BALITA DAN ANAK
23 Juli 2020

Makan Makanan Sehat Ini, Dijamin Anak Jadi Lebih Bahagia

Makanan sehat serta kaya manfaat ini dijamin bikin hari-hari Si Kecil lebih semangat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anak bahagia adalah anak yang mampu menjalani hidupnya dengan penuh percaya diri dan bersemangat. Kehadirannya pun dinantikan oleh teman-temannya karena sifatnya yang riang dan juga menyenangkan.

Hal ini tentu saja bisa terjadi kalau Si Kecil mendapat dukungan dari Moms dan Dads dalam melengkapi nutrisi yang ia butuhkan. Nutrisi tersebut tentunya diperoleh dari makanan yang membuat anak bahagia yang ia konsumsi setiap hari.

Makanan yang Membuat Anak Bahagia

Dikutip dari Delish terdapat beberapa makanan yang membuat anak bahagia. Kombinasi menu makanan yang Moms ciptakan tentu akan semakin membuat makanan ini jadi lebih menarik untuk Si Kecil.

1. Telur

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Tekstur olahan telur yang lembut sangat disukai anak-anak. Sejak dulu, telur sudah dikenal sebagai salah satu makanan sehat pembangun nutrisi yang dapat menyehatkan mata, menguatkan otot serta tulang. Selain itu, menurut American Journal of Clinical Nutrition telur memiliki kandungan kolin yang juga dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja otak.

“Telur menyediakan salah satu protein dengan kualitas terbaik dari makanan apa pun yang tersedia. Satu telur menyediakan lebih dari enam gram protein, atau 13 persen dari Nilai Harian yang direkomendasikan, ” kata dokter Mitch Kanter, direktur eksekutif Egg Nutrition Center, cabang penelitian dari American Egg Board.

Baca Juga: Resep: Udang Telur Asin

2. Jeruk

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Rasa jeruk yang manis dan terasa segar membuatnya menjadi makanan yang membuat anak bahagia. Ini disebabkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, dikutip dari Cleveland Clinic jeruk diketahui kaya akan kolagen yang dapat menjaga pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan juga kulit anak jadi lebih baik.

Tak hanya itu, Carnitine di dalamnya juga mendukung transportasi dan pemecahan asam lemak untuk menghasilkan energi sehingga anak jadi lebih kuat dan bersemangat.

3. Jamur

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Menurut sebuah studi dari University of Melbourne terdapat kaitan antara mood Si Kecil terhadap tingkat vitamin D dalam tubuh mereka.

Jika Si Kecil kekurangan vitamin D maka ia akan mudah merasa depresi dan juga memiliki suasana hati yang tidak baik.

Jadi, tak ada salahnya jika sekarang Moms mulai mencampurkan jamur pada menu makanan sehat atau camilan Si Kecil.

Baca Juga: Resep Jamur Krispi yang Renyah, Cocok Buat Camilan!

4. Bayam

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Masih ingat dengan tokoh kartun pemakan sayur bayam? Ya, ada alasan kenapa tokoh Popeye memakan bayam sebagai sumber kekuatannya.

Menurut Journal of Physiology bayam mengandung asam folat, yang mengurangi depresi dan meningkatkan stamina.

Tak hanya itu, bayam juga berfungsi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, menjaga fungsi hati, serta menjaga imunitas tubuh anak.

5. Apel

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Moms, sediakan cukup apel di rumah. Dengan makan satu buah apel sehari benar-benar akan menjauhkan Si Kecil dari dokter.

Menurut British Journal of Health Psychology buah apel dapat menghasilkan efek menenangkan, menciptakan lebih banyak energi, dan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

6. Kunyit

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Apakah Moms suka memasak dengan bumbu yang satu ini? Kunyit yang berwarna kuning ini dikenal karena kandungan Curcumin yang ternyata dapat meningkatkan suasana hati dan baik untuk melawan depresi. Hal ini diungkapkan oleh ahli etnobotan, Chris Kilham.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

7. Coklat Hitam

makanan sehat, anak bahagia, makanan anak

Foto: freepik.com

Walau pun sedikit lebih hitam dan tidak semanis rasa coklat biasa, coklat hitam justru merupakan sumber antioksidan yang baik dan juga dapat membuat anak bahagia.

Selain itu, ditemukan juga bahwa coklat hitam dapat mengurangi hormon stres kortisol. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang ditulis pada Journal of Proteome Research.

Anak bahagia adalah anak yang sehat. Jadi, sudah siap memberikan menu baru makanan yang membuat anak bahagia untuk Si Kecil?

Bila Moms ingin berbelanja kebutuhan Si Kecil, Orami menyiapkan promo khusus produk anak-anak, lho.Cek di sini untuk info lebih lanjut!

Artikel Terkait