TRIMESTER 1
21 September 2020

Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Berbahayakah?

Apakah konsumsi nanas saat hamil bisa berikan dampak buruk bagi ibu hamil dan janin?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak yang mengatakan, bahwa jika makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran atau persalinan lebih cepat. Moms pasti pernah mendengar perkataan tersebut kan? 

Lalu, sebenarnya apa reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil? Apakah konsumsi nanas saat hamil itu berbahaya?

Padahal, buah nanas itu sendiri memiliki ragam nutrisi lho, Moms. Dalam jurnal Biotechnology Research International, nanas adalah buah yang kaya akan nutrisi.

Dalam satu buah nanas terkandung beragam nutrisi di antaranya adalah vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, dan asam folat. Cari tahu seperti apa reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Bagi Anak-Anak

Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil

reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil-1

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung nanas itu berbahaya selama kehamilan.

Mengutip First Cry Parenting, sangat aman untuk makan nanas selama kehamilan. Menambahkan satu atau dua cangkir nanas tidak hanya aman, tetapi bahkan mungkin memiliki manfaat kesehatan untuk Moms dan janin.

Nanas biasanya dijauhi oleh wanita hamil karena mengandung enzim yang disebut bromelain yang mungkin bertanggung jawab untuk keguguran saat ada di tubuh dalam jumlah besar.

Karena itu, cobalah untuk membatasi asupan nanas menjadi tujuh atau delapan cangkir dalam seminggu. Moms juga dapat memilih nanas kalengan karena bromelain diekstraksi dari buah selama proses pengalengan.

Bahkan, dalam jurnal Integrative Medicine diamati bahwa tidak ada risiko yang diketahui terkait dengan nanas selama kehamilan.

Oleh karena itu, sesekali secangkir potongan nanas yang matang (sebaiknya yang kalengan) atau segelas jus mungkin tidak berbahaya selama kehamilan.

Selain itu, mengutip Baby Centre, teori lain tentang reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil adalah dianggap membantu proses persalinan karena memakannya dalam jumlah besar dapat merangsang usus, yang juga dapat merangsang rahim. Ini, pada gilirannya, bisa membuat persalinan berjalan.

Tetapi sekali lagi tidak ada bukti bahwa ini bisa berhasil. Malahan, dampaknya Moms mungkin mengalami sakit perut saat persalinan semakin dekat.

Akan sangat efektif jika Moms memakan seluruh buah yang telah dikupas, termasuk bagian intinya, karena bagian inti adalah tempat di mana sebagian besar bromelain ditemukan.

Bahkan, reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil dapat memberikan kesehatan bagi ibu hamil bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Jus Nanas untuk Obat Batuk, Ini Resepnya!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas merupakan sumber yang kaya vitamin C. Reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil dengan porsi satu cangkir nanas dapat menyediakan 80 hingga 85 mg vitamin C, yang memenuhi kebutuhan harian selama kehamilan.

Vitamin ini meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki serta mencegah kerusakan sel.

Vitamin C juga membantu produksi kolagen, protein struktural yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kulit, tulang, tendon, dan tulang rawan bayi.

2. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil yaitu kandungan mangannya, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

3. Mengatur Fungsi Sistem Saraf

Nanas mengandung vitamin B1 atau tiamin, yang mengatur fungsi jantung dan sistem saraf.

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B6 meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga mencegah anemia.

Reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil ini juga menghasilkan antibodi dan meredakan mual di pagi hari.

Tembaga dalam nanas diperlukan selama pembentukan jantung bayi. Ini juga membantu produksi sel darah merah.

Baca Juga: Konsumsi Nanas Tingkatkan Peluang Hamil? Ini Kata Ahli

5. Manfaat Lain dari Konsumsi Nanas Saat Hamil

Tidak hanya itu, reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil juga dapat mengurangi tekanan di usus, mencegah cacat bawaan pada bayi, menjaga kesehatan usus, mencegah retensi air dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan suasana hati.

6. Mengurangi Terbentuknya Varises

Varises adalah ketika pembuluh darah di kaki ibu hamil membengkak, memelintir dan membesar sehingga menimbulkan nyeri.

Bromelain pada nanas diketahui mengurangi pembentukan deposit fibrosa pada vena-vena ini dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Ini menjadi reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil yang tentunya bermanfaat.

Nanas memiliki vitamin, mineral, serat, dan air yang dapat memberikan reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil. Ini mengandung serat makanan tinggi dan lemak jenuh rendah.

Pertama, vitamin C (asam askorbat) yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen (yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kulit bayi, tulang, tulang rawan, dan tendon), menurut Missouri Department of Health and Senior Services.

Selain itu, ada juga vitamin B1 (tiamin) dalam nanas yang membantu fungsi otot yang tepat, sistem saraf yang sehat, dan jantung, melansir Winchester Hospital.

Mengutip American College Of Healthcare Sciences, kandungan vitamin B6 (pyridoxine) sangat penting dalam memberikan reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil yang bermanfaat bagi beberapa fungsi tubuh dan mengobati morning sickness.

Nanas memiliki kandungan serat makanan meredakan sembelit, yang umum terjadi selama awal kehamilan, serta asam folat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

Kandungan bromelain pada nanas juga membantu mengobati edema, keluhan umum selama kehamilan, dan membantu menipiskan darah yang selanjutnya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurut International Journal of Nutrition and Food Sciences.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Nanas, Benarkah Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Nanas Memiliki Kandungan Bromelain, Tetapi Tidak Pengaruhi Janin

reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil-2

Foto: Orami Photo Stock

Nanas mengandung bromelain. Tablet Bromelain tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan.

Mereka dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal.

Namun, jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan memengaruhi kehamilan Moms.

Sebenarnya, untuk mendapatkan efek yang sama, Moms perlu makan antara tujuh dan 10 nanas segar sekaligus.

Nah, tidak mungkin juga kan ibu hamil makan nanas sebanyak itu? Sehingga intinya, asupan normal tidak mungkin memengaruhi kehamilan Moms. Jadi, reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil mungkin tidak berbahaya.

Tapi, ingat bahwa Moms perlu menghindari makan dalam jumlah besar, karena bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman.

Hati-hati jika perut Moms sensitif. Asam dalam nanas bisa memberi Moms rasa panas atau refluks.

Sebaiknya konsumsi buah lezat ini secukupnya untuk menghindari efek samping ini.

Nanas berdampak negatif pada kehamilan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin dapat dirasakan dengan makan nanas saat hamil.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil, Sehat!

1. Dapat Berikan Dampak Refluks Asam

Reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil dapat memberikan dampak refluks asam atau mulas, ini karena kandungan asam.

Jadi, jika Moms memiliki sistem pencernaan lemah atau sensitif, sebaiknya hindari buah ini.

2. Risiko Keguguran atau Persalinan Prematur

Akumulasi bromelain di dalam tubuh dapat melunakkan serviks dan menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

Ini juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, ruam, dan muntah selama trimester pertama kehamilan.

3. Meningkatkan Gula Darah

Nanas mengandung banyak gula. Karenanya, buah ini tidak cocok untuk wanita dengan diabetes gestasional sebab reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil bisa meningkatkan gula darah.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

4. Meningkatkan Berat Badan

Nanas memiliki kandungan kalori tinggi dan tidak direkomendasikan untuk wanita hamil yang kelebihan berat badan.

5. Menyebabkan Diare

Kandungan bromelain pada nanas juga bertanggung jawab atas diare jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

6. Reaksi Alergi

Jika Moms tidak terbiasa makan nanas dan mencobanya untuk pertama kali, Moms mungkin mengalami beberapa reaksi alergi seperti gatal, bengkak di mulut, pilek, atau asma dalam beberapa kasus.

Langsung hubungi dokter bila terjadi tanda-tanda ini. Terjadinya alergi sebagia reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil biasanya terjadi dalam hitungan menit setelah makan nanas.

Moms lebih mungkin alergi terhadap buah ini jika Moms juga alergi terhadap serbuk sari atau lateks.

Selain itu, jika dokter menyarankan agar Moms tidak makan nanas, maka sebaiknya ikuti saran dokter karena mereka tahu kasus Moms lebih baik daripada orang lain.

Artikel Terkait