TREN
13 Juli 2019

Ini Dia Makanan Favorit Jokowi, Ma'ruf, Prabowo, dan Sandi!

Sandiaga Uno ternyata suka makanan Betawi masakan mertuanya lho Moms
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Foto: Tempo.co

Perhelatan akbar politik lima tahunan sebentar lagi dimulai. Sebagian pendukung capres dan cawapres baik nomor urut satu maupun dua saling menyerang.

Suasana jadi panas belakangan ini. Nah, daripada serius terus, lebih baik kita ademkan, yuk, Moms, dengan membahas topik yang mempersatukan berbagai kalangan, yakni kuliner!

Penasaran, enggak, sih, Moms, para capres dan cawapres ini paling suka makan apa? Jawabannya ada di sini!

Baca Juga: 5 Coffee Shop yang Punya Menu Babyccino Buat Balita di Jabodetabek

1. Joko Widodo

jokowi

Foto: liputan6.com/Angga Yuniar

Calon presiden petahana ini terkenal sederhana, termasuk dalam preferensi makanannya. Ia menyukai makanan rumahan seperti sup ayam, sayur bening bayam, dan tumis papaya muda.

Ia juga doyan soto kuning, oseng-oseng tempe, bakmi ketoprak, tempe dan tahu bacem, serta teri Medan goreng.

Untuk camilan, Jokowi senang menyantap singkong goreng, jagung rebus, lento (mirip perkedel tapi terbuat dari singkong dan kacang tolo), serta bakwan sayur dan bakwan jagung.

Setiap hari, capres nomor urut satu ini meminum jus buah, teh pahit, dan jamu.

2. Ma’ruf Amin

maruf amin

Foto: muslimobsession.com

Ikan adalah bahan makanan favorit Ma’ruf. Selama safari politik pun ia seringkali meminta disajikan hidangan berbahan ikan. Salah satu olahan ikan yang paling ia sukai adalah pindang patin.

Air putih atau teh pahit selalu menjadi paduan santapan Ma’ruf. Ma’ruf juga menyukai karedok. Namun, cawapres berusia 76 tahun ini tidak bisa sering-sering menyantapnya karena bumbu kacangnya bisa menaikkan kadar kolesterol.

Ia juga harus menghindari santan, makanan berlemak, dan yang menyebabkan asam urat. Meski demikian, kalau lagi kepingin sekali, ia mengaku kadang melanggar pantangan tersebut. Nakal sekali-kali boleh, kan? Hehehe…

3. Prabowo Subianto

prabowo

Foto: ksp.go.id

Nasi bakar cakalang menjadi makanan kesukaan Prabowo, calon presiden nomor urut dua. Untuk sarapan, konon setiap pagi ia menyantap nasi goreng telur.

Saat bepergian, termasuk saat melakukan kampanye, ajudan pribadi Prabowo selalu membawa cokelat Kit Kat dan Cadbury yang menjadi camilan favorit atasannya.

Kebiasaan ini dimulai sejak Prabowo masih menjadi perwira menengah tentara. Karena tidak merokok, jatah rokok seminggu satu bungkus yang menjadi hak tentara ia tukar dengan cokelat.

Baca Juga: 5 Manfaat Golden Milk Bagi Kesehatan

4. Sandiaga Uno

sandiuno

Foto: 2019GantiPresiden.org

Memiliki istri orang Betawi, Sandi jadi akrab dengan hidangan Betawi, terutama masakan mertuanya. Favoritnya adalah sayur godog, semur daging, dan kerak telor.

Saat Idul Fitri, ia menanti-nantikan rendang dan opor racikan ibu dari istrinya tersebut. Di luar itu, sang cawapres pasangan Prabowo ini menyukai masakan Manado, Sunda, makanan asin, makanan yang direbus, ikan, seafood, dan makanan Jepang.

Laki-laki yang senantiasa menjaga kesehatannya ini juga sering membawa bekal, kecuali pada hari Senin dan Kamis karena ia berpuasa.

Ada makanan favorit tokoh politik di atas yang juga jadi kesukaan Moms?

(EMA/AND)

Artikel Terkait