GAYA HIDUP
5 Februari 2020

5 Makanan Khas Turki Ini Rasanya Sungguh Menggoda!

Tidak hanya kebap saja lho, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin pernah mencicipi kebab, yang merupakan salah satu makanan khas Turki yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi di Indonesia.

Meskipun tidak banyak restoran Turki di Indonesia, tetapi kuliner Turki sangat terkenal di beberapa negara lho, Moms. Masakan Turki memiliki rasa dan bahan yang dipengaruhi oleh sejumlah budaya seperti Yunani, Ottoman, timur tengah dan Balkan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Imlek, Selalu Dihidangkan Saat Makan Bersama!

Makanan Khas Turki

Beberapa makanan khas Turki ini punya cita rasa yang khas dan tentunya bisa dinikmati oleh lidah orang Indonesia jika suatu saat Moms ingin mencicipinya. Berikut ini daftarnya.

1. Döner

makanan khas Turki-doner-2.jpg

Foto: berlinfoodstories.com

Mengutip The Culture Trip, döner merupakan masakan klasik Turki yang juga telah banyak dihidangkan di negara lain, seperti Jerman. Döner pada dasarnya adalah sajian makanan yang dibungkus dan berisi topping yang khas.

Döner kebab memiliki variasi bentuk seperti dürüm (döner yang dibungkus dengan roti lavaş), dan iskender kebab (döner di atas roti pide dengan sajian yogurt, saus tomat, dan mentega).

2. Kebab

makanan khas Turki-kebab.jpg

Foto: vbites.com

Kebab merupakan sepotong daging panggang, atau daging cincang panggang. Salah satu jenis olahan kebab yang terkenal adalah döner kebab yang juga banyak dijual di Indonesia.

Ada banyak jenis kebab yang disajikan sebagai makanan khas Turki, seperti:

  • Adana dan Urfa (daging domba berbumbu pedas atau tidak pedas yang dipanggang di atas tusuk sate).
  • Beyti (daging sapi atau domba panggang dengan tusuk sate, dibungkus roti lava dan dibalut dengan yogurt dan saus tomat).
  • Shish kofte (domba atau daging ayam berbumbu yang ditusuk dan dibakar).

Baca Juga: 7 Makanan Khas dari Aceh

3. Pide

makanan khas Turki-pide.jpg

Foto: realfood.tesco.com

Pide adalah hidangan populer di Lokanta, sebuah restoran Turki yang menyajikan makanan tradisional khas Turki dengan harga murah.

Pide disajikan dengan menggunakan adonan pastry lapisan tipis, lalu ditutup dengan topping seperti keju, telur, daging potong dadu, ayam atau tuna dan dimasukkan ke dalam oven batu dengan suhu panas.

Pide bisa dibilang serupa dengan pizza, yang merupakan makanan khas Italia. Tentunya, kedua jenis makanan ini sangat lezat dan patut dicoba!

4. Kofte

makanan khas Turki-kofte.jpg

Foto: carolinescooking.com

Kofte adalah sajian berupa bakso versi Turki. Kofte dijual sebagai street food, atau disajikan di piring dengan nasi dan salad di sebuah restoran.

Sebagai jenis lain dari makanan khas Turki, ada banyak jenis kofte dengan rasa bervariasi, tergantung pada daerah asal resepnya.

Jenis yang tidak biasa yaitu Çiğ kofte, karena merupakan bakso mentah berasal dari tenggara Turki. Biasanya, sajian ini dimakan sebagai camilan atau hidangan pembuka.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal Enaknya

5. Corba

makanan khas Turki-corba.jpg

Foto: YouTube

Turki juga memiliki makanan berkuah atau sajian jenis sup, yaitu corba, yang merupakan hidangan sup sederhana tetapi sangat populer dan kerap disajikan sebagai menu sarapan di Turki.

Pilihan corba yang populer adalah sup lentil atau tomat, tetapi untuk penggemar kuliner, bisa mencicipi sajian sup corba dengan daging babat, otak domba, atau sup lidah.

Itu dia Moms, 5 makanan khas Turki yang terkenal dan patut dicoba bila suatu saat Moms berkunjung ke restoran Turki.

Artikel Terkait