DI ATAS 5 TAHUN
8 Maret 2019

Patut Tahu! Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Perlu Si Kecil hindari untuk membuat giginya tetap sehat dan bersih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kondisi gigi anak dan gigi orang dewasa berbeda-beda. Pada gigi anak, belum mempunyai perlindungan lapisan yang tebal dan giginya cenderung masih rapuh.

Maka dari itu, kuman dan bakteri sangat mudah bersarang pada gigi Si Kecil, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan seperti gigi menjadi berlubang.

Biasanya, penyebab utama gigi berlubang pada anak berasal dari makanan dan minuman kesukaan Si Kecil.

Nah, simak yuk apa saja makanan-makanan yang perlu anak-anak hindari untuk membuat giginya tetap sehat dan bersih?

1. Permen Asam

sour gummy worms candy

Menurut penjelasan dr. Mark Burhenne dari AsktheDentis yang dilansir Insider, mengatakan kalau bukan makanan manis atau gula yang menyebabkan gigi rusak dan berlubang, justru asam yang menjadi penyebabnya.

Apalagi permen yang Si Kecil konsumsi berjenis chewy, potensi akan menempel pada gigi lebih besar dan dapat menyebabkan kerusakan.

2. Potato Chips

crazypotatochips lead new

Terkadang kita sering membiarkan anak mengonsumsi potato chips saat menonton film favoritnya. Memang, hal itu terasa enak dan mengasyikkan bagi Si Kecil.

Sayangnya, di dalam potato chips mengandung kadar pati yang cukup tinggi dapat menjadi gula.

Kemudian kadar pati yang menjadi gula tersebut, terperangkap di sela-sela gigi dan memberi kehidupan bagi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang pada anak.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

3. Es Batu

ice cubes 95467380 586bd3323df78ce2c3c9485c

Menurut data yang dirilis oleh America Dental Association, es batu dapat membahayakan gigi Si Kecil karena merupakan zat keras yang bisa merusak enamel gigi.

Jika Si Kecil sering mengunyah es batu, maka giginya akan lebih rentan terhadap kerusakan seperti patah, terkelupas, atau bahkan berlubang.

4. Roti Tawar

1459542226650

Siapa sangka kalau roti tawar bisa menyebabkan gigi berlubang pada anak. Hal ini dikarenakan saat mengonsumsi roti tawar, air liur akan memecah pati menjadi gula.

Parahnya, gula tersebut dapat menempel di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan gigi berlubang pada anak.

5. Minuman Bersoda

pouring soda

Kita semua tahu kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat merusak tubuh secara perlahan, apalagi ternyata soda juga dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak.

Jika Si Kecil suka minum soda, maka giginya perlahan akan terlapisi dengan zat asam. Zat asam itulah yang akan perlahan mengikis lapisan gigi dan membuatnya rusak.

Baca Juga: Malas Menambal Gigi Berlubang, Lama-Lama Bisa Menimbulkan Hal Ini!

Setelah Moms tahu makanan dan minuman penyebab gigi berlubang pada anak, sebaiknya mulai kurangi dan jauhi Si Kecil untuk mengonsumsinya ya Moms.

Namun, jika Si Kecil telanjur mengonsumsinya, ajak untuk segera membersihkan giginya, tujuannya supaya sisa makanan atau minuman yang menempel pada sela-sela gigi cepat hilang.

(IRN)

Artikel Terkait