KEHAMILAN
31 Maret 2020

Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya!

Dapat melindungi sel telur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Antioksidan adalah nutrisi yang dapat melawan peradangan dan menetralkan radikal bebas. Di mana radikal bebas merujuk pada elektron tidak stabil yang dapat merusak kesehatan sel dan DNA di dalam sel.

Tidak mengherankan jika makanan kaya antioksidan dipercaya mampu meningkatkan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita.

Benarkah demikian? Perlukah banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan untuk meningkatkan kesuburan?

Makanan Kaya Antioksidan Dapat Meningkatkan Kualitas Sel Telur

Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya! 1

Foto: pixabay.com

“Nutrisi dapat mempengaruhi hormon kita dan bagaimana siklus reproduksi kita bekerja dan nutrisi yang kita konsumsi ditentukan oleh pola makan kita,” kata Dr Anita Star, ahli gizi klinis yang berspesialisasi dalam bidang nutrisi kehamilan dan anak, seperti dikutip dari SBS Australia.

“Pola makan dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya akan antioksidan juga perlu dipertimbangkan. Seiring bertambahnya usia, telur seorang wanita juga bertambah tua dan kualitasnya dapat berkurang karena kerusakan oksidatif. Jadi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat mengurangi kerusakan itu dan meningkatkan kualitas sel telur kita.”

Penelitian dalam jurnal Fertility and Sterility juga menemukan bahwa makanan kaya akan antioksidan memiliki dampak positif terhadap kesuburan dan peluang kehamilan wanita, meskipun menurut peneliti manfaatnya dapat berbeda tergantung pada sumber antioksidan yang diberikan yang disesuaikan dengan BMI dan usia wanita yang mengonsumsinya.

Baca Juga: Memperbaiki Kualitas Sel Telur Agar Cepat Hamil Dalam 90 Hari

Konsumsi Antioksidan Pada Pria Juga Meningkatkan Peluang Kehamilan

Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya! 2

Foto: pixabay.com

Sebuah studi di Cochrane menunjukkan bahwa manfaat antioksidan juga berkaitan dengan kesuburan pria. Makanan kaya antioksidan untuk kesuburan pria diketahui dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan klinis dan angka kelahiran hidup pada pasangan yang menjalani terapi kesuburan.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana antioksidan dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan pengaruhnya terhadap kualitas sperma.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

Makanan Kaya Antioksidan Menurunkan Peradangan Pada Penderita PCOS

Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya! 3

Foto: pexels.com

Jika Moms didiagnosis menderita PCOS sehingga cenderung lebih sulit untuk hamil secara alami, mungkin ini saatnya lebih banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan untuk kesuburan. Karena antioksidan diketahui dapat membantu menurunkan tingkat peradangan pada wanita dengan PCOS, sebagaimana dijelaskan oleh Angela Grassi, MS, RD, LDN, pendiri The PCOS Nutrition Center melalui CCRM Fertility.

“Karena wanita dengan PCOS telah terbukti memiliki peradangan tingkat rendah, peningkatan sinyal inflamasi dapat meningkatkan insulin dan berkontribusi pada memburuknya gejala PCOS. Makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan lemak tak jenuh dapat melawan peradangan.”

Adapun beberapa sumber antioksidan dapat diperoleh dari makanan berikut ini:

  1. Buah-buahan seperti stroberi, blueberri, dan raspberri
  2. Sayuran seperti bayam, artichoke, dan kangkung
  3. Gandum murni, quinoa, dan beras merah
  4. Lemak tak jenuh yang bersumber dari kacang-kacangan, selai kacang, minyak zaitun, dan alpukat

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Itulah penjelasan mengenai manfaat makanan kaya antioksidan untuk kesuburan, baik dari para ahli maupun hasil penelitian.

Meskipun terbukti memiliki manfaat yang luar biasa, khususnya terkait kesuburan, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter mengenai apa pun yang ingin Moms lakukan untuk mendukung keberhasilan program hamil.

Artikel Terkait