BALITA DAN ANAK
31 Juli 2020

15 Makanan Pelancar Pencernaan Anak, Harus Si Kecil Coba!

Jangan biarkan anak mengalami konstipasi berkepanjangan ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makanan pelancar pencernaan anak bisa didapatkan dari serat. Serat adalah nutrisi penting untuk anak-anak, tetapi dalam praktiknya anak-anak sering tidak mendapatkan cukup serat tiap harinya.

Untuk itu, Moms sebaiknya memastikan memilih makanan yang kaya serat untuk Si Kecil, ya.

Dilansir dari Healthy Children, serat adalah nutrisi yang mengenyangkan dan melancarkan pencernaan.

Serat juga membantu mencegah sembelit dan merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan obesitas.

Makanan Pelancar Pencernaan Anak

Berikut adalah beberapa makanan pelancar pencernaan anak yang mengandung serat dan baik untuk Si Kecil. Apa saja, ya?

1. Biji Rami atau Flax Seeds

makanan penambah berat badan anak 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Biji rami adalah biji-bijian yang baik untuk anak-anak karena mengandung nutrisi yang tinggi utamanya untuk melancarkan pencernaan.

Biji rami mengandung tinggi serat dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3.

Sebelum mengonsumsi biji rami, ada baiknya dihaluskan dulu agar lebih mudah dicerna. Moms dapat menaburkan biji rami dalam oatmeal, atau smoothie.

Baca Juga: Jadi Tren Makanan Sehat, Ini Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan Tubuh

2. Makanan yang Mengandung Probiotik

makanan pelancar pencernaan anak 2.jpg

Foto: Pixabay.com

Probiotik adalah nutrisi bermanfaat karena mengandung mikrobioma yang baik untuk usus.

Probiotik membantu memelihara bakteri baik di usus. Kandungan ini dapat ditemui di bawang putih, bawang merah, asparagus, atau yoghurt.

3. Gandum

makanan pelancar pencernaan anak 3.jpg

Foto: Pexels.com

Gandum adalah salah satu karbohidrat tinggi serat dan baik untuk pencernaan anak. Moms bisa mendapatkan gandum dari oatmeal, sereal, roti gandum, atau pasta gandum.

Jika Moms mau menyajikan oatmeal, tambahkan sedikit kayu manis, sirup maple, maupun stoberi atau kismis supaya rasanya lebih enak.

Untuk roti gandum, Moms bisa mengoleskannya dengan selai favorit Si Kecil.

Baca Juga: 4 Olahan Gandum yang Mudah Dibuat di Rumah

4. Pir

makanan untuk pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Satu buah pir terkandung 5,5 gram serat. Buah pir juga dapat membantu feses lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan oleh Si Kecil.

Selain kaya serat yang efektif sebagai makanan pelancar pencernaan anak, buah pir juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan anak lho, Moms.

5. Blackberry dan Raspberry

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Di kedua jenis buah berry ini terkadung banyak serat serta air yang bisa meredakan sembelit, sehingga efektif membantu melancarkan BAB pada anak.

Makanan pelancar pencernaan anak yang satu ini bisa dikonsumsi Si Kecil satu genggam sampai dua genggam setiap harinya ya Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Blueberry untuk Bayi, Enak dan Berkhasiat!

6. Apel

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Apel menjadi salah satu buah yang cukup digemari oleh Si Kecil. Buah Apel ini termasuk ke dalam makanan pelancar pencernaan anak yang bisa Moms andalkan.

Selain rasanya yang manis dan mengenyangkan, apel juga mengandung banyak serat yang bagus untuk sistem pencernaan bayi dan anak.

Di dalam satu buah apel, terkandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil yang cukup untuk kebutuhan serat harian bayi.

7. Avokad

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Makanan berwarna hijau adalah makanan pelancar pencernaan anak yang baik karena mengandung tinggi serat. Salah satu makanan berwarna hijau itu adalah avokad.

Avokad mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa menjadi makanan pelancar pencernaan anak.

Selain itu, avokad juga sebagai sumber potasium, folat, vitamin E, dan juga lemak sehat. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

8. Kiwi

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Buah Kiwi mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram kiwi, terkadung sekitar 2-3 gram serat. Serat tersebut bisa membantu menambah massa feses dan mempercepat aliran usus.

Selain itu kiwi juga mengandung enzime actinidine yang bisa meningkatkan pergerakan saluran pencernaan bagian atas.

Pada penelitian di tahun 2013 yang menunjukkan bahwa kiwi bisa membantu memperlancar pencernaan sehingga dapat menjadi obat pencahar alami yang bermanfaat.

9. Nanas

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Nanas bisa menjadi makanan pelancar pencernaan anak yang cukup efektif. Di dalam buah nanas, terkandung laksatif alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit.

Jika Si Kecil tidak suka makan nanas secara langsung, karena tekstur atau rasanya yang manis asam. Moms bisa menjadikannya jus atau dibekukan supaya lebih menarik untuk disantap Si Kecil.

Baca Juga: Resep Selai Nanas untuk Teman Makan Roti

10. Pepaya

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Buah pepaya dikenal sejak lama sebagai makanan pelancar pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain kaya kandungan seratnya, buah pepaya juga tinggi kandungan vitamin A.

Moms bisa menyajikan Si Kecil buah pepaya dengan cara dibekukan atau bisa juga dimakan langsung olehnya.

11. Kacang Hijau

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Kacang hijau bisa Moms andalkan sebagai makanan pelancar pencernaan anak, karena di dalamnya terkandung serat yang tinggi.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, zat besi, zinc, potasium, dan juga protein.

Sajikan semangkuk bubur kacang hijau hangat untuk Si Kecil di pagi hari untuk mengatasi sembelit atau melancarkan pencernaannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Anak, Yuk Intip!

12. Brokoli

makanan pelancar pencernaan anak 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Makanan pelancar pencernaan anak selanjutnya adalah brokoli. Brokoli mengandung serat yang tinggi dan sangat baik dalam mengatasi masalah sembelit.

Disarankan untuk tidak terlalu lama saat memasak brokoli ya Moms, dikarenakan dapat merusak kandungan seratnya.

Moms bisa memberikan brokoli pada Si Kecil dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang supaya nutrisinya bisa tetap terjaga.

13. Buncis

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Buncis tidak hanya mengandung serat yang efektif untuk melancarkan pencernaan anak yang kurang baik. Buncis juga mengandung protein serta zat besi yang tinggi.

Moms bisa membuat sajian tumis untuk anak dengan mencampurkannya pada daging supaya ia mau menyantapnya. Atau Moms juga bisa membuat pizza dengan buncis, membuat sop buncis, dll.

Baca Juga: Resep Tumis Buncis Telur

14. Jeruk

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Buah jeruk merupakan salah satu sumber serat yang baik dan juga menyegarkan bagi anak. Satu buah jeruk atau sekitar 131 gram mengandung 3,1 gram serat.

Buah jeruk mengandung serat pektin larut yang bisa membantu melancarkan pencernaan anak. Selain itu, buah jeruk juga terkandung flavanol (naringenin) yang dapat memberikan efek positif pada konstipasi.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jeruk dapat memberikan efek pencahar sehingga dapat melancarkan BAB.

Berikan Si Kecil buah jeruk yang segar supaya ia makan secara langsung, supaya mendapat jumlah maksimum serat dan vitamin C yang dikandungnya.

15. Tauge

makanan pelancar pencernaan anak

Foto: Orami Stock Photos

Makanan pelancar pencernaan anak yang bisa Moms coba terakhir adalah Tauge. Selain mengandung serat yang cukup tinggi, Moms bisa dengan mudah mendapatkan tauge dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, tauge juga mengandung banyak vitamin yang bisa meningkatkan imunitas anak. Moms bisa menyajikannya bersama potongan bakso atau suwiran ayam untuk Si Kecil.

Baca Juga: Lezat! Begini Cara Membuat Tauge Goreng Khas Bogor

Moms, itulah beberapa makanan pelancar pencernaan anak yang bisa dicoba. Masalah pencernaan memang umum dialami anak-anak.

Namun, apabila konstipasi sudah berlangsung lama dan cukup mengganggu kenyamanan Si Kecil, jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter ya, Moms.

Artikel Terkait