DI ATAS 5 TAHUN
19 Mei 2020

3 Makanan yang Bisa Memenuhi Nutrisi Si Kecil saat Sakit

Jaga nutrisi Si Kecil saat sakit dengan makan-makanan bergizi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Intan Aprilia

Anak memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna. Terkadang meskipun mengonsumsi makanan yang sama dengan orang tua di rumah, Si Kecil bisa saja tetap tertular penyakit.

Dikutip dari situs resmi Academy of Nutrition and Dietetics, rata-rata anak terkena flu sebanyak 8-10 kali dalam setahun.

Kondisi ini umumnya terjadi sampai usia 5 tahun dimana imunitas anak akan terbangun dengan sempurna.

Meskipun keadaan tersebut tidak dapat dihindari, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu Si Kecil agar nutrisinya tetap terjaga saat tubuhnya melawan virus penyakit.

“Anak harus banyak istirahat dan mengonsumsi cairan yang cukup saat sakit. Terutama apabila ia mengalami gejala seperti bersin, batuk, dan hidung yang meler,” ujar Esther Ellis, MS, RDN, LDN, seorang penulis sekaligus ahli diet dan nutrisi di Chicago, Amerika Serikat.

Baca Juga: Berikan 5 Makanan Super Ini Saat Anak Demam Berdarah

Buah yang dihaluskan, air, sup, dan kaldu termasuk makanan penyembuh sakit yang mampu menggantikan cairan tubuh Si Kecil yang hilang saat sakit.

Kalau Si Kecil mengalami demam, muntah dan diare, konsultasikan dengan dokter Si Kecil untuk mengetahui metode yang harus dilakukan untuk menggantikan cairan tubuh.

Untuk anak yang sudah cukup besar, teh herbal dengan lemon dan madu dapat membantu seimbangkan cairan dalam tubuhnya.

Makanan Penyembuh Sakit

Nah, seringkali Si Kecil mengalami penurunan nafsu makan yang cukup drastis saat ia sakit. Untuk itu, Moms harus memvariasikan makanan yang bernutrisi tinggi untuk dapat membantu mengembalikan kesehatannya.

1. Buah-buahan

3 Makanan yang Bisa Membantu Penuhi Nutrisi Si Kecil saat Sakit 1.jpg

Foto: goodhousekeeping.com

Tawarkan Si Kecil berbagai jenis buah-buahan yang lunak.

Tidak hanya kaya vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatan dan imunitasnya, tetapi buah-buahan itu juga memiliki kandungan yang mampu menyeimbangkan cairan tubuh Si Kecil.

Buah-buahan beku yang sudah sedikit mencair seperti blueberry dan stroberi juga bisa membantu memberikan sensasi dingin ke tenggorokan Si Kecil.

Memblender buah beku dengan susu rendah lemak juga bisa menjadi kreasi Moms saat menyajikan buah untuk Si Kecil yang sedang sakit. Buah yang mengandung vitamin C juga baik untuk membantu Si Kecil kembali sehat.

Mungkin tidak ada bukti konkrit yang menyatakan bahwa vitamin C bisa menyembuhkan penyakit. Akan tetapi, antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa membantu.

Baca Juga: 6 Sayur dan Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Paru-paru

Buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, berbagai jenis jeruk lainnya adalah contoh sumber vitamin C yang baik.

Moms bisa juga memberikan Si Kecil buah dengan madu sebagai variasi.

Madu sendiri dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh terutama dalam membangun imunitas tubuh Si Kecil.

2. Sup Ayam

3 Makanan yang Bisa Membantu Penuhi Nutrisi Si Kecil saat Sakit 2.jpg

Foto: ytimg.com

Cobalah untuk membuat kaldu ayam yang rendah sodium. Sup yang hangat bisa melegakan hidung Si Kecil yang mampet akibat flu.

Selain itu, kuah sup dapat membantu mengembalikan cairan tubuh Si Kecil.

Moms boleh juga bisa melengkapinya dengan sayuran untuk menambah nutrisinya.

Contohnya, memadukan ayam sebagai sumber protein dengan wortel yang tinggi vitamin A dan tomat yang mengandung vitamin C.

Tambahkan mi atau makaroni sebagai karbohidrat yang dibutuhkan untuk kesehatannya. Selain sehat, Si Kecil pasti akan menyukainya.

3. Telur Rebus

3 Makanan yang Bisa Membantu Penuhi Nutrisi Si Kecil saat Sakit 3.jpg

Foto: apartmenttherapy.info

Telur rebus memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk Si Kecil.

Selain membantu menjaga kesehatan mata, telur rebus mengandung banyak protein dan asam amino yang mampu membantu kesehatan tubuh.

Lebih dari itu, kuning mengandung antioksidan dan juga vitamin A. Dengan menyelipkan telur rebus dalam menu Si Kecil saat ia sakit, secara perlahan kesehatannya pasti akan kembali.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Migrain yang Harus Dihindari

Saat Si Kecil sakit, nafsu makannya akan menurun karena indera pengecapnya yang sedikit terganggu.

Akibatnya, Si Kecil justru malas makan dan akhirnya kondisi kesehatannya menurun.

Jika begitu, Moms boleh juga menyisipkan makanan kesukaan Si Kecil sebagai variasi agar tubuhnya tetap memiliki energi untuk melawan virus penyakit.

Yang terpenting, selalu pastikan nutrisi penting dalam tubuhnya terpenuhi. Jangan lupa juga untuk selalu jaga asupan cairan untuk tubuh Si Kecil ya Moms!

Artikel Terkait