KESEHATAN
12 November 2020

11+ Makanan Pelancar Haid, Yuk Coba Moms!

Melon bisa menjadi salah satu makanan pelancar haid yang bisa dikonsumsi jelang PMS, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Meskipun masih dalam tahap awal penelitian, ada beberapa makanan pelancar haid yang dapat membantu mengurangi gejala menstruasi. Walaupun dalam beberapa kasus, obat yang dijual bebas dapat membantu, namun Moms pun ingin meredakan gejala haid namun juga tetap aman untuk kesehatan.

Menurut laporan Womens Health, sekitar 90 persen Moms mengalami gejala pramenstruasi seperti kram, nyeri punggung bawah, kelelahan, perubahan suasana hati, kembung, sembelit atau diare, sakit kepala, nyeri payudara hingga jerawat.

Penyebabnya biasanya peningkatan produksi prostaglandin, zat mirip hormon yang dapat menyebabkan kontraksi uterus yang hebat. Dan karena kebutuhan tubuh kita berubah tergantung pada tahapan siklus menstruasi kita, ada baiknya untuk mengetahui apa yang harus menjadi makanan pelancar haid.

Baca Juga: 12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Makanan Pelancar Haid

Makanan tertentu dapat membantu tubuh Anda memproses estrogen dengan lebih efisien, dan karenanya mengurangi atau menghilangkan gejala PMS. Berikut ini makanan pelancar haid yang direkomendasikan:

1. Melon

Pernahkah Moms rasakan kesulitan mengancingkan skinny jeans yang biasanya pas? Nah, tenang ini bukan berarti juga adanya penambahan beart badan tapi pada beberapa Moms, hari-hari menjelang haid tubuh mulai menyimpan natrium dan cairan.

Untuk menghilangkan kembung, Moms bisa makan melon untuk menghilangkan kembung. Dengan meningkatkan asupan makanan kaya air seperti melon daripada cemilan, maka ini sama seperti pengobatan rumahan alami yang dapat menyembuhkan bengkak saat haid.

Terlebih lagi, penelitian dalam Annals of Botany menunjukkan buah ini mengandung senyawa yang disebut Cucumis melo, diuretik yang membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh sehingga cocok sebagai makanan pelancar haid yang telat juga.

2. Saffron

makanan pelancar haid: saffron

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms biasanya merasakan sedih sehingga lebih ingin ada di kamar dan menyendiri. Percayalah kedatangan hari menstruasi tentu akan semakin dekat. Nah, untuk mengantisipasi perubahaan suasana hati ini, Moms bisa makan pelancar haid seperti saffron.

Sebuah studi British Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa mengonsumsi rempah-rempah berwarna kuning dapat secara signifikan mengurangi perasaan depresi.

Saffron juga diyakini meningkatkan kadar serotonin, yang biasanya turun sebelum menstruasi. Meskipun Saffron adalah salah satu rempah yang paling mahal, sedikit saja sudah cukup.

Gunakan untuk menyiapkan hidangan yang terinspirasi dari Afrika, Timur Tengah, dan Eropa dan menuai manfaat penghilang PMS sekaligus makanan pelancar haid yang sedikit.

3. Biji Labu

Selain sebagai makanan pelancar haid, biji labu merupakan sumber triptofan. Di mana triptofan ini akan diubah menjadi serotonin yang mampu memperbaiki suasana hati utamanya jelang PMS. Biji labu ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam salad, smoothie atau dimakan sebagai camilan harian yang sehat.

Satu ons biji-bijian menyajikan 75 persen magnesium harian Moms, yang bisa membuat merasa lebih positif dan mencegah retensi air. Nutrisi juga dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, juga meredakan sakit kepala yang menyakitkan, menurut penelitian di Magnesium di Sistem Saraf Pusat. Campurkan biji labu ke dalam salad dan lauk nabati untuk sedikit renyah dan rasa lega yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Mengapa Ada Darah Haid yang Menggumpal? Ternyata Ini Alasannya!

4. Kacang

Kacang merupakan makanan kaya magnesium yang membantu tingkatkan kadar serotonin dan mengurangi retensi air. Karena menstruasi Moms dapat menyebabkan ketidaknyamanan maka makan kacang dapat memperlancar haid yang sedikit.

Magnesium berfungsi sebagai bahan alami pelemas otot dari kram perut yang kerap Moms rasakan ketika menstruasi. Selain itu, kacang sendiri merupakan kombinasi serat serta magnesium yang hebat dan dapat diaplikasikan dalam salad, sup ataupun cemilan yang sehat.

5. Ikan

makanan pelancar haid: ikan

Foto: Orami Photo Stock

Kaya zat besi, protein, dan asam lemak omega-3, ikan merupakan tambahan bergizi untuk makanan Moms. Mengkonsumsi zat besi akan melawan penurunan kadar zat besi yang mungkin dialami saat menstruasi.

Omega-3 dapat mengurangi intensitas nyeri haid, menurut sebuah penelitianInternational Journal of Gynecology and Obstetrics tahun 2012. Subjek yang mengonsumsi suplemen omega-3 menemukan bahwa nyeri haid mereka berkurang begitu banyak sehingga mereka dapat mengurangi jumlah ibuprofen yang mereka konsumsi.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa omega-3 juga dapat mengurangi depresi. Bagi mereka yang mengalami perubahan suasana hati dan depresi sekitar menstruasi, omega-3 dapat membantu.

6. Jahe

Jahe adalah emenagog yang terkenal. Memasukkan jahe secara teratur dalam menu makanan dapat mengurangi timbulnya ketidakteraturan menstruasi atau makanan pelancar haid yang sedikit.

Moms bisa memarut jahe dengan satu sendok teh madu untuk memicu menstruasi. Efeknya paling terasa, jika dikonsumsi dalam bentuk teh seduh panas yang dimaniskan dengan madu.

Madu sendiri sangat menenangkan tubuh Moms, terutama saat menstruasi. Ketika dikombinasikan dengan jahe, itu menonjolkan efeknya dengan meningkatkan panas internal dalam tubuh dan menyebabkan menstruasi lebih awal.

Sehingga, makanan pelancar haid yang telat ini cocok dikonsumsi Moms yang sering mengalami ketidakteraturan menstruasi.

Baca Juga: Simak Moms! Ini 5 Fakta Menstruasi dan Pembuahan

7. Kunyit

Ini adalah emenagog yang berfungsi sebagai stimulator aliran darah di daerah rahim dan panggul. Efek antispasmodiknya memperluas rahim, menandakan awal menstruasi.

Fenomena ini paling banyak dibicarakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Cara kunyit sebagai makanan pelancar haid yaitu dengan meminum kunyit dengan air panas atau susu bisa sangat berguna bagi Moms yang mencari waktu menstruasi untuk datang.

8. Nanas

Nanas adalah salah satu makanan 'pemicu menstruasi' yang paling banyak dikutip. Buah ini mengandung enzim yang disebut bromelain, yang dapat melembutkan lapisan rahim Moms.

Menstruasi dimulai saat rahim mulai melepaskan lapisannya, dan nanas dapat membantu mempercepat proses ini dan memperlancar haid. Penting untuk diperhatikan bahwa nanas juga dikenal dapat meningkatkan sel darah merah dan putih, yang meningkatkan aliran darah dan dapat membuat menstruasi Anda lebih berat. Jadi, nikmati makanan pelancar haid yaitu irisan nanas atau jus nanas.

9. Kopi

makanan pelancar haid: kopi

Foto: Orami Photo Stock

Kehadiran Kafein dalam kopi dilaporkan dapat merangsang estrogen, yang menyebabkan hari menstruasi datang lebih awal. Kafein juga merupakan bahan kimia yang dikenal untuk menghilangkan rasa sakit saat menstruasi.

Dr. Sarita Gupta yang merupakan seorang ginekolog mengungkapkan pendapatnya, ada makanan tertentu yang direkomendasikan selama menstruasi untuk meredakan nyeri.

"Kopi adalah yang paling menonjol di antara mereka karena kafein dan khasiatnya meredakan migrain dan sakit kepala," katanya.

10. Dong Quai

Dong quai adalah ramuan asli Tiongkok dan sumber terpercaya obat herbal yang telah digunakan selama ratusan tahun. Ini dianggap membantu menginduksi menstruasi dengan meningkatkan aliran darah ke panggul serta dengan merangsang otot-otot di rahim dan memicu kontraksi rahim.

Baca Juga: Muncul Lendir Bening Setelah Menstruasi, Wajarkah?

11. Black Cohosh

Black cohosh adalah suplemen herbal lain yang dapat Moms beli untuk membantu mengatur siklus menstruasi. Dikatakan untuk membantu mengencangkan rahim dan mendorong pengelupasan lapisan rahim.

Black cohosh dikenal berinteraksi dengan banyak obat. Namun, Ini tidak disarankan untuk orang yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah atau jantung atau yang memiliki riwayat masalah hati.

12. Makanan yang Mengandung Vitamin C

makanan pelancar haid: vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang percaya bahwa vitamin C dalam jumlah besar dapat membantu sebagai makanan pelancar haid. Ini mungkin karena kemungkinan efek vitamin C pada tingkat estrogen dan progesteron, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas waktu siklus menstruasi.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tetapi meningkatkan asupan vitamin C dalam makanan tidak berbahaya.

Untuk menambah asupan vitamin C, cobalah makan:

  • sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung
  • buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruits
  • sayuran silangan, seperti brokoli dan kubis Brussel.

Baca Juga: 12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Melalui pengobatan tradisional hingga modern, orang telah mencoba berbagai metode untuk menyebabkan suatu haid. Satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengontrol menstruasi adalah menggunakan kontrasepsi hormonal.

Namun, orang mungkin dapat membuat menstruasi mereka datang lebih cepat dengan menggunakan makanan pelancar haid.

Orang-orang juga bersumpah dengan metode lain, meskipun tidak ada cukup penelitian untuk menentukan apakah mereka benar-benar berfungsi atau tidak.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang masalah atau pertanyaan apa pun tentang menginduksi menstruasi maupun makanan pelancar haid yang akan dikonsumsi.

Artikel Terkait