KESEHATAN
28 April 2019

Makanan Manis Bisa Menjadi Sumber Energi Tubuh, Mitos Atau Fakta?

Jangan kebanyakan makan makanan manis ya Moms
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Makanan dan minuman manis kerap dianggap mampu membangkitkan energi kita ketika dalam kondisi lelah.

Hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa banyak dari kita yang begitu merasa lelah langsung mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Namun, tahukah kalian Moms kalau makanan atau minuman manis sebagai sumber atau pembangkit energi bagi manusia adalah mitos belaka?

Ya, makanan atau minuman manis sebagai sumber energi bagi manusia ketika lelah adalah mitos yang telah lama ada di masyarakat.

Terlalu Banyak Makanan dan Minuman Manis Malah Membuat Tubuh Lelah

shutterstock 750346192

Sebuah riset telah membuktikan bahwa makanan dan minuman manis yang banyak mengandung gula justru akan membuat tubuh kita lelah.

Seperti dikutip dari Mens Health, para peneliti menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi makanan manis akan merasa lebih lelah satu jam usai memasukkan makanan atau minuman manis ke dalam tubuhnya.

Fakta lainnya yang ditemukan dari hasil riset yang diterbitkan dalam Neuroscience & Behavioral Review tersebut adalah bahwa siapapun yang mengonsumsi camilan dengan rasa manis akan mengurangi rasa waspada secara mental.

Hal tersebut tentunya akan berbahaya bagi mereka yang harus bekerja dengan tingkat fokus tinggi. Untuk itu, ada baiknya bagi mereka untuk tidak mengonsumsi camilan manis ketika tengah bekerja.

Bukan hanya itu, makanan manis seperti cokelat dan es krim juga sering dianggap bisa meningkatkan mood atau suasana hati seseorang.

Nah, dalam penelitian itu tidak ditemukan faktor-faktor yang membuat makanan manis mampu memengaruhi suasana hati seseorang.

Adapun riset tersebut dilakukan oleh para ilmuwan dengan menganalisis data dari 1.300 orang dewasa yang berpartisipasi dalam 31 studi berbeda.

Salah satu peneliti bernama Konstantinos Mantantzis menyatakan bahwa temuan yang didapatkan dia dan rekan-rekan penelitinya diharapkan membuat orang sadar dengan mitos gula sebagai sumber energi dan sebaliknya justru membuat seseorang merasa lebih buruk.

Cara Menambah Energi Dalam Tubuh

shutterstock 564161932

Jika mengonsumsi makanan atau minuman manis tidak bisa membangkitkan energi kita, lantas bagaimana cara kita membangkitkan energi di dalam tubuh?

Moms tidak perlu khawatir sebab caranya juga cukup mudah. Menurut spesialis nutrisi Valerie Goldstein, menjaga dan membangkitkan energi di dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi protein, lemah, dan karbohidrat secara rutin tiap harinya.

Makanan dengan kandungan nutrisi protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang akan membuat kita memiliki asupan energi cukup sepanjang hari. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melihat jenis-jenis makanan apa yang hendak kita makan setiap harinya.

Untuk menjaga asupan energi sepanjang hari, Moms bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti oatmeal dengan yogurt, telur rebut, atau kerang yang kaya akan vitamin B12.

Menurut Goldstein, vitamin B12 diperlukan tubuh untuk metabolisme energi dan hanya makanan yang bisa menghadirkan vitamin tersebut sebab tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

Di samping protein, lemak, dan karbohidrat, vitamin juga merupakan komponen penting untuk mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi tenaga atau energi.

Jadi, mulai dari sekarang jangan mengonsumi makanan atau minuman manis untuk menambah energi ya Moms!

(TETI/CAR)

Artikel Terkait