PROGRAM HAMIL
6 Agustus 2019

Makanan Manis Bisa Bikin Susah Hamil, Ini Dia Penjelasannya

Ini lho, bahaya gula bagi kesuburan Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Makanan manis bisa bikin susah hamil? Masa, sih?

Ya, makanan manis seperti donat, pai, kue, cupcake, roti, dan lainnya ternyata mempunyai dampak yang bisa merugikan kesuburan!

Dikutip dari situs web Conceivable, berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula secara berlebih dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Namun, dampak negatif dari konsumsi makanan manis ternyata lebih dari itu.

Mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi secara rutin dapat memicu timbulnya masalah kesuburan, seperti gangguan fungsi hormon, resistensi insulin, polycystic ovary syndrome (PCOS), infeksi jamur, defisiensi mineral dan vitamin, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, mengonsumsi terlalu banyak makanan manis bisa bikin susah hamil.

Mengapa Makanan Manis Bisa Bikin Susah Hamil

Makanan Manis Bisa Bikin Susah Hamil, Ini Penjelasannya 01.jpg

Foto: pexels.com

Ketika kadar gula darah di tubuh melonjak akibat konsumsi gula yang terlalu banyak, tubuh akan mendorong produksi insulin hingga jumlahnya meningkat.

Insulin sendiri diproduksi tubuh untuk mengalirkan gula ke sel-sel tubuh yang nantinya akan digunakan sebagai energi.

Masalahnya, insulin mempunyai karakteristik senyawa yang mirip dengan hormon di indung telur yang berfungsi mematangkan sel telur.

Kadar insulin yang melonjak dapat membuat indung telur “bingung” dan mengira kelebihan insulin tersebut sebagai hormon indung telur yang dilepaskan tubuh.

Akibatnya, indung telur lalu mengurangi produksi hormon-hormon reproduksi. Ini yang kemudian berisiko mengganggu proses pematangan sel telur dan siklus ovulasi.

Sementara, Dr. Marilyn Glenville Ph.D., ahli nutrisi yang memiliki spesialisasi di bidang kesuburan dan kesehatan perempuan mengatakan gula di tubuh adalah ‘pabrik’ estrogen.

Baca Juga: Obesitas dan Menunda Kehamilan, Penyebab Susah Hamil?

Resistensi Insulin Pada Tubuh

Makanan Manis Bisa Bikin Susah Hamil, Ini Penjelasannya 02.jpg

Foto: pexels.com

Dikutip dari situs web Net Doctor, penulis buku The Natural Health Bible for Women ini menjelaskan, ketika kadar gula di tubuh berlebih, maka produksi estrogen pun meningkat sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon.

Kondisi ini akan mempersulit terjadinya kehamilan.

“Perempuan yang menderita PCOS pasti juga mengalami kondisi resistensi insulin,” tambah Glenville.

Peningkatan kadar insulin yang sering terjadi juga dapat menyebabkan sel-sel di jaringan indung telur memproduksi hormon testosteron lebih banyak dari yang seharusnya.

Kadar testosteron yang berlebihan ini dapat memicu pertumbuhan rambut abnormal, jerawat, dan rambut rontok; beberapa gejala tersebut sering ditemukan pada penderita PCOS.

Baca Juga: Ternyata Ini 12 Penghambat dalam Hubungan Intim yang Bisa Bikin Susah Hamil

Dampak Positif Mengurangi Gula Saat Program Hamil

Makanan Manis Bisa Bikin Susah Hamil, Ini Penjelasannya 03.jpg

Foto: pexels.com

Studi lain yang meneliti kaitan antara konsumsi gula dengan kesuburan perempuan dilakukan oleh para peneliti dari Hudson Institute of Medical Research di Melbourne.

Peneliti studi tersebut, Jemma Evans, mengatakan mengurangi kadar gula dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan menghindari makanan karamel dapat berdampak positif bagi perempuan yang menjalani program hamil.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Human Reproduction itu menunjukkan bahwa ternyata pola makan sebelum hamil berpengaruh lebih besar terhadap kesuburan dan kehamilan daripada yang dipahami sebelumnya.

Itulah salah satu bukti makanan manis bisa bikin susah hamil.

Yang tak kalah penting untuk diketahui, makanan berkadar gula tinggi bukan hanya yang rasanya manis. Sebagian besar makanan berkadar gula tinggi termasuk dalam golongan karbohidrat, seperti nasi, pasta, dan roti.

Makanan manis bisa bikin susah hamil jika dikonsumsi berlebihan.

Jadi, segera kurangi asupan karbohidrat bergula tinggi agar program hamil yang Moms jalani dapat berhasil.

Baca Juga: Susah Hamil, Perlukah Minum Obat Penyubur Kandungan?

(AN)

Artikel Terkait