhadap kehamilan dan janin.

Dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics, disebutkan bahwa mengidam dan menghindari makanan dapat berfungsi sebagai motivator untuk meningkatkan dan/atau mengurangi asupan makanan tertentu.

Lalu, seperti apa dampak dari konsumsi makanan pedas saat hamil? Adakah porsi makanan pedas yang disarankan untuk bisa dikonsumsi? Baca lebih lanjut penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Sering Memberikan Makanan Pedas Untuk Balita, Apa Efeknya?

Dampak Makanan Pedas untuk Ibu Hamil

makanan pedas saat hamil-1.jpg

Foto: mom.com

Mengidam makanan tertentu itu wajar dialami ibu hamil. Mengutip American Pregnancy Association, rasa mengidam tersebut mungkin merupakan upaya tubuh untuk mendapatkan vitamin atau mineral yang hilang.

Lalu, adakah dampak mengonsumsi makanan pedas saat hamil?

"Makanan pedas tidak akan memengaruhi kondisi kehamilan baik terhadap ibu maupun janin," jelas dr. Shanty Olivia Jasirwan, Sp.OG-KFER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi RS Pondok Indah - Pondok Indah.

Namun, lebih lanjut dr. Shanty menjelaskan bahwa konsumsi makanan pedas saat hamil bisa memicu masalah pencernaan.

"Mengonsumsi makanan pedas saat hamil dapat memicu masalah pencernaan dan asam lambung naik (heartburn), dua masalah umum yang terjadi terutama pada kehamilan trimester kedua dan ketiga," lanjut dr. Shanty.

Selain itu, makan makanan pedas saat hamil juga dapat memperburuk keluhan gastrointestinal yang cukup dominan pada awal trimester kehamilan, seperti morning sickness, serta dapat memicu terjadinya diare.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

Porsi Makanan Pedas yang Disarankan saat Hamil

makanan pedas saat hamil-2.jpg

Foto: care.com

Meskipun konsumsi makanan pedas saat hamil tidak akan memengaruhi kondisi kesehatan Moms dan janin, tetapi bukan berarti Moms bisa mengonsumsi makanan pedas sepuasnya.

"Pada prinsipnya, makan makanan pedas saat hamil itu aman bila dikonsumsi dengan jumlah cukup dan tidak berlebihan, agar tidak memicu segala keluhan-keluhan tersebut di atas," terang dr. Shanty.

Apa yang terpenting, tetap konsumsi makanan yang lebih sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Moms dan janin dalam kandungan. Ganti jenis kudapan dengan alternatif yang lebih sehat.

Mengutip U.S. Department of Health and Human Services, pola makan sehat mencakup berbagai makanan dan minuman bergizi dengan kriteria sebagai berikut:

  • Makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, dan makanan berprotein.
  • Kurangi makanan dan minuman dengan tambahan gula, lemak jenuh, dan natrium (garam).
  • Batasi biji-bijian dan pati olahan, seperti kue, roti putih, dan beberapa makanan ringan.
  • Jika sedang sakit, coba makan roti gandum panggang atau biskuit gandum utuh.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari pada Trimester Pertama Kehamilan, Catat!

Itu dia Moms, penjelasan tentang aman atau tidaknya mengonsumsi makanan pedas saat hamil. Jaga kehamilan tetap sehat dengan konsumsi nutrisi dan berkonsultasi ke dokter tentang pantangan dan anjuran yang disarankan.

Artikel Terkait