PROGRAM HAMIL
29 Maret 2018

Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos Atau Fakta?

Benarkah demikian, atau hanya isapan jempol belaka?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Katanya, jika makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran atau persalinan lebih cepat. Moms pasti pernah mendengar perkataan tersebut kan? 

Namun ternyata tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan.

Nanas mengandung bromelain. Tablet Bromelain tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan. Mereka dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal.

Namun, jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Moms. Sebenarnya, untuk mendapatkan efek yang sama, Moms perlu makan antara tujuh dan 10 nanas segar sekaligus.

Nah, tidak mungkin juga kan ibu hamil makan nanas sebanyak itu? Jadi intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan Moms.

Jadi, makan nanas mungkin tidak berbahaya tapi makan dalam jumlah besar bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman. Hati-hati jika perut Moms sensitif. Asam dalam nanas bisa memberi Moms rasa panas atau refluks. Sebaiknya konsumsi buah lezat ini secukupnya untuk menghindari efek samping ini.

Jika Moms biasanya tidak makan nanas dan mengalami gejala alergi setelah ngemil, hubungi dokter Moms. Reaksi biasanya terjadi dalam hitungan menit setelah makan nanas. Moms lebih mungkin alergi terhadap buah ini jika Moms juga alergi terhadap serbuk sari atau lateks.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait