RUPA-RUPA
17 Oktober 2020

Dari Pedas Sampai Manis, Ini 12 Makanan Khas Manado yang Begitu Menggoda

Didominasi rasa pedas, makanan khas manado ini siap untuk menggoyang lidah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Indonesia sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, tak heran jika makan olahannya selalu kaya rasa dan memanjakan lidah di setiap daerahnya. Tak terkecuali dengan Manado yang juga memiliki berbagai makanan khas yang lebih banyak bercita rasa pedas.

Manado sekarang menjadi salah satu pusat kuliner Indonesia yang menjadi daerah yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner. Begitu banyak makanan khas Manado yang memiliki rasa yang eksotik dan menggugah selera.

Manfaat Makan Makanan Pedas

Sebagian besar makanan khas Manado memiliki rasa pedas. Ini akan menjadi incaran bagi para penyuka pedas. Ternyata kebiasaan ini juga memiliki manfaat untuk ke kesehatan. Keajaiban di balik rasa pedas dan panas adalah capsaicin, bahan yang ditemukan di salah satu rempah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia; cabai.

Sekitar seabad yang lalu, para ilmuwan mulai meneliti capsaicin dari cabai, hingga akhirnya menemukan banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. Berikut beberapa keuntungan menambahkan bumbu pedas dalam makanan menurut Penn Medicine.

  • Menjaga Kesehatan Jantung. Orang yang makan cabai merah terbukti memiliki kadar LDL (low-density lipoprotein) yang lebih rendah, yang kadang disebut kolesterol 'jahat' karena meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi cabe dikaitkan dengan 13 persen lebih rendahnya insiden kematian akibat penyakit jantung dan stroke.
  • Membantu Penurunan Berat Badan dan Metabolisme. Jeffrey Millstein, MD, seorang dokter di Penn Internal Medicine Woodbury Heights mengatakan, ada banyak faktor yang bisa berkontribusi pada penambahan berat badan, misalnya banyak yang tidak banyak bergerak, kebiasaan makan yang tidak sehat, genetika, atau usia. “Capsaicin dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori baik saat istirahat maupun selama berolahraga,” jelasnya.
  • Pereda Nyeri yang Efektif. Sensasi terbakar saat menggigit cabai ternyata bisa menjadi pereda nyeri, karena dapat membuat saraf kehilangan perasaan untuk waktu yang lama. Lotion pereda rasa sakit memiliki cara kerja yang sama. “Seiring waktu, saraf di tangan dan kaki Anda akan terbiasa dengan lotion dan akan memiliki kemampuan yang lebih rendah untuk memproses rasa sakit,” kata Jeffrey.
  • Umur Panjang. Dilansir Healthline. Makan makanan pedas enam atau tujuh hari bahkan hanya sekali sehari, menurunkan angka kematian sebesar 14 persen, menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention .

Sepertinya jika ke Manado hanya untuk menikmati suasana alam dan budaya tidak akan cukup tanpa mencicipi makanan khasnya. Berikut adalah rekomendasi makanan khas Manado yang harus dicicipi saat melancong ke sana.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Berbagai Macam Masakan Kari di Asia !

1. Ayam Rica – Rica

12 Makanan Khas Manado -1.jpg

Foto: Merdeka.com

Ayam Rica-rica adalah makanan khas Manado yang cukup terkenal di penjuru Indonesia. Bsanyak restoran atau warung makan di luar Manado yang menyajikan makanan pedas ini sebagai menu olahan ayamnya.

Rica dalam bahasa Manado berarti pedas atau cabai. Ini akan cocok bagi Moms yang menyukai makanan bercitarasa pedas. Biasanya, Ayam Rica-rica disajikan dengan perasan air jeruk untuk meminimalisir rasa pedas dari bumbu cabai.

Hidangan ini memiliki tekstur ayam yang empuk dan bumbu pedasnya yang bisa menyerap hingga ke dalam serat daging. Disajikan dengan nasi hangat akan cocok menjadi menu makan siang Moms di rumah.

2. Cakalang Fufu

Banyak makanan yang menjadikan Ikan Cakalang sebagai bahan masakan di Manado. Sebab, ikan tersebut sangat mudah ditemui di perairan sekitar Manado. Cakalang Fufu adalah salah satu makanan khas di Manado yang bercita rasa pedas.

Cakalang Fufu adalah makanan yang mengolah Ikan Cakalang dengan cara dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu sebelum diasapi. Proses pengasapan ini membuat Cakalang Fufu mampu bertahan dalam suhu ruangan selama satu bulan lamanya.

Proses pengasapan membuat Cakalang Fufu memiliki cita rasa unik saat dimakan. Makanan khas pesisir Manado ini dijual dengan harga sekitar Rp 35 ribu hingga Rp65 ribu rupiah, dan cocok dijadikan oleh-oleh jika Moms berkunjung ke sana.

3. Sayur Ganemo

12 Makanan Khas Manado -3.JPG

Foto: Hesti-myworkofart.blogspot.com

Selain terkenal dengan menu makanan dengan rasa pedas dan ikan cakalang, Sulawesi Utara juga terkenal dengan sayur-sayuran yang sederhana. Ada satu makanan yang berisi berbagai macam sayuran yang disebut Sayur Ganemo.

Hidangan ini diberikan bumbu khusus, sehingga dapat menghilangkan rasa pahit dari sayur dan mengeluarkan cita rasa yang menarik. Sayur ini merupakan campuran dari daun melinjo, bunga pepaya, serta labu kuning.

Hidangan ini termasuk kuliner klasik yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dengan cita rasa yang melegenda, membuat Sayur Ganemo sangat wajib dicicipi ketika mengunjungi Kota Manado.

Baca Juga: 7 Masakan Mie Khas Negara di Asia yang Paling Enak, Sudah Coba Semua?

4. Tinutuan

Tinutuan adalah makanan berupa bubur khas Manado yang terkenal. Tinutuan dibuat dengan bahan dan cara pengolahan khas masyarakat Manado yang berisikan sayuran hijau, bubur beras dan labu kuning tanpa unsur daging di dalamnya. Rasanya yang lezat juga membuatnya cocok untuk dimakan oleh anak.

Warga Manado sendiri sering menyiapkan Tinutuan sebagai menu sarapan, karena mengandung nutrisi yang tinggi, namun cukup untuk memulai aktivitas pada pagi hari. Makanan khas Manado ini dapat dengan mudah dijumpai, salah satunya di pusat kuliner Tinutuan. Di Wakeke, ada puluhan warung makan, mulai dari sederhana sampai mewah yang menawarkan menu Tinutuan.

5. Klappertaart

12 Makanan Khas Manado -5.jpeg

Foto: Food.detik.com

Melihat namanya, kue ini seolah bukan makanan yang berasal dari Indonesia. Sebenarnya, Kue Klappertaart memang sebuah hidangan yang dipengaruhi masa kependudukan Belanda di Manado pada zaman dahulu.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan gurih, sehingga kue ini akan langsung meleleh di dalam mulut dalam sekali gigitan. Klappertaart biasanya terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung, susu, telur dan mentega yang lebih enak jika disajikan dalam kondisi didinginkan terlebih dulu.

6. Panada

Ini adalah sebuah jajanan khas Manado yang wajib untuk dicoba. Bentuk dari Panada cukup mirip dengan pastel, namun tekstur yang dimilikinya cukup berbeda. Kulit Panada lebih mirip dengan roti, sehingga ketika digigit pun tidak akan hancur seperti kulit pada pastel.

Isian dari Panada adalah Ikan Kakalang, yang dicampur dengan beragam bumbu khas. Bagi warga di luar Manado dapat mengganti isian Ikan Cakalang dengan ikan jenis lainnya. Namun jika ingin merasakan rasa makanan khas Manado yang otentik, Ikan Cakalang adalah pilihan terbaik.

7. Sup Brenebon

12 Makanan Khas Manado -7.jpg

Foto: Reseppedia.com

Pernah mendengar es brenebon? Ternyata ada pula Sup Brenebon. Hidangan ini merupakan kuliner tradisional sejak zaman dulu dengan pengaruh Belanda dan dimodifikasi dengan bahan dan rempah Indonesia.

Ada dua macam Sup Brenebon, yaitu sup kacang merah kacang merah, dan sup brenebon daging babi. Sup kacang merah Brenebon lebih memiliki rasa manis, sedangkan untuk sup daging memiliki cita rasa yang lebih gurih.

Baca Juga: 5 Bumbu Rempah Italia yang Menambah Cita Rasa Masakan

8. Gohu

Ini adalah asinan khas Manado, dan makanan ini hanya ada di Manado dan sekitarnya. Gohu adalah makanan yang sangat digemari di Manado dan terbuat dari daging buah pepaya mengkal yang diiris kecil memanjang.

Irisan buah pepaya itu kemudian dicampur dengan cuka, air, cabe yang dihaluskan, gura aren, bakasang atau fermentasi telur atau perut ikan, dan jahe. Rasa pedas dari kombinasi cabe dan jahe serta rasa asam dari cuka yang berpadu dengan rasa manis dari gula aren akan membuat lidah merasakan sensasi yang menyegarkan.

9. Rica Roa

12 Makanan Khas Manado -9.jpg

Foto: Lifestyle.okezone.com

Jika sebelumnya ada Ayam rica-rica, kini ada lagi olahan pedas asal Kota Manado lainnya yang akan memanjakan lidah. Namanya Rica Roa, yaitu sambal khas Manado yang memiliki bahan dasar dari ikan yang sedap yang sebelumnya diasap hingga kering.

Ikan Roa yang dicampur dengan cabe sebelumnya ditumbuk menjadi sangat halus, lalu dimasak dengan sedikit minyak. Ikan yang digunakan dalam makanan khas Manado ini berupa ikan Roa, seekor ikan terbang berbentuk pipih yang memiliki warna perak keabu-abuan. Adonan dicampur dengan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula, kemudian ditumis.

10. Kue Gulung

Makanan Khas lainnya yang berasal dari Manado adalah Kue Gulung. Bentuknya sepintas mungkin akan terlihat seperti olahan Kue Semprong asal Karawang. Namun, Kue Gulung asal Kepulauan Sangihe ini memiliki cita rasa gurih dan renyah, yang membuat Moms akan merasa ketagihan sehingga ingin terus menyantapnya.

Makanan ringan ini terbuat dari sagu yang diproses melalui metode pemanggangan di dalam oven. Pemilihan sagu sebagai bahan dasar tidak lepas dengan budaya masyarakat Kepulauan sangihe yang sehari-harinya menggunakan sagu sebagai bahan utama makanannya.

Jika Moms dan keluarga berkesempatan mengunjungi Kepulauan Sangihe, jangan lupa untuk mencicipi Kue Gulung khas Manado ini.

11. Mie Cakalang

12 Makanan Khas Manado -11.jpg

Foto: Selerasa.com

Sesuai dengan namanya, mungkin Moms sudah bisa membayangkan bentuk dari hidangan yang satu ini. Mie Cakalang adalah salah satu makanan khas Manado yang mungkin jarang diketahui, namun memiliki cita rasa yang kuat dan akan disukai oleh para pecinta mie.

Mie Cakalang adalah olahan mie khusus yang disajikan bersama dengan Ikan Cakalang. Hidangan ini diberikan bumbu yang diracik dengan cita rasa khas Manado, sehingga menciptakan rasa yang istimewa yang sayang untuk dilewatkan.

12. Pisang Goreng

Ada yang istimewa dari pisang goring di Manado. Jika biasanya pisang goreng hanya dimakan utuh, di Manado, pisang goring disantap dengan dabu-dabu atau sambal, terutama sambal roa. Selain pisang yang umum, di Manado ada pisang goreng khas yang disebut Pisang Goreng Goroho.

Pisang digoreng hingga garing dan disantap dengan dabu-dabu. Kawasan kuliner sabuah bulu di Malalayang menjadi tempat favorit menyantap pisang goreng. Ratusan kios di sana akan menawarakan suasana sunset yang ditemani pisang goreng dan secangkir kopi.

Baca Juga: 8 Variasi Resep Masakan Tempe Agar Tak Membosankan

Makanan Khas Manado di Jakarta

Jika sedang mengidamkan makanan khas Manado namun tidak bisa pergi ke sana, jangan sedih. Moms bisa tetap menemukan makanan tersebut di daerah Jakarta dan sekitarnya. Ada beberapa resto di Jakarta yang menyajikan makanan khas Manado yang otentik atau juga dengan beberapa kreasi. Di mana saja?

  • Beautika. Mengusung tema masakan Manado yang halal, Beautika sudah memiliki tiga cabang, yaitu di jalan Hang Lekir, jalan Abdul Muis, dan kawasan SCBD. Di sana, Moms bisa mencicipi Bubur Manado, Mie Ikan Cakalang, Pisang Goreng, Ayam Rica-rica, dan sebagainya. Kisaran harga yang harus disiapkan jika ingin makan di sana adalah Rp 200 ribu untuk dua orang.
  • Rasaroa Manado. Tempat makan ini memiliki konsep keluarga. Resto yang berlokasi di Jalan Wijaya I No. 75 Jakarta Selatan ini juga menawarkan masakan Manado yang dimasak oleh chef asli Manado. Menu-menu yang bisa kamu pesan di antaranya Ayam Garo Rica, Ayam Daun Leilem, Ayam Woku Ikan Gurame Masak Bakar Rica /Goreng Dadu-dadu, dan banyak lagi.
  • Woku Blangan. Di Jakarta Pusat ada Woku Blangan yang berada di Halan H Agus Salim No. 19, Menteng. Woku Blangan memiliki menu breakfast yang bisa dinikmati dari pukul 7.30 sampai 10.00 pagi. Menunya paketnya antara lain Bubur Manado dan teh atau kopi, dan Mie Cakalang dengan the atau kopi yang memiliki harga murah.
  • Lumpang Emas. Pemiliki k tempat ini ingin melestarikan masakan Indonesia, meskipun sudah tinggal di Perancis selama delapan tahun yang menginspirasinya menciptakan makanan berkelas dan berkualitas yang ditambah sentuhan tradisional. Menu yang tersedia di sana antara lain Cakalang Mercon, Burung Punai Tangkap, Cakalang Cabe Hijau, Tumis Daun Pepaya, Nasi Umara, dan lain-lain. Kisaran harga yang perlu dikeluarkan untuk makan di sana adalah Rp 180 ribu untuk dua orang.

Dalam daftar tersebut, mana saja makanan khas Manado favorit Moms?

Artikel Terkait